25.5 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

30 Oktober SBY Dijadwalkan Resmikan Istano Pagaruyuang
3

Kategori -

Tanah Datar – Kabupaten Tanah Datar Baralek Gadang, menurut rencana Presiden Susilo Babmang Yudoyono (SBY) akan resmikan Istano Basa Pagaruyung, Selasa, 30 Oktober 2013 mendatang, untuk mempersiapkan kunjungan Presiden RI tersebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah rapat khusus dengan panitia propinsi dan panitia kabupaten/kota yang akan dikunjungi.

Rapat yang dipimpin Gubernur Irwan Prayitno di Gubernuran Senin (7/10) lalu dihadiri Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe beserta panitia terkait, Bupati 50 Kota Alis Marajo, Walikota Bukittinggi Ismet Amsis, Wako Padang Panjang Mawardi, Bupati Padang Pariaman dan sejumlah panitia propinsi lainnya.

Menurut Gubernur Irwan Prayitno, Presiden SBY beserta rombongan akan datang tanggal 28 Oktober sore, disambut di BIM dan ekspos Gubernur Irwan Prayitno di ruangan VIB BIM seputar pembangunan di Sumatera Barat, selanjutnya Presiden SBY menuju Bukittinggi, pada malam harinya dilakukan pertemuan dengan para Gubernur di Balai Sidang Bung Hatta.

Hari ketiga kunjungan Presiden SBY, Rabu 30 Oktober akan meresmikan Istano Pagaruyung, sebelum menuju Istano Pagaruyung Presiden SBY istirahat di Gedung Indo Jolito sekaligus penggantian baju adat, karena Presiden SBY juga telah diberi gelar sangsako adat di Tanah Datar dengan gelar Yang Dipatuan Maharaja Pamuncak Sari Alam.

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe menjelaskan, masyarakat Tanah Datar sangat mengharapkan Presiden SBY meresmikan Istano Pagaruyung ini, karena Batagak Tonggak Tuo dihadiri Wapres waktu itu Bapak Jusuf Kalla, Alhamdulillah kabar baik itu hampir menjadi kenyataan. Segala persiapan telah dilakukan dimulai dari pertemuan dengan pewaris kerajaan Pagaruyung, pertemuan dengan ninik mamak dan KAN Nagari Pagaruyung, pertemuan dengan KAN dan Bundo Kanduang se Tanah Datar dan pertemuan dengan KAN, LKAAM dan Bundo Kanduang se Sumatera Barat.

Peresmian Istano ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 1.290 undangan, mulai dari pejabat pusat, Gubernur se Indonesia, dari Malaysia, raja-raja nusantara, tokoh yang pernah diberi gelar di Istano Pagaruyung, Muspida Propinsi Sumbar, Bupati/Wako, Ketua DPRD se Sumbar, dan sejumlah undangan lainnya.

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe juga telah menindaklanjuti dengan rapat lengkap panitia sekaligus dihadiri Dandim 0307 Tanah Datar dan Kapolres Tanah Datar di Kantor Bupati setempat, Kamis (9/10).

Menurut Bupati M.Sadiq, hasil rapat lengkap ini dijadikan dasar untuk ditepatkan sebagai keputusan yang akan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan peresmian Istano Basa Pagaruyung.

Sementara itu Kepala Dinas Budparpora Tanah Datar Marwan menjelaskan, di Istano Pagaruyung Presiden SBY disambut dengan Silek Gelombang, Gandang Tambuah Tigo Luak, Talempong Pacik dan iringan Jamba serta Uda Uni Tanah Datar, pagar ayu pakaian Padang Magek serta Bundo Kanduang dari Nagari Pagaruyung.

Sebelum acara puncak peresmian Istano Basa Pagaruyung oleh Presiden SBY, rangkaian kegiatan peresmian dimulai H-7 dengan acara prosesi adat ziarah Makam terhadap kuburan Raja-Raja yang pernah berthahta di Minangkabau dalam wilayah kabupaten Tanah Datar, diantaranya kuburan Aditiawarman di Limo Kaum, kuburan Dt.Tantejo Gurhano di Pariangan, kuburan Rajo Ibadat di Sumpur Kudus dan kuburan Rajo Adat di Buo. Selanjutnya pada H-5 dilangsungkan acara prosesi adat diantaranya Ratik Tolak Bala di Istano Basa Pagaruyung.

Prosesi selanjutnya menawai rumah dengan Tawa Nan Ampek dan limau tujuah ragam, salah satunya diambil dari Bukit Batu Patah dengan Aie Tawa Luhak Nan Tigo, yaitu Luak Rajo, Luak Tanjuang Bungo serta unsur Air penawar dari Rajo Tigo Selo.

Sementara itu prosesi penyembelihan kerbau dilangsungkan pada H-1 pagi hari di komplek Istano Basa Pagaruyung yang diawali dengan malimau kerbau serta penyerahan pisau dari ketua panitia kepada Ketua KAN dan selanjutnya diserahkan kepada tukang bantai kerbau.

Untuk prosesi adat menaiki rumah gadang Istano Basa Pagaruyung dilangsungkan H-3 yang diawali dengan pidato menaiki rumah oleh tokoh adat, pidato pasambahan, prosesi adat manta tukang, turun dari rumah gadang menuju Nagari Pariangan (Tumpuak tangkai alam minangkabau), serta malapeh urang mamanggia sialek dan pidato maurak selo.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -