30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Akhirnya, Pasmaan Barat Segera Tuntaskan Jalan Pelabuhan
A

Kategori -
- Advertisement -

Simpang Ampek – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), manargetkan pada 2015 ini jalan menuju pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis di Kecamatan Sungai Beremas tuntas.

“Lahan rawa yang akan digunakan jalan menuju pelabuhan itu ada sekitar 1,5 kilometer lagi. Kita akan mematangkan lahan dan menimbunnya pada tahun ini,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pasaman Barat, Ahdiyarsyah di Simpang Ampek, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya menyediakan anggaran sekitar Rp1,3 miliar untuk pematangan lahan tersebut serta menutupi lahan rawa.

Menurutnya percepatan pembangunan pelabuhan laut Teluk Tapang itu sangat penting bagi perkembangan ekonomi warga.

“Keberadaan pelabuhan laut nantinya tentu akan mampu meningkatkan perekonomian warga. Kita menargetkan pada 2015 ini jalan menuju pelabuhan sudah tidak ada yang berawa,” tegasnya.

Ia menargetkan pematangan jalan sepanjang 43 kilometer menuju pelabuhan tuntas. Tinggal nantinya untuk peningkatan jalan lagi.

Ia mengharapkan untuk peningkatan jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang pihaknya berharap kepada bantuan kepada pemerintah pusat.

Menurut dia, keberadaan pelabuhan Teluk Tapang nantinya tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh warga Pasaman Barat tetapi juga kabupaten atau kota lainnya.

Dengan adanya pelabuhan laut itu, maka hasil sumber daya alam seperti kelapa sawit, laut, tambang biji besi dalam lainnya akan bisa dibawa melalui jalur laut.

Pelabuhan itu, akan mengurangi kerusakan jalan darat akibat truk kelapa sawit yang dibawa setiap hari.

Selain itu, akan memperbanyak akses transportasi menuju Pasaman Barat melalui laut. Bahkan, pendapatan warga yang ada di sekitar pelabuhan akan meningkat karena banyaknya aktivitas di pelabuhan itu.

 

Sumber: Antara/Oleh Altas Maulana
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img