25 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah", Menurut Capt.H.Irawan Gutama Mataram, Rajo Pasisie
A

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”, menurut Capt.H.Irawan Gutama Mataram, Rajo Pasisie, merupakan hasil kesepakatan ( Piagam Sumpah Satie Bukik Marapalam di awal abad ke 19, dari dua arus besar ( main- streams), pandangan dunia dan pandangan hidup ( PDPH) masyarakat Minangkabau yang sempat melewati konflik bersenjata yang melelahkan.
” Sepantutnya sebagai masyarakat Minang Kabau filsafat tersebut harus lah dijunjung tinggi,” ajak H.Irawan Gutama Mataram, Rajo Pasisie, digadang siap maju pada Pilkada Pessel.
Capt. H.Irawan Mataram Gutaram, Rajo Pasisie, namanya digadang – gadang akan ikut turun pada Pilkada Pesisir Selatan itu, Anak dipangku kemenakan atau keponakan dibimbing, dimana seorang lelaki Minang Kabau harus bertanggung jawab dan peduli kepada kemenakanya ( anak saudara dari perempuanya), selain tanggung jawab terhadap anak sendiri.
Mengibaratkan seorang Nahkoda kapal pesiar atau pemimpin harus mampu bertanggung jawab dengan keputusan diambilnya. Jabatan pemimpin itu amanah, jadi cukup berat menjadi seorang pemimpin. Yang harus dipertanggung jawabkan dunia akhirat.
” Maka untuk tidak ada anak buah yang salah, dan yang salah adalah pemimpin. Jadi, Irawan Mataram Gutaram, Rajo Pasisie seorang pemimpin harus berani bertanggung jawab atas kesalahan anak buah nya,” tegas Capt kapal itu.
H.Irawan Gutaram semua kembali pada Al-Qur’an dan As- Sunnah. Karena sebagai umat Muslim berpegang teguh bahwa Islam datangnya dari dua sumber, salah satunya adalah Al- Qur’an dan yang satu lagi adalah As- Sunnah, atau mengambil contoh dari kehidupan Nabi Muhammad.
Karena,  pada Al-Qur’an dan As- Sunnah lengkap mengatur nya. Dan jelas bagaimana menjadi seorang pemimpin
Maka, kita harus jadi pemimpin yang bermanfaat bagi semua orang. Dan, bukan bermanfaat bagi segelintir orang saja. Ungkap nya.
” sebagai putra asli Pesisir Selatan keinginan pulang kekampung halaman, bersama seluruh masyarakat Pesisir Selatan, ayo kita bangun Pessel Emas,”  ajak H.Irawan Gutaram.
Pada intih nya, H.Irawan Gutaram semua kembali pada Al-Qur’an dan As- Sunnah. Karena sebagai umat Muslim berpegang teguh bahwa Islam datangnya dari dua sumber, salah satunya adalah Al- Qur’an dan yang satu lagi adalah As- Sunnah, atau mengambil contoh dari kehidupan Nabi Muhammad.
Karena,  pada Al-Qur’an dan As- Sunnah lengkap mengatur nya. Dan jelas bagaimana menjadi seorang pemimpin. Akhirnya.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Pembelajaran Tatap Muka di SDN 09 Lubuk Tareh pada Masa Pandemi

SDN 09 Lubuk tareh terletak di jorong Lubuk Tareh kenagarian Garabak Data kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Lokasi Sekolah ini sangat jauh dari pusat kota solok bahkan untuk sampai ke sekolah ini harus melewati Kabupaten Dharmasraya terlebih dahulu.

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.
- Advertisement -

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...
- Advertisement -