30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

3.157 Warga Solok Selatan Memilih Menggunakan KTP

Padang Aro – Sebanyak 3.157 warga Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, memberikan hak pilihnya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, dan identitas lainnya pada Pilkada serentak, 9 Desember 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Isyuliardi Maas di Padang Aro, Kamis malam (17/12) mengatakan, dari 76.810 orang masyarakat yang memberikan hak pilihnya, sebanyak 3.157 di antaranya memilih menggunakan KTP atau identitas lainnya.

“Kita mengakui masih banyak kelemahan tentang data pemilih ini seperti formulir C6 tidak sampai pada masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan dengan banyaknya pemilih menggunakan KTP ini membuktikan bahwa kesadaran serta keinginan masyarakat untuk memberikan hak pilihnya sangat baik.

Masyarakat yang memilih dengan KTP ini jelasnya, bisa saja karena mereka sudah mendapatkan C6 tetapi hilang sehingga menggunakan identitas yang ada.

Selain itu katanya, bisa juga saat pendataan oleh PPDP terdata, tetapi tidak masuk dalam entri data saat penetapan DPT.

“Bisa juga karena warga tersebut benar-benar tidak terdata oleh petugas,” katanya.

Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan sudah selesai dilakukan rekapitulasi oleh KPU pada Kamis pukul 21.30 WIB dengan perolehan suara Muzni Zakaria-Abdul Rahman 37.764 suara dan Khairunas-Edi Susanto 37.263 suara.

Berdasarkan rekapitulasi tersebut pasangan Muzni Zakaria-Abdul Rahman yang merupakan petahana unggul 501 suara dari lawannya Khairunas-Edi Susanto.

Sedangkan untuk partisipasi pemilih di Solok Selatan sebesar 68,69 persen untuk pemilihan Bupati dan wakil Bupati.

Sedangkan tim pemenangan Muzni-Rahman yang datang saat rekapitulasi, Mursiwal menerima semua hasil rekapitulasi.

Tim pemenangan Khairunas-Edi Susanto yang dihadiri Afrizal Candra, mempersoalkan tentang perbedaan pemilih Gubernur dan Bupati serta banyaknya undangan memilih yang tidak diterima masyarakat. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Minggu Jumlah Warga Payakumbuh Positif Covid-19 Kembali Melambung

Payakumbuh, -- Ledakan besar kasus positif covid-19 di Kota Payakumbuh kembali terjadi. Sepanjang Minggu (18/10) ini, terkonfirmasi 18 orang warga kota positif...

GM FKPPI Jambi Hadiri Silaturahmi Ormas dan OKP Bersama Polda dengan Tema Jambi Cinta Damai

JAMBI - Kepolisian Daerah Jambi selalu dekat dan merangkul Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dengan mengadakan Silaturahmi untuk meningkatkan...

Kemen PUPR: Pembangunan Bendungan Dapat Cegah Banjir Pangkalan

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI mengemukakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir yang melanda...

Kekuatan (Sosial) Untuk Perubahan (Sosial)

Sulit sekali untuk membantah bahwa daya/kuasa ( power ) adalah sumber dari kemenangan atas apapun di dunia ini. Dalam situasi damai maupun...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -