31 C
Padang
Jumat, April 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

25 Cabor Binaan Koni Payakumbuh Terima Dana Pembinaan
2

Kategori -
- Advertisement -

Dana pembinaan buat 30  cabang olahraga (cabor) binaan KONI Kota Payakumbuh, awal Agustus  nanti sudah bisa dikucurkan. Tahap awal, setiap cabor akan  mengantongi 50% dana pembinaan tersebut. KONI akan menyalurkan bantuan itu, jika cabor yang bersangkutan sudah menyerahkan  rencana anggaran biaya (RAB) dan menjalani verifikasi dengan KONI.

Keterangan Ketua Umum KONI Payakumbuh Dedrizal,  didampingi Ketua Bidang Rencana Anggaran H. Zurmanuddin, di sekretariat KONI di Kubu Gadang Payakumbuh, Minggu (26/7), total dana yang diterima KONI dari pemko, tahun anggaran berjalan ini Rp 2 Miliyar. Di dalamnya sudah terdapat dana operasional KONI serta biaya pertandingan terjadwal yang dilakukan cabor hingga ke pentas nasional.

Menurutnya, dalam mempertanggujawabkan dana bantuan pemko itu, pihaknya akan melakukan prinsip  anggaran sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku, transparansi, akuntabilitas,  efektif dan efisien. Setiap rupiah yang dikeluarkan KONI dan cabor harus dapat dipertanggungjawabkan, katanya.

Setiap cabor, dikatakan  Dedrizal, akan kebagian suntikan dana sesuai dengan prestasi olahraga bersangkutan pada Porprov Sumbar di Dharmasraya, 2014 lalu. Pembagiannya bukan main pukul rata, tapi dilakukan secara proposional.

“Makin banyak emas, perak dan perungu yang direbut cabor itu pada Porprov Sumbar baru lalu,   kian besar dana yang dikantonginya. Sebaliknya, yang tak kebagian medali, juga diberikan buat pembinaan dan pelecut prestasi agar makin baik di masa datang,” tegas Dedrizal yang diamini oleh Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Eri Bastari dan Zulfahmi.

Menurutnya, dana pembinaan yang diberikan  mulai dari Rp15 juta sampai ke Rp200 juta lebih.  Kapling dana yang besar itu, selain bagi cabor  peraih medali, juga bagi cabor beregu yang jumlah atletnya lebih besar, seperti sepakbola, bola basket dan  bola voli.

Setelah menerima kucuran dana, cabor diharapkan, mampu melakukan pembinaan atletnya lebih profesional, untuk meningkatkan prestasi di Porprov XIV Sumbar di Padang yang akan digelar  tahun 2016 nanti.  “Kita berharap, pada Porprov Sumbar di Padang nanti, ke-30 cabor mampu mengantongi emas, ungkap Dedrizal.

Menurutnya, seluruh pengurus KONI, seperti  Wakil Ketua I Ostimardi, Wakil Ketua II Eri Bastari, Wakil Ketua III Syafnil Adnan, Sekretaris Zul Fadjri, Kabid Organisasi, Midra Aldar, Kabid Binpres Zulfahmi Umar, Kabid Rena Zurmanuddin, dan Kabid Humas Dodi Syahputra, sudah satu visi dengan 30 cabor untuk menghadapi Porprov mendatang. Sepanjang Ramadhan lalu, secara maraton, seluruh cabor sudah melakukan verifikasi pembinaan olahraga dan menyampaikan RAB ke KONI.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img