30 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

10 Ribu Orang Desak Hukum Dosen yang Lecehkan Mahasiswi di Padang
1

Kategori -

Jakarta, 7 Februari 2020 – Satu lagi kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan kampus di Indonesia. Baru-baru ini kasus pelecehan seksual yang dilakukan seorang dosen kepada mahasiswi di Universitas Negeri Padang tengah menjadi sorotan publik.
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang saat ini tengah mendampingi Bunga (bukan nama sebenarnya) dalam proses hukum. Kepolisian Sumatera Barat sudah melakukan pemanggilan untuk pemeriksaan pada tanggal 3 Januari 2020, tapi dosen tersebut tidak hadir.
“Kita sudah melayangkan panggilan pertama kepada terlapor. Buktinya, dia tidak datang. Nanti akan ada panggilan kedua, jika masih tak diindahkan, kita akan jemput paksa,” terang Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Septianto.
LBH Padang juga memulai petisi di laman Change.org agar publik dapat membantu mengawasi proses hukumnya dan dapat memberi keadilan untuk korban.
Dalam petisinya, Diki Rafiqi dari LBH Padang menjelaskan bahwa Bunga sempat terancam dikeluarkan karena melaporkan pelecehan seksual yang dilakukan dosennya.
“Peristiwa itu terjadi waktu persiapan pentas seni akhir tahun lalu. Dosen itu minta sesuatu yang panas-panas ke Bunga. Saat itu Bunga berpikir dosen tersebut minta teh atau kopi. Lalu Bunga pergi ke dapur. Tapi sesampai di sana, tangannya ditarik oleh si dosen ke WC perempuan, dan di sanalah si dosen melakukan hal bejat kepada Bunga,” jelas Diki dalam petisinya.
Menurut pengakuan Bunga kepada kuasa hukumnya, Ia sangat trauma dan ketakutan setelah kejadian itu, bahkan sampai tidak ikut ujian semester. Namun, Bunga akhirnya melapor ke Kepolisian Daerah Sumatera Barat 15 Januari lalu setelah memantapkan diri. Namun bukannya mendapat dukungan dari pihak universitas, Bunga malah mendapat intimidasi dan ancaman dari pihak kampus.
“Bunga, orang tuanya, termasuk teman-teman yang menjadi saksi, malah mendapatkan ancaman dari kampus. Pihak kampus sempat meminta Bunga dan keluarga untuk cabut laporan ke Kepolisian dan bahkan sempat dalam beberapa pertemuan Bunga terancam akan di drop out dari kampus,” terang Diki.
Menurut keterangan Diki, pihak Universitas menyayangkan laporan Bunga ke Polisi, sebab menurut mereka ada kasus yang lebih parah dari kasus pelecehan seksual yang dialami Bunga dan tidak sampai dilaporkan ke Kepolisian dan media.
Dalam waktu seminggu, petisi tersebut sudah didukung 10 ribu orang lebih. Para pendukung petisi juga turut memberi komentar agar pihak Universitas dapat melindungi Bunga dan melakukan evaluasi terhadap dekan yang dianggap menutupi kejahatan.
“Ini fenomena gunung es dan sulit sekali keadilan untuk korban ditegakkan. Seringkali sang dosen melenggang tanpa sanksi yg berarti, dan korban menjadi korban berlapis-lapis. Waktunya melawan…!” tulis Heni Yulindrasari.
“Tolong dievaluasi para Dekan di Kampus Sumbar karena berusaha menutupi kejahatan yg dilakukan dosen di kampus,” tulis Kamal Tanudjaya.
Sebelumnya pada 2019, Change.org bersama perEMPUan, Lentera Sintas Indonesia, Perkumpulan Lintas Feminis Jakarta (JFDG) pernah melakukan survei pelecehan seksual pada 62.000 orang. Hasilnya menunjukkan bahwa sekolah dan kampus menjadi 3 lokasi paling banyak terjadi pelecehan seksual. (rel LBH)
Media Contact:
Diky Rafiqi (LBH Padang) penggagas petisi change.org/keadilanuntukkorban (+62 822-8587-7911)
Ori Sanri Sidabutar, Change.org Indonesia (087784335149)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.
- Advertisement -

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -