31 C
Padang
Senin, Maret 4, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Lolos P1, Peluang Adipura Terbuka
P

Kategori -
- Advertisement -

Peluang Kota Payakumbuh merebut Piala Adipura 2014 bakal terwujud, menyusul keluarnya nilai P1 (penilaian tahap satu), Adipura, awal Maret lalu.  Untuk sementara, kategori kota sedang di Sumatera Barat, nilai Payakumbuh masih teratas dibanding kota dan kabupaten lainnya di provinsi ini.

Kota Payakumbuh yang lolos penilaian tahap satu ini, menurut rencana akan dinilai kembali oleh tim penilai pusat, April bulan depan. Sekdako Payakumbuh H. Benny Warlis, didampingi Asisten I Setdako Yoherman, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Rabu (19/3), menginformasikan, kedatangan tim penilai ke Payakumbuh, tak diketahui Pemko. Tim datang secara diam-diam, dan menyigi titik pantau, sesuai dengan keinginan tim.

Kunjungan tim secara diam-diam itu, menurut Sekdako, tak perlu ditakuti. Sebaliknya, harus disikapi secara positif, untuk meningkatkan kinerja SKPD terkait dalam  berbenah diri, dalam meningkatkan pemeliharaan lingkungan hidup, serta kualitas hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat.

“Sepanjang seluruh warga dan SKPD berbenah dengan baik, meningkatkan kinerja pemeliharaan lingkungan serta kualitas hidup bersih dan sehat, tak perlu ditakuti.  Penilaian secara sembunyi itu juga baik, sehingga kita mendapatkan nilai yang objektif,” kata Sekdako.

Kepala Lingkungan Hidup Payakumbuh  Edvidel, S.IP, ketika dihubungi membenarkan Payakunbuh lolos ke P2, bersama sejumlah kota dan kabupaten lainnya.   Di antara titik pantau yang memberikan konstribusi nilai tertinggi dalam P1, sektor kebersihan pasar dan tempat prosesan sampah (TPA) Regional yang ada di Kelurahan Kapalo Koto, Payakumbuh Selatan. Selain itu, juga mencatat nilai tinggi kawasan hijau di sekolah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img