27 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Serahkan Dana Ganti Kerugian Tanah Jalan Sudirman
W

Kategori -

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi menyerahkan dana  ganti kerugian tanah total Rp7,7 M lebih  buat 105  pemilik tanah dari 123 persil sertifikat tanah   dan bangunan yang terkena akibat pelebaran Jalan Sudirman Payakumbuh, Jum’at (27/12). Penyerahan dana ganti kerugian itu berlangsung dalam acara di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh. Dihadiri Sekdako H. Benni Warlis, Asisten I Yoherman, Kepala DPPKA Syafwal, Kabid Binamarga Zul Arman, Sekretaris DTRK Syamsurial dan Ketua KAN Koto nan Gadang.

Proses ganti kerugian tanah dan bangunan milik warga yang berada disepanjang Jalan Sudirman itu, sudah dilakukan jauh hari sebelumnya, dengan melakukan sosialisasi yang sangat transparansi. Melibatkan, tim pemko di bawah pimpinan Asisten I Yoherman, Camat Payakumbuh Utara Novriwandi bersama Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Payakumbuh, Anton Jumantoro, SH, MH. Harga tanah dan bangunan, sudah berdasarkan kajian dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang ditunjuk.

 

Warga pemilik tanah dan bangunan berasal dari kelurahan-kelurahan Koto Baru Balai Janggo,  Kaniang Bukik,  Balai Cacang dan  Muaro.   Keterangan Kepala BPN Payakumbuh Anton Jumantoro, berdasarkan tinjauan ke lapangan, akibat pelebaran Jalan Sudirman itu, tercatat 123  persil tanah/bangunan yang harus diberikan Pemko biaya ganti kerugiannya. Tahap pertama, sesuai dengan dana tersedia, Pemko baru akan menyerahkan ganti kerugian  sebanyak 113 persil untuk warga Koto Baru Balai Janggo (24 persil),  Kaniang Bukik (22 persil),  Balai Cacang ( 21 persil) dan  Muaro (46 persil).  Sisanya, 10 persil akan diserahkan tahun anggaran 2014, bagi warga yang berdomisili di Kelurahan Balai Gurun dan Kelurahan Balai Gadang.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya, merasa lega dengan rampungnya pembebasan tanah dan bangunan  buat  pelebaran Jalan Sudirman itu.  Tak ada ribut, semuanya berjalan dengan baik. “Kita benar-benar terbantu dengan Badan Pertanahan dan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang ikut memfasilitasi penetapan harga tanah dan bangunan ini, sebutnya.

Di bagian lain Walikota, mengajak warga penerima ganti kerugian, untuk memanfaatkan dana tersebut buat keperluan produktif, bukan konsumtif. Mereka yang menyerahkan tanah dan bangunan untuk pelebaran jalan, merupakan pejuang pembangunan dan punya kepedulian tinggi terhadap kemaslahatan rakyat ke depan. Warga tersebut, pantas diapresiasi dan diteladani, katanya.

Dikatakan, Payakumbuh yang sudah menjadi kota tujuan, mulai menemui persoalan sosial, berupa kemacetan lalulintas. Ruas jalan Sudirman, terutama dihari libur, karena arus lalulintas yang makin padat, sudah macet sama seperti kota-kota besar lainnya. Karena itu, pelebaran jalan utama ini, sesuatu yang sangat mendesak. “Alhamdulillah, warga setempat sudah ikut berpartisipasi dalam pelebaran jalan ini,” sebut Walikota.

Sementara, Kadis PU Payakumbuh Ir. Muswendri Evites dan Kabid Bina Marga H. Zul Arman, ST, menginformasikan, pelebaran  Jalan Sudirman Payakumbuh itu, akan dimulai awal tahun 2014. Badan jalan dari kondisi  rata-rata 5,5 meter akan diperlebar  lebih kurang 7 sampai 7,5 meter. Direncanakan, akan dimulai dari Simpang Kaniang Bukik sampai ke Kelurahan Muaro.   Awal Januari ini, proses  pekerjaan jalan ini akan segera dikerjakan, sebut Muswendri.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.
- Advertisement -

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"
- Advertisement -

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -