30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wow, APBD Pesisir Selatan Melambung Empat Kali Lipat
W

Kategori -
- Advertisement -

Painan – APBD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), meningkat empat kali lipat dari sepuluh tahun sebelumnya (2010).

“Sejak sepuluh tahun terakhir pembangunan di Pesisir Selatan mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan. Pemkab mencatat total APBD kabupaten setempat pada tahun 2015 sebanyak Rp1,27 triliun, naik dari Rp289,328 miliar pada tahun 2005, ” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pesisir Selatan Zefnihan di Painan, Jumat.

Tidak saja itu, beberapa indikator makro pembangunan daerah juga memperlihatkan tren peningkatan yang berkesinambungan seperti halnya indeks pembangunan manusia (IPK).

Pada tahun 2011 IPK di kabupaten itu meningkat dari 71,77 persen menjadi 73,61 persen pada tahun 2014.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi Pesisir Selatan meningkat dari 5,10 persen pada tahun 2005 menjadi 5,92 persen pada tahun 2014.

Tingkat kemiskinan di kabupaten itu juga berhasil turun dari 10,22 persen pada tahun 2010 menjadi 8,45 persen pada tahun 2014. Rata-rata lama sekolah pada kurun waktu yang sama juga meningkat dari 8,12 persen menjadi 8,57 persen.

Selain itu, sampai tahun 2014 beberapa capaian dan prestasi diberbagai bidang juga telah berhasil diraih kabupaten setempat. Diantaranya, berdasarkan kajian sosial ikonomi Sumbar yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, Pesisir Selatan masuk dalam 10 besar ekonomi terbaik di Sumbar.

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit, mengatakan, hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap pengelolaan APBD kabupaten setempat, pada tahun 2013 memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP), reward dari Pemerintah Pusat dalam bentuk dana insentif daerah (DID) atas prestasi daerah yang tepat waktu dalam penyusunan APBD.

Hasil evaluasi Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) tahun 2014 yang menyatakan Pesisir Selatan keluar dari status daerah tertinggal dan lainnya.

“Semua capaian dan prestasi yang telah diperoleh Pesisir Selatan selama ini tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat, pemerintah kabupaten (pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Ia mengatakan, disisi perencanaan pembangunan dan penyusunan APBD, maka seluruh pihak terkait terutama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Anggota DPRD kabupaten setempat agar mempelajari dan mempedomani aturan yang berlaku.

Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk lebih proaktif mengawasi jalannya pembangunan sehingga prinsip memeriksa dan menyeimbangkan dapat terwujud. Sementara kepada pihak SKPD terkait diimbau agar tidak mengintervensi proses perencanaan dan penganggaran keluar dari jalur yang ditetapkan sehingga tidak ada program atau kegiatan yang naik di jalan.

 

Sumber: Antara/Junisman
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img