26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Tigo Nagari Dikukuhkan
P

Kategori -
- Advertisement -

Ketua DPD LKAAM Kota Payakumbuh Indra Zahur,SE Dt. Rajo Simarajo mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang tiga nagari  pemekaran,  di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (26/12). Ketiga pengurus KAN dan Bundo Kanduang itu, masing-masing Nagori Sungai Durian Lamposi, Nagori Parambahan Lamposi dan Nagori Koto Panjang Lamposi periode 2013-2018. Pengukuhan berlangsung  di halaman Kantor Camat Lamposi Tigo Nagori.

Acara pengukuhan ketiga pengurus KAN dan Bundo Kanduang itu,  bersamaan dengan HUT Ke-V Kecamatan Latina. Dihadiri Walikota Payakumbuh Riza Falepi Dt. Kaampek Suku, Ketua DPRD Wilman Singkuan, Asisten II Amriul Dt. Karayiang, tokoh perantau Dr. Herman Danil yang juga Calon Anggota DPD-RI, sejumlah pimpinan SKPD, Camat Latina Doni Prayuda, Muspika Kecamatan, Pengurus Bundo Kanduang Kota Payakumbuh, Pengurus KAN 8 Nagari se-Kota Payakumbuh,  serta ratusan anak nagari kecamatan setempat.

Camat Latina Doni Prayuda menyebutkan semangat kebersamaan dan partisipasi masyarakat di Latina sangat tinggi dalam setiap gerak pembangunan. Dan  menjadi modal utama dalam memajukan dan mensejahterakan masyaralat Latina, ujarnya

Pemekaran nagari yang bersinergi dengan HUT Kecamatan Latina, sebuah bentuk persaudaraan dan kebersamaan yang tinggi di Latina yang perlu dipertahankan, katanya.

Ketua LKAAM I.Z. Dt.Rajo Simarajo, dalam sambutannya,  meminta kepada seluruh pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang baru saja dikukuhkan, untuk mampu memberikan rasa nyaman dan perlindungan kepada seluruh anak nagari, dalam membangun suku, korong dan kampuang. “ Elok nagari dek panghulu, elok kampuang dek nan tuo, rancak tapian dek nan mudo, mari kita aplikasikan bersama,” katanya.

Menghadapi Pemilu Legislatif 2014,  diharapkan kepada ninik mamak dan pemangku adat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan jangan sampai ada perpecahan di tengah masyarakat, karena pesta demokrasi ini, ujar Indra Zahur.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Ketua DPRD Wilman Singkuan ketika memberikan,  sambutan sama-sama mendukung serta mendorong kehendak masyarakat Lamposi Tigo Nagori guna memulangkan “sirih kagagangnyo dan pinang katampuoknyo”.

Dikatakan untuk legalitas nagari-nagari yang baru saja dikukuhkan, Pemko akan menyiapkan Ranperda, tentang Nagari dan Lambang Daerahnya. “Kita pihak Pemko akan menindaklanjutinya, sebut Walikota dan Ketua Dewan.

Kepada Pengurus KAN dan Bundo Kanduang ke tiga Nagari tersebut diharapkan untuk bersungguh-sungguh menjalankan amanah anak nagari yang dipercayakan demi kesejahteraan anak nagarinya, ujar Walikota.

Ketiga pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang dikukuhkan tersebut yaitu KAN Nagori Parambahan Lamposi Ketua W Dt Tamarajo, Wakil Ketua I.M. Dt Sinaro Sati, Sekretaris J.L. Dt Asa Batuah, Wakil Sekretaris Z Dt Jamulia Saiyo, Bendahara M.W. Dt Ogah dan dilengkapi dengan bagian urusannya. Berikut pengurus Bondo Kanduang Ketua Syafni, Wakil Ketua Khalijah, Sekretaris Rati Herawati, Wakil Sekretaris Mulyawati dan Bendahara Fetrina.

Kemudian pengurus KAN Nagori Sungai Durian Lamposi Ketua Z.A. Dt. Tuluh, Sekretaris Imam Yanuar dan bendahara H. Dt. Pangulu Sati. Berikut Pengurus Bundo Kandung Ketua Hj. Murtinis, Sekretaris Lendriati dan bendahara Almusnita.

Selanjutnya Pengurus KAN Koto Panjang Lamposi Ketua Y.K. Dt. Patiah Baringek, Sekretaris I.M. Dt. Naro dan Bendahara I. Dt. Gamuyang Sati. Sedangkan pengurus Bundo Kandung Ketua Nur’aini, Sekretaris Ritawati, dan bendahara Yuliza.

Acara yang berlangsung meriah dan semarak itu diakhiri dengan makan basamo sacara adat di aula Kantor Camat setempat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img