27.7 C
Padang
Rabu, Juli 28, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Padang Dukung Somasi Atas Ucapan Riza Chalid
W

Kategori -

Jakarta – Ucapan Riza Chalid yang menyebut Sumatera Barat sebagai provinsi dajjal direspon keras oleh masyarakat Minang. Pernyataannya itu akhirnya berbuah petaka bagi dirinya sendiri. Beberapa lembaga di minangkabau seperti Keluarga Besar Mahasiswa Minang (KBMM), Himpunan Masyarakat Minang (HMM) Jakarta Raya, Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI) melakukan protes perihal ucapan Riza Chalid bahakan IPPMI telah mengajukan somasi kepada Riza Chalid.

Somasi yang dilayangkan IPPMI mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Termasuk dari Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo. Walikota Padang menyebut ucapan Riza Chalid telah melanggar etika berbangsa, bernegara dan beragama.

“Saya mendukung somasi atas pernyataan Riza Chalid yang menyebut Provinsi Sumatera Barat sebagai provinsi Dajjal. Karena pernyataan itu sungguh luar biasa, secara etika itu tidak pantas,” ujar Mahyeldi usai menerima penghargaan Peduli HAM di Jakarta, Jumat (11/12) sore.

Sebagai masyarakat Sumatera Barat, Walikota Mahyeldi merasa tersinggung atas ucapan yang dilontarkan Riza Chalid saat melakukan pertemuan dengan bos PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dan Ketua DPR Setya Novanto beberapa waktu lalu.

“Masalahnya apa? Apakah (Sumatera Barat) separah itu?” ujar Walikota Padang itu.

Dukungan yang sama juga diungkapkan sejumlah perantau Minang di Jakarta. Pada umumnya para perantau mengecam ucapan yang dilontarkan Riza Chalid.

“Sebagai masyarakat Minang dan umat muslim, siapa yang tidak tahu apa itu dajjal. Ini sangat menyinggung sekali. Saya pribadi sangat mendukung langkah yang dilakukan IPPMI,” ujar Purnanugraha yang berdomisili di Kwitang, Senen.

Purnanugraha menilai, jika ada masyarakat lain selain Minang yang memandang remeh Sumatera Barat, itu sangat keliru. “Orang yang beranggapan seperti itu berarti tidak mengenal orang Minang, hanya melihat kulit tidak melihat isi,” tambah lelaki dua anak yang berasal dari Tanjuang Saba, Lubuak Bagaluang, Padang itu.

Seperti diketahui, IPPMI telah melayangkan somasi kepada Riza Chalid. Menurut Ketua Umum IPPMI, Muhammad Rafik, ucapan tersebut sangat melukai hati dan perasaan masyarakat Minang. Ditekankannya, dalam pemahaman umat Islam, Dajjal dikatakan jahat dan kafir.

Dalam somasi itu, IPPMI meminta tiga hal kepada Riza Chalid. Pertama, mencabut ucapannya yang mengatakan Padang atau Sumatera Barat adalah Provinsi Dajjal. Kedua, meminta maaf secara langsung dalam rapat adat yang diselenggarakan oleh pemangku adat Minangkabau yang khusus akan membahas ucapan Riza Chalid.
Permintaan ketiga, Riza Chalid menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Minang di media massa, baik media cetak, elektronik, serta media lokal yang ada di Sumatera Barat.

Riza Calid diminta menanggapi somasi itu dalam jangka waktu 4 x 24 jam setelah somasi dikeluarkan. Jika Riza Chalid tidak memberikan tanggapan dan menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan ucapannya, IPPMI akan membawa masalah ini ke ranah hukum.

Menurut pakar tafsir Alquran, Prof Dr M Quraish Shihab dalam bukunya “Quraish Shihab Menjawab”, makna kata Dajjal adalah sosok yang pada mulanya menampakkan kesalehan, kemudian mengaku Nabi, lalu mengaku sebagai Tuhan.

“Memang menurut riwayat, ia (Dajjal) memiliki sekian keistimewaan yang dapat mengelabui manusia, tetapi yang menggunakan pikirannya tidak akan teperdaya, apalagi mengakuinya sebagai Tuhan atau nabi,” tulis Quraish dalam bukunya.

Kontan saja masyarakat Sumatera Barat yang punya tradisi Islam sangat kuat, tak terima dengan pernyataan itu. Umat Islam di Sumatera Barat atau masyarakat Minangkabau, menganut prinsip adat basandi syarak, syarak basandi kitabbullah, atau adat yang didasarkan/ditopang syariat agama Islam. (***)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -