24 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

31 Daerah di Indonesia Bicarakan Sanitasi di Payakumbuh
3

Kategori -

Sebanyak 31 perwakilan daerah, termasuk sejumlah Bupati dan  Walikota, ketua Pokja Sanitasi Nasional, Kepala Dinas PU serta  pejabat Kementerian Pekerjaan Umum RI,  bicarakan Sanitasi di Payakumbuh, dalam sebuah hotel melati selama empat hari, 24 – 27 Juni 2014. Seluruh delegasi tersebut fokus membahas pengelolaan prasarana dan sarana sanitasi secara nasional ke depan.

Acara tersebut dibuka  Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dihadiri Sekdako H. Benny Warlis, Direktur Pengembangan PPLP Kementerian PU,  Ir. M. Maliki Moersid, M.Cp, Pimpinan SKPD, Camat  dan para undangan lainnya.

Ketua Panitia Ade Syaiful melaporkan,  sosialisasi sanitasi itu, menegaskan kembali pentingnya komitmen yang kuat  bagi seluruh daerah di Indonesia terhadap program sanitasi. Makanya,   4 narasumber dari kementerian dan 1 dari Pemko Payakumbuh, dihadirkan  membahas pentingnya sanitasi, meliputi  sub bidang air limbah, sub bidang persampahan dan sub bidang drainase.

Ditambahkannya, tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan sosialiasasi, edukasi dan advokasi kepada pemerintah Daerah mengenai pengelolaan serta operasi dan pemeliharaan infrastruktur bidang sanitasi.

Sementara itu, Direktur Pengembangan PPLP, Maliki Moersid dalam sambutannya menjelaskan saat ini di Indonesia yang memiliki fasilitas sanitasi layak sampai tahun 2013 baru mencapai 59,71 % artinya masih terdapat sekitar 40,29 % atau lebih kurang 100 juta penduduk indonesia yang belum memiliki akses sanitasi layak.

Angka capaian tersebut tentunya belum  cukup menggembirakan, diperlukan upaya khusus dari seluruh stakeholder pembangunan sanitasi, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat untuk mengejar ketertinggalan di bidang sanitasi, Ujarnya.

Di bagian lain, Maliki memuji komitmen Pemko Payakumbuh dalam mengelola pengelolaan prasarana dan sarana sanitasi. Dalam rangkaian kegiatan ini, peserta akan dibawa melihat secara langsung pengelolaan sanitasi di Payakumbuh, seperti TPA Regional, pengelolaan pipa limbah dan kawasan kelurahan yang sudah memiliki  MCK plus plus serta memiliki bank sampah.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi ketika memberikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada Direktur Pengembangan PLP yang telah menunjuk dan menetapkan kota Payakumbuh sebagai tempat penyelenggaraan Sosialisasi Pengelolaan Prasarana dan Sarana Sanitasi tingkat Nasional.

Penyelenggaraan ini merupakan penghargaan dan kepercayaan yang besar kepada daerah kami, semoga kepercayaan yang diberikan ini memberikan berkah dan semakin meningkatkan motivasi kami untuk menyelenggarakan pembangunan prasarana dan sarana kota terutama sanitasi untuk lebih maju lagi.

Lebih jauh Riza menjelaskan program Payakumbuh dibidang pengelolaan sanitasi secara panjang lebar. Mulai dari cakupan pelayanan air minum, sarana dan prasarana air limbah, sarana dan prasarana persampahan sampai pada program-program strategis di bidang sanitasi. Usai Walikota membuka acara dilanjutkan dengan tukar cendera mata yang diawali dari Walikota kepada direktur pengembangan PLP dan sebaliknya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.
- Advertisement -

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...

Matangkan Konsep School Of Randang, Wawako Gelar Diskusi Dengan Stakeholder Terkait

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Untuk lebih mematangkan konsep School of Randang, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama stakeholder terkait melaksanakan diskusi di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, Jumat (07/05).
- Advertisement -

HKP Sedunia, Balai Wartawan – BPJS Kesehatan Payakumbuh Bagikan Ta’jil Gratis

PAYAKUMBUH - Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh membagikan sekitar 1.000 ta'jil gratis kepada masyarakat di pusat pasar Kota Payakumbuh. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Pers (HKP) Sedunia setiap tanggal 3 Mei.

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.
- Advertisement -