25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Tandatangani Mou Penerapan Sistem Parkir Canggih
W

Kategori -

Investasi senilai 100 juta Euro atau sekitar Rp1,2 triliun lebih bakal digelontorkan Smart Parking System (SPS) Ltd Hungary untuk penataan perparkiran dan transportasi di kota – kota seluruh Indonesia. Padang merupakan kota pertama yang direkomendasikan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI dalam kerjasama perparkiran dengan perusahaan yang berbasis di Budapest ini.

Dalam pertemuan dengan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di Palanta Rumah Dinas Jalan A. Yani, Rabu (14/1), Director Second Party SPS Ltd Hungary, Jozsef Atyim menyebut, Padang merupakan kota pertama yang melakukan MoU dengan SPS.

“Sistem perparkiran yang akan diterapkan di Kota Padang adalah sistem perparkiran modern. Sarana yang akan dibangun untuk itu adalah kawasan parkir yang kapasitas tampungnya disesuaikan dengan statistik penduduk, pengunjung dan kendaraan yang ada di Kota Padang,”ujar Yozsef.

Ia menambahkan, dalam pengelolaan parkir di kawasan parkir yang akan dibangun tersebut, nantinya akan diterapkan cara bayar yang simpel dan modern. Transaksi untuk jasa parkir bisa dilakukan melalui bank atau dengan kartu kredit dan koin.

“Standar tarif tentunya akan disesuaikan. Walaupun sistemnya diadopsi dari sistem yang telah berjalan di Hungaria dan negara Eropa lainnya, untuk standar tarif tidak akan mengikuti standar di sana karena pasti sangat mahal,” jelasnya.

Sedangkan nilai investasi untuk Kota Padang guna penerapan sistem parkir di beberapa kawasan diantaranya, Pantai Padang, Jalan M.Yamin, Jalan A.Yani dan kawasan GOR H. Agus Salim serta beberapa kawasan lainnya, belum disebutkan dengan pasti.

“Nilai investasi untuk pembangunan beberapa gedung parkir tersebut belum bisa disebutkan, karena menunggu kepastian lokasi dan kapasitas parkir yang akan direalisasikan,”tandasnya.

Sementara itu, Walikota Mahyeldi menyambut ini dengan baik, lantaran persoalan transportasi dan perparkiran beberapa tahun terakhir memang menjadi problem utama yang terus dihadapi Kota Padang.

“Dengan bantuan Bappenas mendatangkan investor untuk menata perparkiran di kota – kota Indonesia, termasuk Kota Padang adalah sebuah kesempatan untuk memecahkan persoalan parkir dan transportasi di Kota Padang,”ungkap Walikota.

Ia berharap, dengan telah ditandatanganinya MoU antara Pemko Padang dengan SPS Ltd pada 14 Januari 2015 ini, maka dalam beberapa bulan ini diharapkan sudah ada aktivitas untuk merealisasikannya. Sehingga dalam 2015 dan ke depannya, kondisi perparkiran di Kota Padang sudah lebih baik.

“Penerapan sistem parkir ini dapat mengeleminir kesemrawutan, juga akan memberikan dampak yang positif terhadap pengemudi, pedagang serta pengunjung. Sebab, mobilitas perekonomian akan lebih lancar,” tandas Mahyeldi.

 

Sumber: Humas Padang

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

AM Kuncoro Vokalis Heniikun Bay feat Steven & Tege Coconut Treez Bakal Rilis Ulang ‘Mimi Mintuno Tresno’

AM. Kuncoro, Musisi asal Kota Yogyakarta makin mendapat pengakuan di industri musik Tanah Air. Karya lagunya yang berjudul Mimi Mintuno Tresno dipercaya jadi soundtrack film serial Mimi Mintuno. Untuk versi soundtrack film tersebut, lagu Mimi Mintuno Tresno digarap ulang oleh AM. Kuncoro bersama dua musisi reggae legendaris Indonesia, Steven dan Tege Coconut Treez, proses recording dan syuting videoklipnya akan dilakukan pada 28 - 30 Mei 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -

Gustami Hidayat, terpilih secara aklamasi dalam Musprov PTMSI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gustami Hidayat terpilih memimpin PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) Sumatera Barat Periode 2021-2025 pada hari rabu, 4 Mei 2021 di Aula Gubernur Sumbar. Dalam Musyawarah Provinsi ini turut hadir perwakilan PB PTMSI dn Koni Sumbar serta pengcab kabupaten/kota.

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -