27 C
Padang
Kamis, April 25, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Berbagi Ilmu Praktis: Pestisida Nabati dari Tanaman Mimba
B

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Dr. Silvia Permata Sari, SP., MP.
Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas

Pestisida nabati adalah pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tumbuh-tumbuhan dan berkhasiat mengendalikan serangan hama pada tanaman. Pestisida nabati merupakan hasil ekstraksi dari bagian tumbuhan, baik dari daun, buah, akar, dan biji. Biasanya bagian tumbuhan tersebut mengandung senyawa atau metabolit sekunder dan memiliki sifat toksik (racun) terhadap hama dan penyakit tertentu.

Pestisida nabati tidak meninggalkan residu berbahaya pada tanaman maupun lingkungan, serta dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan yang murah dan peralatan yang sederhana. Pada prinsipnya penggunaan pestisida nabati tersebut untuk meninggalkan pemakaian pestisida kimi, tetapi tujuannya untuk mengurangi pestisida kimia.

Berbagai jenis tanaman diketahui memiliki potensi sebagai bahan baku pestisida nabati. Salah satu tanaman yang berpotensi sebagai pestisida nabati adalah tanaman Mimba yang Bahasa latinnya adalah Azadirachta indica. Tanaman ini dapat tumbuh pada lokasi dengan berbagai tipe tanah, tetapi tidak pada daerah bergaram, tergenang atau tanah liat. Tumbuhan ini dapat tumbuh baik di lahan kurang subur, berpasir dan berbatu, juga di daerah beriklim panas bahkan di daerah yang curah hujannya kurang dari 500 mm per tahun.

Biji dan daun tanaman Mimba dapat digunakan untuk mengendalikan hama kepik, ulat daun, kumbang, kutudaun, jamur, bakteri, tungau, nematoda, dan virus. Itu karena tanaman Mimba mengandung metabolit sekunder yang berbahan aktif azadirachtin, meliantriol, salanin, nimbin dan nimbidin. Senyawa metabolit sekunder tersebut dapat mengendalikan hama dan penyakit tanaman.

Kandungan bahan aktif (metabolit sekunder) tertinggi pada tanaman Mimba ini terdapat pada bagian biji. Selain itu biji tanaman Mimba bisa digunakan untuk obat kudis, dan daunnya dapat digunakan sebagai obat malaria.

Berdasarkan organisme pengganggu tumbuhan sasarannya, tumbuhan Mimba dapat berfungsi sebagai insektisida (sasarannya: serangga atau insekta), bakterisida (sasarannya: bakteri), fungisida (sasarannya: jamur), akarisida (sasarannya: tungau), nematisida (sasarannya: nematoda), dan virusida (sasarannya: virus).

Bagaimana cara membuat pestisida nabati Mimba tersebut? Silahkan simak dan simak ya sahabat pembaca.

  1. Daun Mimba

Bahan-bahannya antara lain: 50 gram Daun Mimba, 1 gram detergen bubuk, (berfungsi sebagai pengemulsi), dan 1 liter air.

Alat-alat yang dibutuhkan yaitu: Alat penyaring atau kain halus, ember atau wadah ukuran 2 liter, pengaduk, Blender, dan Alat semprot atau sprayer.

Caranya Pembuatannya:

  1. Haluskan 50 gram daun Mimba segar dengan menggunakan blender.
  2. Rendam daun halus tersebut di dalam 1 liter air selama semalam (12 jam).
  3. Kemudian saring larutan tersebut dengan penyaring atau kain halus.
  4. Campurkan larutan hasil penyaringan itu degan 1 gram detergen bubuk, dan setelah itu aduk hingga rata.

Cara Aplikasi: Encerkan 500 ml larutan Mimba hasil saringan tersebut dengan 14 liter air. Setelah itu pestisida nabati daun Mimba siap diaplikasikan di lahan pada sore hari.  

  • Biji Mimba

Bahan-bahannya antara lain: 50 gram Biji Mimba, 1 gram deterjen, dan 1 liter air, minyak tanah 1 ml, minyak goreng 1 ml,

Alat-alat yang dibutuhkan yaitu: Alat penyaring atau kain halus, wadah ukuran 2 liter, pengaduk, Blender, dan Sprayer.

Caranya Pembuatannya:

  1. Kering anginkan biji Mimba beserta kulit biji sampai kering agar tidak berjamur.
  2. Setelah itu biji tersebut diblender hingga halus.
  3. Rendam serbuk biji Mimba dalam 1 liter air selama semalam (12 jam).
  4. Kemudian saring larutan biji Mimba tersebut dengan alat penyaring (kain halus).
  5. Campurkan larutan hasil penyaringan dengan 1 gram detergen bubuk, dan adik hingga rata.

Cara Aplikasi : Encerkan 500 ml larutan biji Mimba hasil saringan di dalam 14 liter air, lalu aplikasikan ke tanaman yang terserang hama dan penyakit.

Oke sahabat setia pembaca Berita Sumbar, itulah uraian tentang pestisida Nabati Mimna. Jangan lupa praktekkan ya… Dan Jangan lupa share (bagikan) ilmu praktis ini pembuatan pestisida Mimba ini ke teman-temannya.. Dengan berbagi informasi ini, artinya kita mendukung pertanian organik di Indonesia…Salam Pertanian #Silvia Permata Sari.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img