24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

17 Perguruan Tinggi Deklarasikan Forum Akademis Samudera Hindia
1

Kategori -

Para akademisi dari 17 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan Malaysia resmi mendeklarasikan Forum Akademis Samudera Hindia Atau Indian Ocean Academic Forum (IOAF). Pada deklarasi yang bertempat di Kampus I UBH Padang ini, Kamis (12/3), sekaligus melaksanakan seminar yang bertajuk Menoleh Ke Samudera Hindia, Menuju Poros Maritim Dunia.

Deklarasi forum ini dibacakan oleh Prof.Dr. Indra Jaya selaku Direktur Eksekutif IOAF. Berisikan komitmen sebagai wadah pertukaran informasi, kerjasama penelitian dan pengembangan bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat di sekitar Samudera Hindia.

Forum ini melibatkan 17 perguruan tinggi di Indonesia dan Malasysia, 7 intansi pemerintahan baik pusat dan daerah serta lembaga swasta lainnya dan didukung oleh tokoh-tokoh nasional yang menjadi dewan pengarah diantaranya, Prof. Dr. Hasyim Djalal, Prof. Dr. Emil Salim, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, Prof. Dr. Rohmin Dahuri, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, Sp.GK dan lainnya.

Turut hadir dalam dekalrasi ini Deputi Koordinasi Bidang SDM Kementerian Koordinator Kemaritiman Dr. Ir. Safri Burhanuddin, D.E.A., Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dr. Gellwyn Yusuf, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Drs. Yuri Octavian Thamrin, M.A.

Ketua Pelaksana Dr. Ir. John Nurifdin Syach, M.S menyampaikan kegiatan ini merupakan momen bersejarah dalam kaitannya upaya pemerintah dan bangsa ini yang sedang membangun dirinya sendiri dalam merebut kembali jati diri bangsa sebagai negara bahari atau maritim, sesuai dengan cita-cita besar pemerinata menuju poros maritim dunia.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengungkapkan rasa bangga dengan kegiatan launching IOAF yang digagas oleh Universitas Bung Hatta ini. Sebab sebagai bukti perguruan tinggi swasta yang ternama ini mendukung pemanfaatan potensi Samudera Hindia yang belum dikelola dengan baik.

“Universitas Bung Hatta melihat potensi besar samudera di depan kampus kita serta banyak kapal-kapal yang tidak dimanfaatkan secara maksimal, serta belum adanya perguruan tinggi yang fokus mengkaji Samudera Hindia. Untuk itu perlu adanya suatu konsep berdasarkan kajian yang ilmiah untuk membangun dan mengembangkan samudera ini,” paparnya.

Niki juga menyebutkan forum ini telah dirancang sejak tahun 2013 dan melalui kajian serta dukungan berbagai pihak akhirnya pada 12 Maret 2015 ini dapat terselenggara deklarasi Forum Akademis Samudera Hindia atau Indian Ocean Academic Forum yang mendapat dukungan dari berbagai kalangan.

“Kegiatan ini akan menjadi sangat penting artinya bagi kita semua, karena seiring dengan program Pemerintah kita yang baru Kabinet Kerja Jokowi – JK, dimana prioritas pembangunan negeri ini mengarah ke laut dan Maritim ditambah lagi Indonesia menjadi Ketua IORA periode 2015-2017 ini. Bahkan program dari Forum Akademis Samudera Hindia Atau Indian Ocean Academic Forum masuk juga kedalam Program kerja Forum Rektor Indonesia,” ucapnya.

“Lembaga ini diharapkan dapat menghasilkan kajian-kajian yang bernas dan bermutu yang dapat disumbangkan kepada pemerintah maupun bagi dunia usaha, baik itu bagi Indonesia maupun Malaysia serta negara-negara lainnya disekitar Samudera Hindia,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga Gubernur Sumatra barat yang diwakili oleh Asisten Adminstrasi Sekda Pemprov sumbar H. Surdiman Gani, M.M, Sekda Kota Padang Nasir Ahmad serta jajaran.

Menurut Sekda Padang, Keberadaan Samudera Hindia mempunyai posisi strategis baik bagi Indonesia, maupun negara-negara yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tidak hanya potensi sumberdaya alam saja yang dimilliki, akan tetapi Samudera Hindia dimasa depan juga akan mempunyai peran strategis dalam kancah pergaulan Internasional antara lain dalam peran geo-politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan.

Itulah sebabnya, kata Sekda, Pemko Padang sekarang fokus terhadap penyelenggaraan KTT IORA di Kota Padang dan semakin diperkuat dengan keberadaan IOAF yang digagas UBH.

“Diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pengkajian dan merumuskan kebijakan dan strategi pembangunan, yang berkaitan dengan penelitian, pemanfaatan, pemprosesan, pemasaran dan pengembangan potensi sumberdaya Samudera Hindia,” ujarnya.

 

Sumber: Humas Kota Padang/du
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Taruko Menuju Kampung Wisata

Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...

Padang Panjang Latih Koperasi Mengelola Pembiayaan Berbasis Syariah

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang ke depannya akan menerapkan sistem perekonomian syariah, untuk itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar...

APBD Payakumbuh 2021 Defisit, Ini Penyebabnya

Payakumbuh , www.beritasumbar.com - Perintah Kota Payakumbuh mulai bahas Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2021 bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat dalam...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang mengedepankan tema...
- Advertisement -