25 C
Padang
Rabu, Desember 7, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bawaslu Panggil Warga Terbaik Limapuluh Kota Untuk Jadi Pangawas Pemilu 2024
B

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota, beritasumbar.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh memanggil putra-putri terbaik daerah itu untuk bergabung sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Bawaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra saat dihubungi, Kamis mengatakan untuk mempersiapkan pengawasan Pemilu 2024, pihaknya akan segera membentuk Panwascam di 13 kecamatan.

“Sosialisasi rekrutmen Panswascam akan dilakukan secara masif guna memberi kesempatan seluruh masyarakat untuk berpartisipasi,” katanya.

Ia mengatakan, sosialisasi perekrutan Panwascam untuk Pemilu 2024 dilakukan melalui berbagai cara, sehingga Bawaslu bisa mendapatkan putra putri terbaik di kabupaten tersebut untuk mendaftar dan mengikuti seleksi secara terbuka dan transparan. 

Pengumuman dapat dilihat di laman Bawaslu Limapuluh Kota, media sosial Bawaslu Limapuluh Kota, dan juga di tempat-tempat umum atau kantor kantor pemerintahan.

“Menjadi pengawas pemilu merupakan kesempatan terbaik mendarmabaktikan diri untuk bangsa dan negara,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata mengatakan untuk masing-masing kecamatan akan direkrut sebanyak tiga orang yang akan bertugas mengawasi setiap tahapan pesta demokrasi tersebut.

“Sesuai instruksi Bawaslu RI, per hari ini kami umumkan terkait penerimaan Panwascam. Proses pengumuman akan berlangsung sampai 21 September 2022,” katanya.

Ia mengatakan, penerimaan berkas pendaftaran akan dimulai pada 21 September atau pekan depan sampai dengan 27 September 2022 pada pukul 09.00-17.00 WIB setiap harinya selama 7 hari

“Untuk yang berminat silahkan datang langsung ke kantor Bawaslu Limapuluh Kota,” kata Mantan Ketua KPU Limapuluh Kota itu.

Ismet merincikan, untuk persyaratan, calon anggota Panwascam harus sudah berusia minimal 25 tahun pada saat mendaftar, selanjutnya tidak boleh tercatat sebagai anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan parpol, sekurang-kurangnya lima tahun pada saat mendaftar.

“Secara umum persyaratan masih sama karena pembentukan Panwascam masih mengacu pada UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengimbau putra putri terbaik Limapuluh Kota untuk ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara Pemilu dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi pada 2024 nanti.

“Kami menunggu partisipasi dari yang berminat. Untuk pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya apapun,” katanya.

Ia menambahkan, dokumen persyaratan pendaftaran dapat diantar langsung ke Sekretariat Pokja Pembentukan Panwascam di Kantor Bawaslu Limapuluh Kota di Jalan raya Negara KM 06 Tanjung Pati Kecamatan Harau atau melalui Post Kilat yang diterima paling lambat hari terakhir waktu pendaftaran. (Di)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img