Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,– Usai berlaga di tingkat Kota Payakumbuh, atlet-atlet pelajar SMP Kota Biru terbaik akan berlaga di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat, 26-29 Juni 2019 mendatang.

Kota Payakumbuh merupakan juara umum selama 2 tahun berturut-turut sejak 2017 lalu O2SN ditingkat provinsi, untuk 2019 ditargetkan akan menjadi hatrick alias yang ketiga bagi kota yang dipimpin Walikota Riza Falepi.

Dalam O2SN SMP tingkat Provinsi itu ada 5 cabang yang akan diperlombakan, yaitu cabang atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, dan karate.

“Dalam bulan ini, kita akan menyegerakan SK para atlet untuk sebagai bahan syarat mendaftar sebegai peserta O2SN Provinsi, kita optimis meraih gelar juara provinsi 3 tahun berturut-turut” ujar Kepala Dinas Pendidikan Agustion melalui Kabid Dikdas Tavril Samry didampingi Kasi Kurikulum SMP Sospi Darmi, Rabu (15/5).

Nama-nama siswa yang mewakili Payakumbuh :

1. Cabang Atletik
Putra : M. Iqbal dari SMPN 9 Payakumbuh
Putri : Dinda Rahmawati dari SMPN 2 Payakumbuh

2. Cabang Renang
Putra : Muhammad Iqbal dari SMPN 2 Payakumbuh
Putri : Dwi Intan dari SMPN 4 Payakumbuh

3. Cabang Bulu Tangkis
Putra : Hazel Iflah dari MTSN 1 Payakumbuh
Putri : Sari Nadira dari SMPN 9 Payakumbuh

4. Cabang Pencak Silat
Putra : Iqhwanul Haikal dari SMPN 2 Payakumbuh
Putri : Via Rinadatul Z dari SMPN 3 Payakumbuh

5. Cabang Karate
Putra : Daffa dari SMPN 8 Payakumbuh
Putri : Arifa dari SMPN 1 Payakumbuh

Tavril Samry mengatakan setiap atlet-atlet terbaik akan dibina dan diikutsertakan TC, sehingga persiapan siswa atlet yang mengikuti perlombaan tingkat provinsi menjadi terpadu.

“Kita tidak ingin menyia-nyiakan anggaran, ditambah juga dengan support dari orang tua siswa, semua kita persiapkan dengan baik,” tambahnya.

Disebutkan, Pemko Payakumbuh melakukan pengayaan intens kepada atlet yang ikut ke O2SN Provinsi, begitupun dengan yang belum bisa ikut ke provinsi, dinas pendidikan selalu menganjurkan kepada sekolah-sekolah untuk membina atlet untuk mempersiapkan diri pada lomba-lomba selanjutnya dimasa yang akan datang.

“Kita pesankan kepada siswa yang belum bisa melaju ke provinsi untuk meningkatkan kemampuannya dan mempersiapkan diri mengikuti lomba-lomba mendatang, dan bagi bibit-bibit baru kita tekankan untuk diberikan kedisiplinan dan semangat kerja keras pantang menyerah menggapai prestasi,” terang Tavril.

Dinas Pendidikan sudah menyiapkan reward berupa Piagam, Piala, serta Uang Pembinaan untuk para juara O2SN tingkat Kota Payakumbuh. Serta memastikan siswa untuk bebas dari narkoba.

“Melalui prestasi-prestasi gemilang semoga Kota Payakumbuh bisa menciptakan manusia yang berdaya saing, sehat, berprestasi, dan agamis,” pungkas Tavril.(relis)

loading...