29 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Belajar Memaafkan
B

Kategori -

Penulis: Irma Shalimar

Tidak ada manusia yang sempurna. Itu adalah kata-kata klise yang sering kita dengar namun mengandung kebenaran. Karena itulah kita sepantasnya memaafkan orang-orang yang bersalah kepada kita. Mengapa kita harus belajar memaafkan? Bukan hanya untuk kepentingan orang yang bersalah kepada kita, tetapi juga untuk kepentingan diri kita sendiri. Mengapa begitu? Marilah kita simak beberapa alasan untuk itu.

Kesehatan

Apa hubungannya kesehatan dengan memaafkan? Orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain biasanya lebih berlapang dada dan tidak menyimpan dendam. Orang yang lapang dada biasanya bijak dan tidak mudah marah. Nah, di sinilah kuncinya. Karena tidak mudah marah, berarti tidak darah tinggi. Kita tahu darah tinggi merupakan penyebab berbagai penyakit, antara lain sakit jantung dan stroke.

Perasaan damai

Menyimpan dendam juga membuat kita tidak bisa merasa damai. Setiap kali kita mengingat orang yang bersalah itu, kita merasa kesal dan ingin marah-marah. Kita memberi maaf bukan untuk kebaikan orang yang bersalah saja namun juga demi ketenangan hati kita sendiri. Menyimpan dendam sama juga seperti mengurung diri kita dalam sel kebencian, terjebak dalam penjara atas kesalahan orang lain. Kita dapat memilih untuk tetap terkurung dalam penjara dan terus merasa sakit hati atau membebaskan diri kita dari kebencian serta melanjutkan hidup ini.

Jadilah kuat

Kata Mahatma Gandhi “Orang yang lemah tidak mampu memberi maaf.” Diperlukan orang yang bermental kuat untuk menghadapi rasa sakit hati itu, memaafkan dan memusatkan perhatiannya kepada hal-hal yang lebih penting dalam hidupnya.

Bukan orang lain saja

Tidak saja kita perlu memaafkan orang lain, namun juga diri kita sendiri. Tidak jarang kita melakukan kesalahan yang kita sesali seumur hidup. Misalnya saja seorang ibu yang lupa mengunci pintu belakang rumahnya sehingga anaknya yang berusia dua tahun jatuh ke kolam renang dan mati tenggelam. Bila tidak ada rasa maaf untuk dirinya seumur hidup dia akan merasa terhukum. Sulit baginya untuk memusatkan perhatiannya kepada suami dan anaknya yang lain sehingga kebahagiaan keluarga itu terkubur bersama si anak.

Tidak berarti tetap berhubungan

Memaafkan tidak berarti kita tetap harus berhubungan dengan orang yang berbuat salah itu. Karena memaafkan suatu perbuatan bukanlah berarti perbuatan itu tidak salah. Kita boleh memberi maaf namun tidak harus menjaga hubungan dengan orang yang berbuat salah tadi. Mungkin lebih baik tidak melihatnya lagi sehingga mempercepat sembuhnya luka di hati. Seorang istri yang meninggalkan suaminya demi pria lain telah dimaafkan oleh mantan suaminya. Tidak berarti bahwa si mantan suami harus tetap menjaga hubungan, apalagi kalau mereka tidak memiliki anak. Lebih baik si suami tidak melihat mantan istrinya lagi dan memulai dengan kehidupan baru.

Tidak selalu berarti melupakan

Orang Barat mengatakan “forgive and forget.” Namun perkataan ini tidak selalu benar. Memang kalau kita terus mengingat rasa sakit hati akibat perbuatan salah seseorang kita sulit memaafkan orang itu. Tetapi bukan berarti kita lupa begitu saja apa yang sudah diperbuatnya. Saya tidak pernah lupa bagaimana guru saya di sekolah dasar pernah memukul tangan saya dengan rotan karena lupa mengerjakan p.r. tetapi bukan berarti saya tidak memaafkan dia. Bahkan suatu hari ketika beliau bertanya siapa yang pernah dia pukul di kelas (untuk menegaskan bahwa dia jarang memukul), saya lupa angkat tangan. Hanya untuk sesaat itu, seusai kelas saya menyesal mengapa tidak angkat tangan tadi. Mungkin dalam hati kecil saya yang masih kanak-kanak saya tidak menyimpan rasa sakit hati kepadanya.

Menghilangkan kebahagiaan

Seorang wanita yang merasa sakit hati kepada ayahnya tidak mau lagi berbicara kepadanya selama bertahun-tahun. Ketika si ayah meninggal dia menangis meraung-raung menyesali kekerasan hatinya yang tidak mau memberi maaf kepada ayahnya. Nasi sudah jadi bubur. Mengapa mesti menunggu sampai saat itu buat menyadari bahwa dia sendiri bersalah karena tidak memaafkan ayahnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).
- Advertisement -

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -