32 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Walikota Riza Lepas 240 JCH Payakumbuh
W

Kategori -
- Advertisement -

Bertempat di aula serbaguna SMKN 2 Kota Payakumbuh acara Pelepasan Jamaah Calon Haji Kota Payakumbuh Tahun 1434 H/2013 M digelar, Rabu (25/9). Sebanyak 240 jamaah calon haji (JCH) Kota Payakumbuh ini dilepas oleh Walikota Payakumbuh H.Riza Falepi, ditandai dengan penyerahan bendera lambang Kota Payakumbuh kepada Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kota Payakumbuh Wilman Singkuan, yang juga Ketua DPRD Kota Payakumbuh.

Dilaporkan oleh Kasi urusan haji Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Hadi Zamli merinci dari 240 JCH tersebut terdiri dari 106 JCH laki-laki dan 134 CJH perempuan yang berasal dari lima kecamatan di Kota Payakumbuh. “Bila dibandingkan dengan jumlah jemaah haji Kota Payakumbuh tahun lalu yang hanya berjumlah 206 jamaah maka terjadi peningkatan walaupun adanya pembatasan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi”, ujar Hadi Zamli.

Lebih jauh pihak Kemenag menyampaikan bahwa jamaah calon haji Kota Payakumbuh tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13, direncanakan 240 JCH akan diberangkatkan pada tanggal 1 Oktober mendatang dari embarkasi Padang dan akan diterbangkan ke tanah suci keesokan harinya 2 Oktober 2013

Berdasarkan laporan, jemaah calon haji tertua pada musim haji tahun ini berasal dari Kelurahan Nunang Kecamatan Payakumbuh Barat atas nama Nazir Jahidin Syarifudin, 80, kelahiran 4 Agustus 1933. Sedangkan untuk JCH termuda berusia 18 tahun atas nama Komaratih Dian Priharyani asal Kelurahan Padang Tiakar Hilir Kecamatan Payakumbuh Timur kelahiran 5 Januari 1995. Sementara itu dari 240 jamaah calon haji tersebut 103 jamaah berlatar belakang pekerjaan PNS.

Walikota Payakumbuh dalam pelepasan jamaah calon haji Kota Payakumbuh mengingatkan kepada seluruh jamaah yang akan berangkat agar selalu menjaga kesehatan serta beradaptasi dengan situasi dan kondisi di tanah suci nantinya. Terakhir Walikota mengucapkan selamat dalam perjalanan pergi dan selamat pula hendaknya sekembalinya nanti ke Kota Payakumbuh, semoga memperoleh haji yang mabrur.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Salman S. Memet, selama di tanah suci hendaknya jamaah dapat menjaga kekompakan, menghormati aturan-aturan yang berlaku di tanah suci serta menjaga nama baik negara dan bangsa Indonesia selama menyelenggarakan ibadah haji.

Dalam acara melepas Jamaah Calon Haji Kota Payakumbuh Tahun 1434 H/2013 M ikut hadir Wakil Walikota Payakumbuh Drs.H.Suwandel Muchtar,MM, Ketua DPRD Kota Payakumbuh beserta wakil, unsur Muspida, Kepala Pengadilan Agama Kota Payakumbuh, Ketua MUI Kota Payakumbuh, pihak BPS BPIH Kota Payakumbuh serta tamu undangan lainnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img