25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Yudas Sabaggalet: Pemimpin Bumi Sikerei
Y

Kategori -

Yudas Sabaggalet memilih jalur politik untuk membangun masyarakat Mentawai. Selain meningkat kualitas sumber daya manusia, ia juga sedang merancang Trans Mentawai, jalan antarpulau di Kepulauan Mentawai.

Jika ada hal mengusikmu, bertanyalah, sebab dari pertanyaan akan lahir pengetahuan. Kalimat itu terus bergelayut dalam benak Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Yudas Sabaggalet. Tapi, Yudas tak hanya bertanya dan tidak berbuat apa-apa. Ia memilih mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Panggung politik menjadi pilihannya, lantaran menurut pria kelahiran 49 tahun silam ini, politik adalah pilar menuju kesejahteraan bersama. “Kalau saya memberi uang Rp 1.000 kepada orang yang membutuhkan, saya tidak akan jatuh miskin. Tetapi kalau saya pelit atau tidak mau memberi uang, saya juga tidak akan tambah kaya,” papar Yudas mengutarakan prinsip hidupnya.

Sebelum memegang jabatan sebagai orang nomor satu di Bumi Sikerei – julukan untuk Kepulauan Mentawai – pengaruh Yudas sudah melampui sekat-sekat rumahnya. Sejak duduk di bangku sekolah, ia sudah berhimpun dan terlibat aktif dalam beragam organisasi. Pada 1988, ia menjadi Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mentawai. Tatkala kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang, ia didaulat sebagai Ketua Presidium Eksternal Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Padang.

Dunia organisasi yang telah diakrabinya semenjak remaja menjadi bekal Yudas melenggang di jalan politik. Hal ini membuat Yudas diterima banyak kalangan dan meluaskan pergaulan. Tak heran, jika ia memiliki pengaruh dan jejaring politik yang kuat di Mentawai. Pemimpin Bumi Sikerei

Jalan politik
Bagi Yudas, Mentawai adalah kepulauan yang kaya sumber daya alam. Namun hingga saat ini, denyut kehidupan masya rakat di Mentawai masih sangat ter gantung roda perekonomian di Kota Padang yang berjarak sekitar 150 kilometer atau 12 jam perjalanan menggunakan kapal laut. “Ini yang terus membuat saya gelisah,” ujarnya.

Keprihatinan ini telah ia pendam sejak ia mengenyam pendidikan di Universitas Bung Hatta. Kala itu, Yudas kerap berdiskusi dengan rekannya yang kuliah di Universitas Andalas. Teman nya itu sering menulis tentang Mentawai di Harian Singgalang, sebuah koran di Kota Padang. Mentawai selalu menjadi topik bahasan diskusi. Yudas pun kian berambisi dan bertekad membangun kampung halamannya itu.

Usai menyelesaikan kuliah, Yudas bersama beberapa teman mendirikan Yayasan Citra Mandiri (YCM) Mentawai. Yayasan ini bergerak dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Yudas didapuk menjadi Direktur YCM. Menurut Yudas, YCM Mentawai memperjuangkan per baikan ekonomi bagi masyarakat Mentawai yang selama ini dibodohi para pedagang dari tanah tepi – sebutan orang Mentawai untuk orang dari daratan Sumatra, Jawa atau non-Mentawai.

Tapi Yudas merasa, yayasan ini tak mampu mencecap aspirasi politiknya. Maka, ia pun segera bergabung dengan partai politik. Pada Pemilu 1999, ia terpilih sebagai anggota DPRD Mentawai. Tujuh tahun kemudian, melalui fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), ia dipercaya sebagai Wakil Bupati Mentawai mendampingi Edison Saleleubaja. Setelah lima tahun mendampingi Edison, Yudas pun melaju ke tampuk kepemimpinan di Kepulauan Mentawai. Yudas terpilih sebagai Bupati Mentawai 2011-2016.

Peningkatan sumber daya manusia menjadi prioritas program Yudas. Menurutnya, kendala utama untuk mengelola potensi sumber daya alam di Mentawai adalah tenaga terdidik yang kurang. “Pemerintah memberi beasiswa pendidikan kepada putra dan putri Mentawai di berbagai universitas. Setelah lulus, mereka diminta kembali untuk membangun Mentawai,” kata umat Stasi St Petrus Tua Pejat Sipora Utara ini.

