25 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Warga Bongkar Kuburan Untuk Perbaiki Posisi Jenazah
W

Kategori -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Satu kuburan jenazah pasien COVID-19 di kawasan Campago Selatan, Padang Pariaman pada Senin (28/9/2020), dibongkar oleh pihak keluarga lantaran ingin memperbaiki posisi jenazah agar menghadap ke arah kiblat. Pembongkaran itu dilakukan karena hasil swab terakhir menunjukkan pasien negatif.

Perihal tersebut Kepala Polisi Sektor (Polsek) Kampung Dalam, AKP Kasman mengatakan, jenazah dengan inisial BH (60) adalah pasien COVID-19, meninggal dan dimakamkan pada 24 September 2020.

“Setelah dimakamkan hasil tes swab yang terbaru keluar dan jenazah dinyatakan negatif. Karena jenazah sebelumnya telah dimakamkan dengan protokol covid maka pihak keluarga meminta untuk mengubah arah jenazah agar sesuai dengan syariat Islam arah wajah mayat,” ungkap AKP Kasman, Senin 28 September 2020.

Lebih lanjut Kapolsek itu menuturkan, pihak keluarga meminta izin kepada pihak nagari agar diperbolehkan membongkar kuburan tersebut.

“Pihak nagari melaporkan kepada kami, namun kami tentu berkoordinasi dengan pihak kesehatan terkait teknis. Saat itu pihak kesehatan tidak memiliki personil maka pihak keluarga menyatakan bersedia untuk melakukan pembongkaran,” jelas AKP Kasman.

Dikatakannya, pembongkaran dilakukan oleh pihak keluarga dan diawasi oleh polisi setempat serta pihak kesehatan.

“Pembongkaran berjalan lancar dan selesai sekitar pukul 16.16 WIB. Pihak keluarga telah mengarahkan jenazah menghadap kiblat dan dimakamkan kembali,” sebut Kapolsek.

Kapolsek memberi arahan kepada Ke – 7 orang pengali dari pihak keluarga agar berkordinasi dengan Tim Prokes Padang Pariaman.

Setelah mendapatkan izin pihak keluarga Ke Tujuh anggota pengali tersebut, melakukan pengalian.

Kapolsek memberikan arahan kepada pelaksana penggali kuburan almarhum “BH”

Sebelumnya pihak keluarga dari Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung minta izin kepada Walinagari Campago Selatan bapak Hanafi untuk melakukan pembongkaran kuburan untuk memastikan hadap qiblat dari jenazah, kemudian pihak keluarga mengarahkan jenazah arah qiblat dan menimbun kuburan kembali.
Dari hasil keterangan no 1 sampai 4 yang melakukan penggalian dan mengarahkan jenazah ke arah qiblat dan kemudian menimbun kembali, dan tidak ada satupun benda benda lain yang dikeluarkan dalam kuburan tersebut. Penduduk setempat tidak ada yang menyaksikan, sampai saat ini situasi aman terkendali.

Diketahui juga, sebelumnya jenazah dimakamkan dengan posisi di dalam peti sesuai protokol COVID -19. Jenazah tidak menghadap kiblat (telentang).

“Nah kalau untuk keluarga jenazah yang kontak erat telah dilakukan tes swab hanya saja hasilnya belum keluar atau masih menunggu hasil tes swab,” kata Kasman.(Syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dipercaya Jadi Pengisi Soundtrack Film, Heniikun Bay Optimis Rilis Album Trilogy ke Dua

Eksistensi Heniikun Bay punya daya tarik tersendiri bagi para penikmat musik di Tanah Air pada saat ini. Kesuksesan grup musik asal Kota Yogyakarta tersebut merilis Extended Play (EP) album trilogy pertama Hexalogy Yakin Wae, membuat mereka optimis untuk meluncurkan album trilogy ke dua yang akan dirilis pada Senin 12 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.
- Advertisement -

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Dibolehkan di Masjid Dan Mushola Dengan Terapkan Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Menyikapi surat edaran dari Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengizinkan Masjid dan Mushalla untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah selama Ramadhan 1442 Hijriyah, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
- Advertisement -

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

PR Besar Bupati Baru Padang Pariaman Jelang Pilwana

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Wali Nagari atau yang biasa kita sebut Pilwana merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi masyarakat di tingkat Nagari yang diselenggarakan untuk memilih calon Wali Nagari terbaik versi masyarakat dan memenuhi harapan masyarakat.

Puskesmas Ulakan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 bagi ASN dan Wali Nagari di Wilayahnya

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Puskesmas Ulakan melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19, Kamis (25/3) di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakih. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat Bupati Padang Pariaman tentang Pemberian vaksin covid-19 bagi ASN dan petugas pelayanan publik di kecamatan tersebut.

Jembatan Darurat Kelok Pinyaram Dalam Perbaikan, Polisi Minta Pengguna Jalan Lebih Hati-Hati

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Jembatan darurat Kelok Pinyaram yang menghubungkan jalan lintas Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya diperbaiki sehingga diberlakukan buka tutup arus lalu...

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau

Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...
- Advertisement -