30 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Akademisi UNP Edukasi Pelaku Usaha Songket Halaban
A

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com – Pelaku usaha dan industri rumah tangga tenunan songket Nagari Halaban, Kecamatan Lareh Sago Halaban mendapat edukasi dan pelatihan dari para akademisi Universitas Negeri Padang (UNP). UKM tenun songket Halaban dinilai berpotensi besar jika dikembangkan terhadap sektor ekonomi.

“Tenun songket asal Halaban ini sudah punya branding sendiri. Pasar juga sudah banyak melirik, meski masih terkategori baru jika dibandingkan dengan pelaku UKM sejenis. Kita berupaya bagaimana mengangkatnya bisa menjadi peluang ekonomi baru,” kata ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat UNP, Efni Cerya, kepada wartawan, Senin 9 September 2019.

Dosen Fakultas Ekonomi (FE) UNP itu menambahkan, para pelaku tenun songket Halaban rata-rata memiliki keahlian khusus dalam menciptakan trend mode sesuai minat pasar. Hasil produksi songket Halaban pun kini telah dikenal pasar-pasar daerah hingga nasional.

Hanya saja, para pelaku usaha masih minim informasi terkait sistim marketing dan manajemen tata kelola keuangan. “Makanya, kita di UNP menjadikan para pelaku usaha songket Halaban sebagai mitra kegiatan. Tujuannya, edukasi sistim marketing dan majemen keuangan usaha dan rumah tangga,” sebut Efni didampingi Dosen FE UNP lainnya, Astri Yuza Sari.

Kegiatan pengabdian masyarakat para Dosen UNP, dikatakan, sudah berlangsung sejak Agustus hingga September 2019 ini. Edukasi dilakukan dalam bentuk kunjungan tatap muka hingga seminar terbatas. Para pelaku UKM Halaban yang rata-rata terdiri dari ibu rumah tangga sangat antusias mengikuti.

Pada Agustus lalu, tambah Efni, kegiatan pengabdian masyarakat yang juga bekerjasama dengan OJK dan Bank Syari’ah Mandiri tersebut lebih kepada kunjungan ke showroom pengrajin dan tempat usaha guna mendapatkan data kondisi awal mitra. Pada 2-3 September dilaksanakan in class di labor komputer MTsS Halaban. Pertemuan itu, turut dihadiri Kabid Pembinaan dan Pengawasan Disperindag Tenaker Limapuluh Kota, Zulfahmi. Selanjutnya, ketua pengabdian ini juga menyampaikan pada minggu depan kegiatan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan untuk menindaklanjuti kegiatan inclass yang telah diadakan.

Efni yang juga merupakan pendamping UKM dan Kepala Laboratorium Inkubator Bisnis FE UNP menyebut, pihaknya sempat berdialog dengan Dinas Perindag Tenaker, terkait upaya pengembangan usaha tenun songket Halaban. Pemkab memastikan pihaknya sudah melakukan upaya edukasi bagi UKM, mulai dari pelatihan pencelupan, penghanian, desain, diversifikasi, marendo dan sulam suji.
Disperindag Tenaker Limapuluh Kota juga menyatakan bahwa kegiatan yang masih belum terjamah adalah dalam hal manajemen keuangan dan marketing usaha. “Alhamdulillah, UNP lebih dulu ikut andil memfasilitasi. Pihak dinas juga berharap kerjasama Pemkab Limapuluh Kota dan UNP terus berlanjut, untuk mengatasi permasalahan UKM,” sebut Efni Ceria.

Wali Nagari Halaban Eka Rinaldi yang dikonfirmasi terpisah mengaku berterima kasih atas edukasi yang diberikan para akademisi UNP ke masyarakatnya, khusus para pengrajin tenun songket. “Tentunya kami bersyukur, dari banyak nagari di Limapuluh Kota nagari kami menjadi objek pembinaan dari UNP. Mudah-mudahan, kerjasama ini terus berlanjut sehingga nantinya Halaban bisa menjadi salah satu nagari binaan UNP,” harap Wali Nagari. (*)

Teks foto : Para Dosen UNP melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi kepada pelaku usaha tenun songket Nagari Halaban.(rel/aking)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...
- Advertisement -