27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Warga Puas Dan Lega Beribadah Shalat Id di Poliko
W

Kategori -

Warga kota dan perantau yang mengikuti shalat Idul Fitri di halaman Kantor Balaikota Payakumbuh yang baru di eks lapangan Poliko, puas dan lega. Puluhan ribu jemaah shalat Id dengan khusyuk, atas fasilitas yang diberikan Pemko dan PHBI Payakumbuh dalam menjalani ibadah shalat Id, pada 1 Syawwal 1436 Hijriyah, Jum’at (17/7).

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar,  dan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, bersama isteri serta anggota Muspida dan sejumlah pimpinan SKPD, ikut shalat Id di Poliko. Sebelumnya, lebih satu dekade, shalat Id’ di kota ini berlangsung di jalan raya, di kawasan Tugu Adipura Pusat Pertokoan Payakumbuh.

“Mohon maaf, selama ini pemko belum mampu menyediakan fasilitas yang representatif buat warga kota dan perantau, buat kegiatan shalat Id’. Tahun ini, meski sudah dapat beribadah shalat Id di halaman kantor balaikota baru, tapi space tersedia masih dalam bentuk pengkerasan sirtu. Mudah-mudahan, tahun depan kondisi lapangan  terbuka ini akan lebih baik, dan nyaman buat dipakai buat shalat Id,” ucap  Walikota Riza Falepi saaat memberi sambutan, menjelang shalat Id.

Walikota Riza Falepi menggaransi, tahun depan lapangan terbuka hijau di depan gedung pusat pemerintahan Payakumbuh ini akan rampung, sehingga dapat dimanfaatkan warga buat berbagai kegiatan publik, termasuk buat kegiatan shalat Id.

Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, atas nama warga kota, memberikan apresiasi  kepada pemko dibawah pimpinan Walikota Riza Falepi, yang mengambil kebijakan tepat dalam pelaksanaan shalat Id tahun ini. Lapangan seluas ini, (halaman balaikota baru, Red), sudah lama dirindukan masyarakat. Karena itu, DPRD akan mendukung sepenuhnya, untuk memproses percepatan pembangunan  lapangan terbuka hijau di depan kantor balaikota Payakumbuh yang baru ini, tegasnya.

Dikatakan, DPRD akan terus memberikan dukungan terhadap kebijakan pemko dalam melengkapi fasilitas publik. Ruang terbuka hijau di depan balaikota Payakumbuh ini, akan kita desak pemko menyelesaikannya, karena mampu menampung puluhan ribu jemaah buat melaksanakan shalat Id, tegas Dt. Parmato Alam.

Kegiatan shalat Id di Poliko, berlangsung lebih cepat. Pukul 07.30 WIB shalat sudah dilaksanakan, dengan imam Ihsan Nuzulla, S.Pdi,  mantan qari internasional  2014 di Malaysia. Sedangkan, khatib  Buya Gunawan Bufli, S.THI,  dari Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam tausyiahnya, Buya Gunawan Bufli, mengajak jemaah untuk selalu ingat kepada Allah SWT. Berbuat baik dan mengantarkan kebaikan dan kebahagiaan kepada orang lain. Kepada orang tua, kepada sesama, sebagaimana Allah berbuat baik kepada kita.  Banggalah dengan meramaikan masjid atau mushalla, bukan semusim pada Ramadhan saja.

Sementara itu, kepada kaum hawa diingatkan, untuk selalu menutup aurat. “Jika kita semua berbuat baik sesuai ajaran Allah, negeri ini akan menjadi taman firdaus,” katanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -