25.1 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

17 Perguruan Tinggi Deklarasikan Forum Akademis Samudera Hindia
1

Kategori -

Para akademisi dari 17 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan Malaysia resmi mendeklarasikan Forum Akademis Samudera Hindia Atau Indian Ocean Academic Forum (IOAF). Pada deklarasi yang bertempat di Kampus I UBH Padang ini, Kamis (12/3), sekaligus melaksanakan seminar yang bertajuk Menoleh Ke Samudera Hindia, Menuju Poros Maritim Dunia.

Deklarasi forum ini dibacakan oleh Prof.Dr. Indra Jaya selaku Direktur Eksekutif IOAF. Berisikan komitmen sebagai wadah pertukaran informasi, kerjasama penelitian dan pengembangan bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat di sekitar Samudera Hindia.

Forum ini melibatkan 17 perguruan tinggi di Indonesia dan Malasysia, 7 intansi pemerintahan baik pusat dan daerah serta lembaga swasta lainnya dan didukung oleh tokoh-tokoh nasional yang menjadi dewan pengarah diantaranya, Prof. Dr. Hasyim Djalal, Prof. Dr. Emil Salim, Prof. Dr. Ir. Fachri Ahmad, Prof. Dr. Rohmin Dahuri, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D, Sp.GK dan lainnya.

Turut hadir dalam dekalrasi ini Deputi Koordinasi Bidang SDM Kementerian Koordinator Kemaritiman Dr. Ir. Safri Burhanuddin, D.E.A., Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dr. Gellwyn Yusuf, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Drs. Yuri Octavian Thamrin, M.A.

Ketua Pelaksana Dr. Ir. John Nurifdin Syach, M.S menyampaikan kegiatan ini merupakan momen bersejarah dalam kaitannya upaya pemerintah dan bangsa ini yang sedang membangun dirinya sendiri dalam merebut kembali jati diri bangsa sebagai negara bahari atau maritim, sesuai dengan cita-cita besar pemerinata menuju poros maritim dunia.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA mengungkapkan rasa bangga dengan kegiatan launching IOAF yang digagas oleh Universitas Bung Hatta ini. Sebab sebagai bukti perguruan tinggi swasta yang ternama ini mendukung pemanfaatan potensi Samudera Hindia yang belum dikelola dengan baik.

“Universitas Bung Hatta melihat potensi besar samudera di depan kampus kita serta banyak kapal-kapal yang tidak dimanfaatkan secara maksimal, serta belum adanya perguruan tinggi yang fokus mengkaji Samudera Hindia. Untuk itu perlu adanya suatu konsep berdasarkan kajian yang ilmiah untuk membangun dan mengembangkan samudera ini,” paparnya.

Niki juga menyebutkan forum ini telah dirancang sejak tahun 2013 dan melalui kajian serta dukungan berbagai pihak akhirnya pada 12 Maret 2015 ini dapat terselenggara deklarasi Forum Akademis Samudera Hindia atau Indian Ocean Academic Forum yang mendapat dukungan dari berbagai kalangan.

“Kegiatan ini akan menjadi sangat penting artinya bagi kita semua, karena seiring dengan program Pemerintah kita yang baru Kabinet Kerja Jokowi – JK, dimana prioritas pembangunan negeri ini mengarah ke laut dan Maritim ditambah lagi Indonesia menjadi Ketua IORA periode 2015-2017 ini. Bahkan program dari Forum Akademis Samudera Hindia Atau Indian Ocean Academic Forum masuk juga kedalam Program kerja Forum Rektor Indonesia,” ucapnya.

“Lembaga ini diharapkan dapat menghasilkan kajian-kajian yang bernas dan bermutu yang dapat disumbangkan kepada pemerintah maupun bagi dunia usaha, baik itu bagi Indonesia maupun Malaysia serta negara-negara lainnya disekitar Samudera Hindia,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga Gubernur Sumatra barat yang diwakili oleh Asisten Adminstrasi Sekda Pemprov sumbar H. Surdiman Gani, M.M, Sekda Kota Padang Nasir Ahmad serta jajaran.

Menurut Sekda Padang, Keberadaan Samudera Hindia mempunyai posisi strategis baik bagi Indonesia, maupun negara-negara yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tidak hanya potensi sumberdaya alam saja yang dimilliki, akan tetapi Samudera Hindia dimasa depan juga akan mempunyai peran strategis dalam kancah pergaulan Internasional antara lain dalam peran geo-politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan.

Itulah sebabnya, kata Sekda, Pemko Padang sekarang fokus terhadap penyelenggaraan KTT IORA di Kota Padang dan semakin diperkuat dengan keberadaan IOAF yang digagas UBH.

“Diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pengkajian dan merumuskan kebijakan dan strategi pembangunan, yang berkaitan dengan penelitian, pemanfaatan, pemprosesan, pemasaran dan pengembangan potensi sumberdaya Samudera Hindia,” ujarnya.

 

Sumber: Humas Kota Padang/du
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...
- Advertisement -

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Mulai Lebih Awal Tender Pengadaan Barang Dan Jasa Tahun Anggaran 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Memulai tender pengadaan barang dan jasa untuk tahun anggaran 2021 lebih awal yaitu sejak Desember lalu, Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), Bagian PBJ & Dalbang Kota Payakumbuh menjadi tempat study tiru beberapa daerah di Pulau Sumatera.

Indonesia Records Rilis 3 Versi Lagu ‘Bahagia Untukmu’ dari Rara Zen, Luddy Roos, dan Nay X Zul

Indonesia Records akan mengukir sejarah baru di industri musik Indonesia. Label musik tersebut merilis lagu Bahagia Untukmu karya Bagus Aryanto, Musisi asal Kota Malang, Jawa Timur. Lagu tersebut dirilis secara serentak dalam 3 versi pada 23 April 2021 di platform YouTube dan digital musik stores.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...
- Advertisement -