Pariaman,beritasumbar.com, Adi Sukemi Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan mengapresiasi Program (SaGa SaJa) Satu Keluarga Satu Sarjana yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Kota Pariaman terhadap keluarga miskin yang ada di Kota Pariaman.

Program tersebut disampaikan Wali Kota Pariaman dalam Rangka Pembukaan Pelatihan Penguatan Kepemimpinan Kepala Sekolah Se-Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau yang dilaksanakan di Balai Kota Pariaman, Sabtu 15/2/20.

“Salah satu Program yang disampaikan Wali Kota Pariaman yaitu satu keluarga satu sarjana merupakan program yang sangat bagus selakali diberikan kepada masyarakat tidak mampu merupakan ide yang sangat bagus.

Nantinya Kami di Pelalawan bisa mengkolabrasikan dengan program yang sedang kami laksanakan sekarang di Pelalawan yaitu “Pelalawan Cerdas” dimana para siswa tidak lagi dipungut biaya sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama, dikarenakan SMA sudah menjadi tanggungan Provinsi kita tidak lagi memberikan program tersebut kepada Sekolah Mengah Atas.

Program tersebut dimana siswa mendapatkan subsidi pendidikan terutama bagi siswa yang tidak mampu .Semoga program “Saga Saja” bisa kitta kolaborasikan dengan program serupa untuk mahasiswa kita di Kabupaten Pelalawan tentunya untuk kategori Keluarga miskin.
Lebih lanjut Adi menyampaikan kenapa pelatihan ini dilaksanakan di Kota Pariaman,,?

“Menurutnya Kota Pariaman merupakan Pemerintahan Kota yang Komitment terhadap Pendidikan untuk mengentaskan Kemiskinan disamping itu Kota Pariaman merupakan Kota Wisata yang sangat luar biasa perkembangannya.

Peserta yang hadir dalam Study Komperatif ini dihadiri oleh 65 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah SMP, pengawas Sekolah, Termasuk Guru Sekolah. Adi mengakui dunia pendidikan di Kota Pariaman memang memiliki nilai lebih dibanding Kabupaten Pelalawan, tetapi dari segi Sumber Daya Manusia Kita juga Mampu genjot ranah pendidikan kearah yang lebih baik,”harapnya.

Lanjut Adi akan menganggarkan 30% untuk pendidikan di Kabupaten Pelalawan untuk mendapatkan pendidikan yang layak, saya akui juga dari sisi pembangunan kita memang masih kurang tapi dari sisi SDM kita punya nilai lebih, apalagi setelah hadirnya Sekolah Dirgantara untuk pendidikan Pilot di Riau.

SMK Dirgantara ini mampu menampung para lulusan SMP untuk melanjutkan sekolah ke Menengah Lanjutan sebagai siswa Penerbangan,” Tutup Ketua.

Reportase : syamsul

loading...