29 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Walikota Letakkan Batu Pertama SMAN 5
W

Kategori -
- Advertisement -

Pembangunan unit sekolah baru (USB) SMAN 5 Payakumbuh, di kawasan Tangah Padang di Kelurahan Balai Panjang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, dimulai. Ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Riza Falepi, dalam acara di lokasi pembangunan sekolah tersebut, Kamis (9/1).

Peletakan batu pertama pembangunan SMAN 5 itu, dihadiri Ketua DPRD diwakili YB. Dt. Parmato Alam, Asisten II Sekdako Amriul Mukminin, Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri, pimpinan SKPD, Ketua KAN Limbukan TH. Dt. Sati Nan Mangiang, Sekretaris Camat Payakumbuh Selatan, Kepala SMA/SMK se-Kota Payakumbuh, Lurah se-Kecamatan Payakumbuh Selatan dan sejumlah masyarakat Kelurahan Balai Panjang.

Walikota Riza Falepi, mengharapkan, agar pembangunan SMAN 5 itu dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan, lebih kurang 4 (empat) bulan. Pembangunan dilakukan secara swakelola dengan anggaran tersedia, bantuan pemerintah pusat (block green), lebih kurang Rp1,49 M. “Kita akan awasi pembangunan SMAN 5 ini dengan intensif, agar pekerjaannya tepat waktu dan bermutu,” ucap Kadisdik H. Hasan Basri Sy, S.Pd.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, memberikan apresiasi terhadap KAN Limbukan yang menyerahkan tanah buat lokasi pembangunan SMAN 5 itu, lebih kurang 1 hektar. Peran serta ninik mamak tersebut, akan terus diharapkan dalam memacu pembangunan di kota ini. “Pemko tak akan mampu berbuat banyak, tanpa partisipasi warga dan pemuka masyarakat,” tegasnya.

Selain SMAN 5 di Kecamatan Payakumbuh Selatan, sebelumnya, pemerintah pusat juga telah membantu pembangunan SMPN 10. Gedung baru SMPN 10 itu hampir rampung, berlokasi di Kelurahan Kapalo Koto di Nagari Aua Kuniang. Selain fisik, SMPN 10 juga dibantu dengan mobiler atau perabot sekolah.

Kehadiran dua sekolah lanjutan, berupa SMPN 10 dan SMAN 5 di Kecamatan Payakumbuh Selatan, sudah sesuai dengan rencana pengembangan dan pemerataan sekolah lanjutan umum di Payakumbuh. Menurutnya, di Kecamatan Payakumbuh Barat terdapat tiga SLTP negeri, yaitu SMPN 4, SMPN 6 dan MTsN. Kemudian, empat SLTA, masing-masing SMAN 4, SMKN 2 dan SMKN 1 serta MAN 2.

Di Kecamatan Payakumbuh Utara, terdapat tiga SLTP negeri ( SMPN 1, SMPN 7, SMPN 2), dan  MTsN 3, dan sebuah SLTA negeri, yaitu SMAN 3. Sedangkan, di Kecamatan Payakumbuh Timur terdapat empat SLTP negeri, yaitu SMPN 3, SMPN 5, SMPN 8 dan SMPN 9. Sedangkan, SLTA negeri di kecamatan ini tercatat tiga buah, yaitu SMAN 1, SMAN 2, dan SMKN 3. Sementara, di Kecamatan Latina juga sudah punya sebuah SLTP dan sebuah SLTA negeri, yaitu SMPN 7 dan MAN 1 Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img