29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Aiptu Ponijan, Polisi yang Patut Ditiru Sifatnya
A

Kategori -

BeritaSumbar.com — Matahari belum begitu menyengat ketika Aiptu Ponijan menerima panggilan telepon dari seorang warga pada pukul 07.00 WIB pagi tadi. Kepala Kepolisian Sub Sektor (Kapolsubsektor) Pegangsaan, Menteng ini menerima laporan adanya seorang gelandangan di depan rumah warga.

Ponijan tidak meremehkan laporan warga tersebut. Ia pun bergegas menuju ke lokasi bersama seorang anggotanya. Di depan Pegadaian Inkopol, Jalan Tambak, Pegangsaan, Menteng, Jakpus, Ponijan melihat sosok pria tua yang terbaring lemah, persis seperti laporan warga.

“Jadi warga ada yang telepon, melaporkan bahwa ada seorang gelandangan sudah tiga hari dia di depan pegadaian itu tergeletak,” ujar Ponijan saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (26/6/2015).

Ponijan yang saat itu mengenakan kaos polisi dengan senjata api yang masih tersarung di pinggang kanannya itu bergegas mengecek kondisi pria berusia sekitar 70 tahun itu. Ponijan langsung menempelkan telunjuknya ke hidung pria itu dan mengecek denyut nadinya.

 

“Oh dia masih bernafas, masih hidup. Sepertinya sakit stroke karena tangan kirinya tidak bisa bergerak, kemudian ditanya juga tidak jelas ngomongnya,” ucapnya.

Dalam batin Ponijan saat itu, pria tak beridentitas itu harus segera dibawa ke rumah sakit. Tapi siapa yang mau mengangkut gelandangan yang berbadan kumal dan pakaian koyak, apalagi aromanya tidak sedap karena dipenuhi kotoran di tubuhnya sendiri.

“Kotorannya ada di mana-mana. Mungkin dia buang air besar dan air kecil di situ selama 3 hari sehingga saya minta selang sama warga, langsung ‘tak’ mandiin,” ucapnya.

Tidak ada rasa jijik atau pun risih bagi Ponijan untuk membersihkan pria itu sebelum akhirnya dibawa ke puskesmas untuk diobati. Seorang warga memberikan pakaian ganti untuk pria tersebut.

“Enggak (jijik dan risih). Karena dulu sebelum masuk kepolisian, saya ikut PMR dan biasa dengan hal seperti itu. Secara kemanusiaan juga kan kasihan kalau Bapak itu tidak ada yang menolong,” imbuhnya.

Setelah selesai dimandikan, pria itu kemudian dibawa pihak kelurahan ke puskesmas terdekat.

“Saya kebetulan tidak mengantar ke puskesmas. Informasi terakhir Bapak itu mau dirujuk ke RS Budi Asih. Tadi saya sempat geledah barang-barangnya tapi tidak ada identitas. Kemungkinan pengemis dari luar kota kemudian karena lelah dia beristirahat di situ,” ucap Ponijan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan
- Advertisement -

Wakil Ketua MUI : Pondok Pesantren mesti lahirkan Lulusan yang memiliki kecerdasan Ukhrawi

Padangpanjang, BeritaSumbar,com,-Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr. H. Anwar Abbas, MM.,M.Ag berkunjung ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang. Sabtu, 3 April 2021 kemaren.

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.

Rani Fitriana Jambak Lauching Karya Seni Suara Minangkabau

Mari hadiri, dukung, apresiasi dan sebarluaskan diskusi dan peluncuran karya dunsanak kita Rani Fitriana Jambak @Rani Fitriana Jambak (Seniman, musisi dan penggerak lingkungan) generasi keturunan ke 3 Minangkabau di Kota Medan beserta karya soundscape tentang kampung asal leluhurnya "SUARA MINANGKABAU" tentang darek, pasisia dan rantau (yang diterjemahkan pengkarya beliau sebagai anak rantau) serta minangkabau urban. Setelah sebelumnya telah juga menghasilkan karya "SOUND OF MEDAN" tentang suara urban kota Medan kerjasama bersama GOETHE Institut - Singapura
- Advertisement -