Trans Mentawai
Kendala geografis Mentawai sebagai daerah kepulauan tidak mematahkan semangat Yudas. “Kondisi geografis itu kan hukum alam dan konsekuensi yang harus dihadapi,” ujarnya santai. Ia mengatakan, pihaknya tidak akan menyerah dalam membangun dan memajukan Mentawai. “Sebagai solusi, Pemkab Mentawai akan membuka keterbelakangan daerah melalui rencana Trans Mentawai,” jelasnya.

Penasihat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Basis Mentawai ini mengatakan, ada tiga pulau besar yang akan diprioritaskan sebagai Trans Mentawai. “Tiga dermaga kapal ferry segera dibangun untuk membuat interkoneksi dari tiga pulau besar, yaitu Sikakap, Pagai dan Sipora,” jelasnya. Dananya sekitar Rp 600 miliar, dan ia berharap mendapat dukungan dari APBN. Wacana Trans Mentawai sudah berhembus sampai ke Jakarta.

Trans Mentawai, menurut Yudas, akan mempercepat mobilitas masyarakat, ter -masuk distribusi hasil pertanian, kerajinan, dan pariwisata. “Masyarakat Tua Peijat, ibukota Mentawai, tidak perlu lagi menunggu kapal dari Padang untuk ke Sikakap. Trans Mentawai yang disambung dengan rute kapal antarpulau akan memicu kemajuan.”

Diakui Yudas, untuk meretas keterbukaan menuju kemajuan Kabupaten Menta wai, ibarat jalan panjang, terjal, dan berliku. Namun, ia optimis. Ia menggambar kan, “Selangkah demi selangkah ada terang cahaya, yang selalu menerangi, memajukan, dan menyejajarkan Mentawai dengan kabupaten lain di Sumatra Barat.” (sumber: hidupkatolik.com)

Yudas Sabaggalet
Lahir : Madobag, Mentawai, 24 Februari 1964
Istri : Rosmaida Sagurung
Anak : Virgilius Ansgario Sabaggalet dan Eulogius Sabaggalet

Pendidikan:
• S-1 Fakutas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang
• S-2 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang

Pekerjaan:
• Direktur Yayasan Citra Mandiri (YCM) Mentawai (1995-1996)
• Anggota DPRD Mentawai Fraksi PDKB (2000-2004)
• Wakil Bupati Mentawai (2006-2011)
• Bupati Mentawai (2011-sekarang)

Organisasi:
• Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mentawai (1988-1991)
• Ketua Presidium Eksternal PMKRI Cabang Padang (1991-1992)
• Ketua DPC PDKB Mentawai (1999-2004)
• Ketua DPC PDIP Mentawai (2008-2010)
• Penasihat ISKA Basis Mentawai (2013-sekarang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.
- Advertisement -

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).
- Advertisement -

Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Dibolehkan di Masjid Dan Mushola Dengan Terapkan Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Menyikapi surat edaran dari Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengizinkan Masjid dan Mushalla untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah selama Ramadhan 1442 Hijriyah, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Indonesia Records Rilis 3 Versi Lagu ‘Bahagia Untukmu’ dari Rara Zen, Luddy Roos, dan Nay X Zul

Indonesia Records akan mengukir sejarah baru di industri musik Indonesia. Label musik tersebut merilis lagu Bahagia Untukmu karya Bagus Aryanto, Musisi asal Kota Malang, Jawa Timur. Lagu tersebut dirilis secara serentak dalam 3 versi pada 23 April 2021 di platform YouTube dan digital musik stores.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....

Percepat Pembangunan Infrastruktur, DPRD Sumbar Raker Bersama Pemkab Pasaman-Pasbar

Padang, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Daerah Pemilihan (Dapil) IV Pemilihan Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, melakukan Rapat Kerja Usaha Percepatan Penanganan dan...

Terlibat Kasus Narkoba, Dua Personel Polres Sijunjung Dipecat

Sijunjung, beritasumbar.com - Dua personil Polres Sijunjung dipecat dari Anggota Kepolisian Republik Indonesia karena terlibat kasus narkoba. Upacara pemberhentian tidak hormat untuk Brigadir  Andres Ofiyandra sesuai...
- Advertisement -