25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Wow, APBD Pesisir Selatan Melambung Empat Kali Lipat
W

Kategori -

Painan – APBD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), meningkat empat kali lipat dari sepuluh tahun sebelumnya (2010).

“Sejak sepuluh tahun terakhir pembangunan di Pesisir Selatan mengalami kemajuan yang cukup menggembirakan. Pemkab mencatat total APBD kabupaten setempat pada tahun 2015 sebanyak Rp1,27 triliun, naik dari Rp289,328 miliar pada tahun 2005, ” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pesisir Selatan Zefnihan di Painan, Jumat.

Tidak saja itu, beberapa indikator makro pembangunan daerah juga memperlihatkan tren peningkatan yang berkesinambungan seperti halnya indeks pembangunan manusia (IPK).

Pada tahun 2011 IPK di kabupaten itu meningkat dari 71,77 persen menjadi 73,61 persen pada tahun 2014.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi Pesisir Selatan meningkat dari 5,10 persen pada tahun 2005 menjadi 5,92 persen pada tahun 2014.

Tingkat kemiskinan di kabupaten itu juga berhasil turun dari 10,22 persen pada tahun 2010 menjadi 8,45 persen pada tahun 2014. Rata-rata lama sekolah pada kurun waktu yang sama juga meningkat dari 8,12 persen menjadi 8,57 persen.

Selain itu, sampai tahun 2014 beberapa capaian dan prestasi diberbagai bidang juga telah berhasil diraih kabupaten setempat. Diantaranya, berdasarkan kajian sosial ikonomi Sumbar yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, Pesisir Selatan masuk dalam 10 besar ekonomi terbaik di Sumbar.

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit, mengatakan, hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap pengelolaan APBD kabupaten setempat, pada tahun 2013 memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP), reward dari Pemerintah Pusat dalam bentuk dana insentif daerah (DID) atas prestasi daerah yang tepat waktu dalam penyusunan APBD.

Hasil evaluasi Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) tahun 2014 yang menyatakan Pesisir Selatan keluar dari status daerah tertinggal dan lainnya.

“Semua capaian dan prestasi yang telah diperoleh Pesisir Selatan selama ini tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat, pemerintah kabupaten (pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Ia mengatakan, disisi perencanaan pembangunan dan penyusunan APBD, maka seluruh pihak terkait terutama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Anggota DPRD kabupaten setempat agar mempelajari dan mempedomani aturan yang berlaku.

Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk lebih proaktif mengawasi jalannya pembangunan sehingga prinsip memeriksa dan menyeimbangkan dapat terwujud. Sementara kepada pihak SKPD terkait diimbau agar tidak mengintervensi proses perencanaan dan penganggaran keluar dari jalur yang ditetapkan sehingga tidak ada program atau kegiatan yang naik di jalan.

 

Sumber: Antara/Junisman
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

Padang Panjang PPKM Level 3, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Forkopimda

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Padang Panjang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Padang Panjang, Selasa (27/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -