29 C
Padang
Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bawaslu Sijunjung Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif
B

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Sekitar Tiga Bulan kedepan, akan berlangsung pesta rakyat yaitu Pemilihan Umum Presiden dan pemilihan anggota DPR Pusat, DPRD provinsi DPRD Kabupaten dàn DPRD kota.
Supaya masyarakat ikut berpartisipasi proses pengawasan mulai dari masa kampanye sampai hari pencoblosan tanggal 14 februari 2024 nanti, maka Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif, dikampung Pancasila Jorong Sei Tambang Tiga Nagari Kunangan Parit Rantang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung, Kamis kemaren.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung, Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung Gusni Fajri, SE, dihadiri oleh 2 anggota komisioner Bawaslu Agus Hutrila Tatul Koordinator divisi penindasan pelanggaran dan penyelesaian sengketa dan Heru Rahmat Julisa koordinator divisi hukum, pencegahan, partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat. Kepala Sekretariat Bawaslu beserta anggotanya.

Turut hadir Bupati Sijunjung yang diwakili Asisten l Aprisal S.Sos MSI , Forkopimcam Kamang Baru, walinagari,
Ninik mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat dari berbagai etnis, pengawas Kecamatan dan nagari.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Ranah Lansek Manih Gusni Fajri menyampaikan bahwa Bawaslu Sijunjung telah melakukan sosialiasi partisipatif masyarakat ini, sudah tiga kali. Pertama di Nagari Tanjung Bonai Aur di tugu pendirian Kabupaten Sijunjung. Kedua di Perkampungan adat Nagari Sijunjung dan ketiga Kampung Pancasila Nagari Kunpar.

Setiap saat Bawaslu terus mengepakkan sayap, menjalin kerjasama dengan semua stakeholder dengan harapan bersama-sama mengajak masyarakat untuk mau berpartisipasi dan berperan aktif dalam upaya pencegahan terjadinya pelanggaran Pemilu.

“Bawaslu Ranah Lansek manih terus berupaya membangun kerjasama dengan seluruh stakeholder termasuk lembaga dan Ormas (Organisasi masyarakat), perguruan tinggi dan sekolah, untuk meningkatkan Pengawasan Pemilu Partisipatif, sekaligus memperkenalkan Lembaga Bawaslu ke tengah-tengah masyarakat, ” jelas Gusni

“Dengan Pengawasan Pemilu Partisipatif ini, masyarakat diharapkan turut serta melakukan pengawasan untuk pencegahan pelanggaran bahkan melaporkan jika ditemukan pelanggaran, sekecil apapun pelanggaran, mohon masyarakat aktif untuk melaporkan.karena kita ingin mencari pemimpin yang baik, adil demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Apa lagi yang melakukan politik uang, jelas- jelas tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, untuk itu dibutuhkan peran aktif masyarakat, untuk mencegah perbuatan tercela di dunia politik kita, harap Gusni.

Kepada stakeholder, lembaga terkait, khususnya POLRI dan Kejaksaan sebagai mitra Bawaslu dalam sentra Gakkumdu (Penegakan hukum terpadu), Organisasi Masyarakat, dan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap memberikan dukungan dan terus mendukung Bawaslu dalam mrnjalankan tugas-tugas pengawasan, dengan harapan Pemilu 2024 bisa terlaksana dengan baik dan berintegritas.

Bupati Sijunjung yang diwakili Asisten l Aprisal S.Sos MSI berharap dengan peran serta seluruh masyarakat dalam upaya pengawasan Pemilu, lahir pemimpin-pemimpin serta wakil rakyat yang amanah, yang peduli dengan kesulitan masyarakat

Keberhasilan pelaksanaan pemilu, menjadi kewajiban bersama-sama. Masyarakat juga mesti peduli, karena apa yang kita lakukan berimplikasi pada daerah dan negara yang kita cintai ini, kata Asisten l.

Kepada anggota Bawaslu Kabupaten Sijunjung yang baru mendapat amanah, diberharap untuk terus berbuat dan tidak berhenti mrmberikan pengabdian untuk daerah. komisioner Bawaslu periode ini, wajah baru dan satu orang stok lama, mereka merupakan orang-orang pilihan dan terbaik yang berintegritas, perlu dukungan semua pihak, ajak Asisten l.

Kampung Pancasila sangat tepat untuk melakukan sosialisasi ini. Karena dihuni oleh berbagai suku bangsa dan agama yang hidup rukun dan damai selama ini. Jangan pemilu membuat kita pecah belah, melainkan perbedaan itu, membuat demokrasi bisa berjalan dengan baik. Kerukunan umat, yang terjalin dengan baik selama ini di kecamatan Kamang Baru khususnya dan Kabupaten Sijunjung pada umumnya, tetap kita peliharaan dan jaga secara bersama.Persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pengawasan Pemilu menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan pemilu di Ranah Lansek Manih, pesan Asisten l.( Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img