24 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Yudas Sabaggalet: Pemimpin Bumi Sikerei
Y

Kategori -

Yudas Sabaggalet memilih jalur politik untuk membangun masyarakat Mentawai. Selain meningkat kualitas sumber daya manusia, ia juga sedang merancang Trans Mentawai, jalan antarpulau di Kepulauan Mentawai.

Jika ada hal mengusikmu, bertanyalah, sebab dari pertanyaan akan lahir pengetahuan. Kalimat itu terus bergelayut dalam benak Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Yudas Sabaggalet. Tapi, Yudas tak hanya bertanya dan tidak berbuat apa-apa. Ia memilih mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Panggung politik menjadi pilihannya, lantaran menurut pria kelahiran 49 tahun silam ini, politik adalah pilar menuju kesejahteraan bersama. “Kalau saya memberi uang Rp 1.000 kepada orang yang membutuhkan, saya tidak akan jatuh miskin. Tetapi kalau saya pelit atau tidak mau memberi uang, saya juga tidak akan tambah kaya,” papar Yudas mengutarakan prinsip hidupnya.

Sebelum memegang jabatan sebagai orang nomor satu di Bumi Sikerei – julukan untuk Kepulauan Mentawai – pengaruh Yudas sudah melampui sekat-sekat rumahnya. Sejak duduk di bangku sekolah, ia sudah berhimpun dan terlibat aktif dalam beragam organisasi. Pada 1988, ia menjadi Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mentawai. Tatkala kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang, ia didaulat sebagai Ketua Presidium Eksternal Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Padang.

Dunia organisasi yang telah diakrabinya semenjak remaja menjadi bekal Yudas melenggang di jalan politik. Hal ini membuat Yudas diterima banyak kalangan dan meluaskan pergaulan. Tak heran, jika ia memiliki pengaruh dan jejaring politik yang kuat di Mentawai. Pemimpin Bumi Sikerei

Jalan politik
Bagi Yudas, Mentawai adalah kepulauan yang kaya sumber daya alam. Namun hingga saat ini, denyut kehidupan masya rakat di Mentawai masih sangat ter gantung roda perekonomian di Kota Padang yang berjarak sekitar 150 kilometer atau 12 jam perjalanan menggunakan kapal laut. “Ini yang terus membuat saya gelisah,” ujarnya.

Keprihatinan ini telah ia pendam sejak ia mengenyam pendidikan di Universitas Bung Hatta. Kala itu, Yudas kerap berdiskusi dengan rekannya yang kuliah di Universitas Andalas. Teman nya itu sering menulis tentang Mentawai di Harian Singgalang, sebuah koran di Kota Padang. Mentawai selalu menjadi topik bahasan diskusi. Yudas pun kian berambisi dan bertekad membangun kampung halamannya itu.

Usai menyelesaikan kuliah, Yudas bersama beberapa teman mendirikan Yayasan Citra Mandiri (YCM) Mentawai. Yayasan ini bergerak dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Yudas didapuk menjadi Direktur YCM. Menurut Yudas, YCM Mentawai memperjuangkan per baikan ekonomi bagi masyarakat Mentawai yang selama ini dibodohi para pedagang dari tanah tepi – sebutan orang Mentawai untuk orang dari daratan Sumatra, Jawa atau non-Mentawai.

Tapi Yudas merasa, yayasan ini tak mampu mencecap aspirasi politiknya. Maka, ia pun segera bergabung dengan partai politik. Pada Pemilu 1999, ia terpilih sebagai anggota DPRD Mentawai. Tujuh tahun kemudian, melalui fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), ia dipercaya sebagai Wakil Bupati Mentawai mendampingi Edison Saleleubaja. Setelah lima tahun mendampingi Edison, Yudas pun melaju ke tampuk kepemimpinan di Kepulauan Mentawai. Yudas terpilih sebagai Bupati Mentawai 2011-2016.

Peningkatan sumber daya manusia menjadi prioritas program Yudas. Menurutnya, kendala utama untuk mengelola potensi sumber daya alam di Mentawai adalah tenaga terdidik yang kurang. “Pemerintah memberi beasiswa pendidikan kepada putra dan putri Mentawai di berbagai universitas. Setelah lulus, mereka diminta kembali untuk membangun Mentawai,” kata umat Stasi St Petrus Tua Pejat Sipora Utara ini.

Trans Mentawai
Kendala geografis Mentawai sebagai daerah kepulauan tidak mematahkan semangat Yudas. “Kondisi geografis itu kan hukum alam dan konsekuensi yang harus dihadapi,” ujarnya santai. Ia mengatakan, pihaknya tidak akan menyerah dalam membangun dan memajukan Mentawai. “Sebagai solusi, Pemkab Mentawai akan membuka keterbelakangan daerah melalui rencana Trans Mentawai,” jelasnya.

Penasihat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Basis Mentawai ini mengatakan, ada tiga pulau besar yang akan diprioritaskan sebagai Trans Mentawai. “Tiga dermaga kapal ferry segera dibangun untuk membuat interkoneksi dari tiga pulau besar, yaitu Sikakap, Pagai dan Sipora,” jelasnya. Dananya sekitar Rp 600 miliar, dan ia berharap mendapat dukungan dari APBN. Wacana Trans Mentawai sudah berhembus sampai ke Jakarta.

Trans Mentawai, menurut Yudas, akan mempercepat mobilitas masyarakat, ter -masuk distribusi hasil pertanian, kerajinan, dan pariwisata. “Masyarakat Tua Peijat, ibukota Mentawai, tidak perlu lagi menunggu kapal dari Padang untuk ke Sikakap. Trans Mentawai yang disambung dengan rute kapal antarpulau akan memicu kemajuan.”

Diakui Yudas, untuk meretas keterbukaan menuju kemajuan Kabupaten Menta wai, ibarat jalan panjang, terjal, dan berliku. Namun, ia optimis. Ia menggambar kan, “Selangkah demi selangkah ada terang cahaya, yang selalu menerangi, memajukan, dan menyejajarkan Mentawai dengan kabupaten lain di Sumatra Barat.” (sumber: hidupkatolik.com)

Yudas Sabaggalet
Lahir : Madobag, Mentawai, 24 Februari 1964
Istri : Rosmaida Sagurung
Anak : Virgilius Ansgario Sabaggalet dan Eulogius Sabaggalet

Pendidikan:
• S-1 Fakutas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang
• S-2 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang

Pekerjaan:
• Direktur Yayasan Citra Mandiri (YCM) Mentawai (1995-1996)
• Anggota DPRD Mentawai Fraksi PDKB (2000-2004)
• Wakil Bupati Mentawai (2006-2011)
• Bupati Mentawai (2011-sekarang)

Organisasi:
• Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mentawai (1988-1991)
• Ketua Presidium Eksternal PMKRI Cabang Padang (1991-1992)
• Ketua DPC PDKB Mentawai (1999-2004)
• Ketua DPC PDIP Mentawai (2008-2010)
• Penasihat ISKA Basis Mentawai (2013-sekarang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bambang Surya Irwan Lantik Drs. Hamdani Hasnam, M.Si Sebagai Anggota DPRD Sijunjung

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan melantik dan mengambil sumpah jabatan Anggota dewan dari Kader Partai Golkar. Pelantikan dan pengucapan sumpah anggota dewan ini, Sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-4-2021, tentang pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Saudara Drs. Hamdani Hasnam, M.Si, sisa masa jabatan tahun 2019-2024, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung DPRD Sijunjung, Selasa(26/1).
- Advertisement -

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.
- Advertisement -

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -