30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Warga Lega, MCK Plus Berdiri MEgah di Payonibuang
W

Kategori -
- Advertisement -

Warga Kelurahan Payonibung, Kecamatan Payakumbuh Utara, merasa lega. Di kawasan Masjid Nurul Huda kelurahan setempat, saat ini berdiri megah fasilitas umum (fasum) berupa MCK plus-plus. Peresmiannya dilakukan Walikota Riza Falepi, didepan ratusan warga dan jemaah masjid, Camat Novriwandi dan Asisten II Amriul, Selasa (18/3). MCK memiliki 6 kamar mandi dan toilet, tempat mencuci dan puluhan kran berwudhuk lelaki dan perempuan serta sebuah wastafel.

Tokoh masyarakat, melalui Ketua LPM Payonibung, Yopi Syahputra dan Ketua KAN Koto nan Gadang Heri Iswadi, SE Dt. Rajo Muntiko Alam, menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh atas kehadiran fasum dimaksud. Kedua tokoh masyarakat itu, menyadari, peningkatan pembangunan infrastruktur ke Payakumbuh Utara beberapa tahun terakhir, sangat dirasakan warga.

“Kami akan memberikan partisipasi dan dukungan yang kuat terhadap pemko, dalam memajukan kota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Payakumbuh ke depan” kata Dt. Muntiko Alam.

MCK plus-plus itu, seperti disampaikan Camat Payakumbuh Utara Novriwandi, SH, dibangun dengan dana APBD Payakumbuh 2013. Tahun tersebut pemko merancang program SLBM (Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat) untuk enam kelurahan, dengan total dana Rp1.600.000.000. Keenam kelurahan itu, Kotopanjang Dalam, Parambahan dan Sungai Durian di Kecamatan Latina. Kemudian di Kelurahan Payonibung dan Tanjung Anau, Payakumbuh Utara serta di Kelurahan Ibuah, Payakumbuh Barat.

Khusus di Kelurahan Ibuah, menurut Kadis PU Muswendri Evites, program SLBM disepakati warga setempat membangun septitank komunal. Sementara, lima kelurahan lainnya, warga sepakat membangun MCK plus-plus. Hebatnya, ucap Muswendri, kelima MCK plus-plus yang dibangun, lokasinya bersebelahan dengan mushalla dan masjid kelurahan setempat, sehingga berfungsi sebagai tempat berwudhuk.

MCK plus-plus di Kelurahan Tanjung Anau, juga mampu memancing partisipasi masyarakat puluhan juta rupiah, baik berupa tenaga kerja dalam bentuk gotong royong, ataupun bantuan materi lainnya. Peran serta seperti ini sangat dibutuhkan pemko, dan diharapkan ditingkatkan terus dari hari ke hari, kata walikota saat memberi sambutan.

Walikota Riza Falepi, mengajak warga setempat dapat memelihara MCK tersebut dengan baik. Karena berfungsi sebagai tempat berwudhuk, seyogianya kebersihan MCK menjadi perhatian warga dan pengurus masjid, sehingga MCK plus ini tak kalah dari toilet pada hotel berbintang, ungkapnya.

MCK plus-plus dilengkapi dengan biogester yang menghasilkan biogas pengganti bahan bakar minyak untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk sementara, biogester baru untuk keperluan dapur penjaga MCK plus.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img