30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

900 warga Dharmasraya miliki NIK ganda

Pulau Punjung – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mencatat terdapat 900 warga memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda, sehingga terkendala dalam pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

“Dari angka itu baru 50 orang yang memberikan laporan, sedangkan lainnya belum,” kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dharmasraya, Sukarni di Pulau Punjung, Minggu.

Agar permasalahan NIK ganda ini cepat selesai, diimbau masyarakat yang merasa memiliki NIK ganda agar segera melapor ke kantor Disdukcapil setempat.

Ia mengatakan, pengurusan E-KTP tidak akan bisa cepat selesai jika ada kendala seperti ini.

Kalau tidak ada kendala pengurusan E-KTP bisa ditunggu, tapi kalau ada NIK ganda masyarakat harus menunggu beberapa waktu.

Terjadinya NIK ganda biasanya karena sudah terdaftar di daerah lain, dan ini menjadi penyebab tidak bisa dicetaknya E-KTP.

“Jika ada NIK ganda kami tidak bisa melakukan cetak E-KTP,” katanya.

Ia menyebutkan beberapa waktu lalu, salah seorang warga memiliki NIK ganda, setelah ditelusuri ternyata yang bersangkutan sudah memiliki NIK di daerah Jawa Barat.

Sesuai peraturan jika warga ingin mencetak E-KTP, maka terlebih dahulu harus menghapus salah satu data tersebut.
Masyarakat harus membuat surat pernyataan di atas kertas bermaterai 6.000 sebagai tanda bahwa mereka memiliki NIK ganda.

“Setelah data dihapus dan sudah membuat surat pernyataan, baru bisa diproses ke pusat data,” jelasnya.

 

Sumber: Antara/Oleh MR Denya Utama
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pjs Bupati Solsel Sidak Ke RSUD Muaro Labuah

Solok Selatan – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah di Muara...

Kekuatan (Sosial) Untuk Perubahan (Sosial)

Sulit sekali untuk membantah bahwa daya/kuasa ( power ) adalah sumber dari kemenangan atas apapun di dunia ini. Dalam situasi damai maupun...

Tidak Pakai Masker, Bupati Hentikan Aktifitas Olahraga

Solok Selatan- Pemandangan berbeda tampak terlihat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muara Labuh Solok Selatan, Minggu pagi 18/10/20. Sekelompok masyarakat yang beraktifitas...

Pacu Itiak, Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Simak Sejarahnya

Payakumbuh --- Pacu Itiak atau yang biasa dikenal sebagai Pacu Terbang Itiak merupakan salah satu permainan anak nagari di Kota Payakumbuh telah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -