25 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Bagurau Merah Putih 24 Jam Non Stop
B

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Malam bagurau merah putih 24 Jam Nonstop merupakan sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh gerakan malam bagurau owek owek. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud memperingati hari kemerdekaan yang ke 75. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkann pelaku tradisi (dendang, saluang, rabab) serta didukung pelaku seni lainnya dalam sebuah konsep bagurau yang merupakan sebuah ruang kesenian yang tumbuh dalam masyarakat Minangkabau.
Kegiatan malam bagurau merah putih 24 Jam Non Stop ini didukung oleh UPTD Kementerian Pendidikan Dan kebudayaan republik Indonesia melalui Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat , Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, UPTD Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melalui Taman Budaya Sumatera Barat dan donatur perseorangan dari berbagai kalangan mulai dari kalangan instansi pemerintahan hingga penggemar malam bagurau yang banyak berasal dari kalangan perantau Minangkabau. Kegiatan ini dimulai pada pukul 20.00 tanggal 16 Agustus 2020 dan berakhir pada pukul 20.00 tanggal 17 Agustus 2020.
Malam bagurau owek owek yang awal bernama malam bagurau ayo lawan karena merupakan gerakan yang lahir dari keinginan bersama Hasanawi Langkok Grup (Pelaku Tradisi), Joni Anda (Koreografer Tari) dan Asro Sikumbang Minangkabau (Pengamat, pemerhati dan pecinta kebudayaan) untuk mengangkat tradisi melalui perkembangan teknologi dan media sosial. Gerakan ini muncul ketika wabah covid melanda yang turut memberi dampak langsung kepada pelaku kebudayaan khususnya pelaku tradisi.
 
Selain itu gerakan ini juga menjadi media sosialisai pencegahan covid dimasa pandemi, ruang ekspresi pelaku tradisi, ruang promosi dan publikasi kesenian tradisi, serta hiburan untuk masyarakat Minangkabau di berbagai penjuru khususnya dan masyarakat luas umumnya. Kegiatan malam bagurau owek owek dilaksanakan setiap rabu dan sabtu pukul 20.00 hingga pukul 23.00. Sebagai upaya pengembangan, gerakan ini terus berbenah untuk dapat terus bergerak.
Upaya pengembangan terus dilakukan diantaranya mengembangkan materi – materi yang mampu memberi manfaat kepada masyarakat. Salah satunya pengembangan melalui media youtube. Konten yang telah dikembangkan melalui media youtube diantaranya vlog tentang perjalan tim malam bagurau owek – owek, kesenian, kebudayaan dan cerita perjalan lainnya. Konten lainnya yaitu pengembangan youtube dengan tajuk Podcast POD BUNGO yang menjadi ruang informasi, edukasi, motivasi yang menghadirkan sosok – sosok inspiratif disumatera barat dari berbagai kalangan.
Konten carito bagarah merupakan konten ketiga yang dikembangkan, kemudian telah hadir juga ulasan kuliner. Selain konten, juga dihadirkan karya populer salah satunya lagu Minang produksi Tim malam bagurau owek owek.
Gerakan ini terus berjalan hingga hari ini dan diupayakan terus berjalan oleh karena respon berbagai pihak yang sangat baik. Mulai dari Instansi Pemerinthan hingga masyarakat khususnya penggemar live malam bagurau yang hadir dari berbagai penjuru didunia terutama masyarakat Minangkabau Perantauan. Salah satu bentuk dukungan dan respon baik adalah viewers siaran langsung selalu diatas 300 orang bahkan beberapa kali mencapai 1000 orang. Kalkulasi penonton hingga saat ini telah mencapai 1 juta lebih versi pemirsa facebook.
Selain itu bentuk dukungan dan respon baik masyarakat adalah terus adanya donasi yang diperuntukkan untuk seniman tradisi khususnya pelaku yang terlibat. Selain itu donasi yang pernah dilakukan adalah menghimpun dana untuk seniman tradisi yang membutuhkan diantaranya Alm. Eri Guru (Pelaku Tradisi Minangkabau di Jakarta) dan Alm. Sawir Sutan Mudo (Maestro Seni Tradisi Dendang).
Malam Bagurau Owek – Owek merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menghidupkan dan memperkenalkan kesenian tradisi melalui perkembangan teknologi dan media sosial ditengah perkembangan zaman.(Asro Sikumbang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.
- Advertisement -

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...
- Advertisement -