28.1 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Walikota Letakkan Batu Pertama SMAN 5

Pembangunan unit sekolah baru (USB) SMAN 5 Payakumbuh, di kawasan Tangah Padang di Kelurahan Balai Panjang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, dimulai. Ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Riza Falepi, dalam acara di lokasi pembangunan sekolah tersebut, Kamis (9/1).

Peletakan batu pertama pembangunan SMAN 5 itu, dihadiri Ketua DPRD diwakili YB. Dt. Parmato Alam, Asisten II Sekdako Amriul Mukminin, Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri, pimpinan SKPD, Ketua KAN Limbukan TH. Dt. Sati Nan Mangiang, Sekretaris Camat Payakumbuh Selatan, Kepala SMA/SMK se-Kota Payakumbuh, Lurah se-Kecamatan Payakumbuh Selatan dan sejumlah masyarakat Kelurahan Balai Panjang.

Walikota Riza Falepi, mengharapkan, agar pembangunan SMAN 5 itu dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan, lebih kurang 4 (empat) bulan. Pembangunan dilakukan secara swakelola dengan anggaran tersedia, bantuan pemerintah pusat (block green), lebih kurang Rp1,49 M. “Kita akan awasi pembangunan SMAN 5 ini dengan intensif, agar pekerjaannya tepat waktu dan bermutu,” ucap Kadisdik H. Hasan Basri Sy, S.Pd.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, memberikan apresiasi terhadap KAN Limbukan yang menyerahkan tanah buat lokasi pembangunan SMAN 5 itu, lebih kurang 1 hektar. Peran serta ninik mamak tersebut, akan terus diharapkan dalam memacu pembangunan di kota ini. “Pemko tak akan mampu berbuat banyak, tanpa partisipasi warga dan pemuka masyarakat,” tegasnya.

Selain SMAN 5 di Kecamatan Payakumbuh Selatan, sebelumnya, pemerintah pusat juga telah membantu pembangunan SMPN 10. Gedung baru SMPN 10 itu hampir rampung, berlokasi di Kelurahan Kapalo Koto di Nagari Aua Kuniang. Selain fisik, SMPN 10 juga dibantu dengan mobiler atau perabot sekolah.

Kehadiran dua sekolah lanjutan, berupa SMPN 10 dan SMAN 5 di Kecamatan Payakumbuh Selatan, sudah sesuai dengan rencana pengembangan dan pemerataan sekolah lanjutan umum di Payakumbuh. Menurutnya, di Kecamatan Payakumbuh Barat terdapat tiga SLTP negeri, yaitu SMPN 4, SMPN 6 dan MTsN. Kemudian, empat SLTA, masing-masing SMAN 4, SMKN 2 dan SMKN 1 serta MAN 2.

Di Kecamatan Payakumbuh Utara, terdapat tiga SLTP negeri ( SMPN 1, SMPN 7, SMPN 2), dan  MTsN 3, dan sebuah SLTA negeri, yaitu SMAN 3. Sedangkan, di Kecamatan Payakumbuh Timur terdapat empat SLTP negeri, yaitu SMPN 3, SMPN 5, SMPN 8 dan SMPN 9. Sedangkan, SLTA negeri di kecamatan ini tercatat tiga buah, yaitu SMAN 1, SMAN 2, dan SMKN 3. Sementara, di Kecamatan Latina juga sudah punya sebuah SLTP dan sebuah SLTA negeri, yaitu SMPN 7 dan MAN 1 Payakumbuh.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Minggu Jumlah Warga Payakumbuh Positif Covid-19 Kembali Melambung

Payakumbuh, -- Ledakan besar kasus positif covid-19 di Kota Payakumbuh kembali terjadi. Sepanjang Minggu (18/10) ini, terkonfirmasi 18 orang warga kota positif...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang...

KONI Kota Payakumbuh Dan UNP Jalin Kemitraan Pembinaan Atlit

Payakumbuh,- Berolahraga menjadi hal yang penting dan harus dilakukan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Karena aktivitas olah raga dapat meningkatkan kebugaran dan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -