25 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Yudas Sabaggalet: Pemimpin Bumi Sikerei
Y

Kategori -

Yudas Sabaggalet memilih jalur politik untuk membangun masyarakat Mentawai. Selain meningkat kualitas sumber daya manusia, ia juga sedang merancang Trans Mentawai, jalan antarpulau di Kepulauan Mentawai.

Jika ada hal mengusikmu, bertanyalah, sebab dari pertanyaan akan lahir pengetahuan. Kalimat itu terus bergelayut dalam benak Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Yudas Sabaggalet. Tapi, Yudas tak hanya bertanya dan tidak berbuat apa-apa. Ia memilih mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Panggung politik menjadi pilihannya, lantaran menurut pria kelahiran 49 tahun silam ini, politik adalah pilar menuju kesejahteraan bersama. “Kalau saya memberi uang Rp 1.000 kepada orang yang membutuhkan, saya tidak akan jatuh miskin. Tetapi kalau saya pelit atau tidak mau memberi uang, saya juga tidak akan tambah kaya,” papar Yudas mengutarakan prinsip hidupnya.

Sebelum memegang jabatan sebagai orang nomor satu di Bumi Sikerei – julukan untuk Kepulauan Mentawai – pengaruh Yudas sudah melampui sekat-sekat rumahnya. Sejak duduk di bangku sekolah, ia sudah berhimpun dan terlibat aktif dalam beragam organisasi. Pada 1988, ia menjadi Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mentawai. Tatkala kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang, ia didaulat sebagai Ketua Presidium Eksternal Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Padang.

Dunia organisasi yang telah diakrabinya semenjak remaja menjadi bekal Yudas melenggang di jalan politik. Hal ini membuat Yudas diterima banyak kalangan dan meluaskan pergaulan. Tak heran, jika ia memiliki pengaruh dan jejaring politik yang kuat di Mentawai. Pemimpin Bumi Sikerei

Jalan politik
Bagi Yudas, Mentawai adalah kepulauan yang kaya sumber daya alam. Namun hingga saat ini, denyut kehidupan masya rakat di Mentawai masih sangat ter gantung roda perekonomian di Kota Padang yang berjarak sekitar 150 kilometer atau 12 jam perjalanan menggunakan kapal laut. “Ini yang terus membuat saya gelisah,” ujarnya.

Keprihatinan ini telah ia pendam sejak ia mengenyam pendidikan di Universitas Bung Hatta. Kala itu, Yudas kerap berdiskusi dengan rekannya yang kuliah di Universitas Andalas. Teman nya itu sering menulis tentang Mentawai di Harian Singgalang, sebuah koran di Kota Padang. Mentawai selalu menjadi topik bahasan diskusi. Yudas pun kian berambisi dan bertekad membangun kampung halamannya itu.

Usai menyelesaikan kuliah, Yudas bersama beberapa teman mendirikan Yayasan Citra Mandiri (YCM) Mentawai. Yayasan ini bergerak dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Yudas didapuk menjadi Direktur YCM. Menurut Yudas, YCM Mentawai memperjuangkan per baikan ekonomi bagi masyarakat Mentawai yang selama ini dibodohi para pedagang dari tanah tepi – sebutan orang Mentawai untuk orang dari daratan Sumatra, Jawa atau non-Mentawai.

Tapi Yudas merasa, yayasan ini tak mampu mencecap aspirasi politiknya. Maka, ia pun segera bergabung dengan partai politik. Pada Pemilu 1999, ia terpilih sebagai anggota DPRD Mentawai. Tujuh tahun kemudian, melalui fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), ia dipercaya sebagai Wakil Bupati Mentawai mendampingi Edison Saleleubaja. Setelah lima tahun mendampingi Edison, Yudas pun melaju ke tampuk kepemimpinan di Kepulauan Mentawai. Yudas terpilih sebagai Bupati Mentawai 2011-2016.

Peningkatan sumber daya manusia menjadi prioritas program Yudas. Menurutnya, kendala utama untuk mengelola potensi sumber daya alam di Mentawai adalah tenaga terdidik yang kurang. “Pemerintah memberi beasiswa pendidikan kepada putra dan putri Mentawai di berbagai universitas. Setelah lulus, mereka diminta kembali untuk membangun Mentawai,” kata umat Stasi St Petrus Tua Pejat Sipora Utara ini.

Trans Mentawai
Kendala geografis Mentawai sebagai daerah kepulauan tidak mematahkan semangat Yudas. “Kondisi geografis itu kan hukum alam dan konsekuensi yang harus dihadapi,” ujarnya santai. Ia mengatakan, pihaknya tidak akan menyerah dalam membangun dan memajukan Mentawai. “Sebagai solusi, Pemkab Mentawai akan membuka keterbelakangan daerah melalui rencana Trans Mentawai,” jelasnya.

Penasihat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Basis Mentawai ini mengatakan, ada tiga pulau besar yang akan diprioritaskan sebagai Trans Mentawai. “Tiga dermaga kapal ferry segera dibangun untuk membuat interkoneksi dari tiga pulau besar, yaitu Sikakap, Pagai dan Sipora,” jelasnya. Dananya sekitar Rp 600 miliar, dan ia berharap mendapat dukungan dari APBN. Wacana Trans Mentawai sudah berhembus sampai ke Jakarta.

Trans Mentawai, menurut Yudas, akan mempercepat mobilitas masyarakat, ter -masuk distribusi hasil pertanian, kerajinan, dan pariwisata. “Masyarakat Tua Peijat, ibukota Mentawai, tidak perlu lagi menunggu kapal dari Padang untuk ke Sikakap. Trans Mentawai yang disambung dengan rute kapal antarpulau akan memicu kemajuan.”

Diakui Yudas, untuk meretas keterbukaan menuju kemajuan Kabupaten Menta wai, ibarat jalan panjang, terjal, dan berliku. Namun, ia optimis. Ia menggambar kan, “Selangkah demi selangkah ada terang cahaya, yang selalu menerangi, memajukan, dan menyejajarkan Mentawai dengan kabupaten lain di Sumatra Barat.” (sumber: hidupkatolik.com)

Yudas Sabaggalet
Lahir : Madobag, Mentawai, 24 Februari 1964
Istri : Rosmaida Sagurung
Anak : Virgilius Ansgario Sabaggalet dan Eulogius Sabaggalet

Pendidikan:
• S-1 Fakutas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang
• S-2 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang

Pekerjaan:
• Direktur Yayasan Citra Mandiri (YCM) Mentawai (1995-1996)
• Anggota DPRD Mentawai Fraksi PDKB (2000-2004)
• Wakil Bupati Mentawai (2006-2011)
• Bupati Mentawai (2011-sekarang)

Organisasi:
• Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mentawai (1988-1991)
• Ketua Presidium Eksternal PMKRI Cabang Padang (1991-1992)
• Ketua DPC PDKB Mentawai (1999-2004)
• Ketua DPC PDIP Mentawai (2008-2010)
• Penasihat ISKA Basis Mentawai (2013-sekarang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -