28 C
Padang
Rabu, Juni 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Walikota Kaget dengan Mentimun Super Varietas Unggul
W

Kategori -
- Advertisement -

Sukses melahirkan bibit cabe Kopay, Kelompok Tani Tunas Baru, Kelurahan Kotopanjang Dalam, Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, kembali membuat sensasi positif. Keltan milik  20 petani ini, melahirkan benih  mentimun super. Kegiatan pemurnian varietas mentimun lokal ini, panen perdananya dilakukan Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama anggota keltan, Senin (14/4) sore.

Walikota Riza Falepi yang akhir-akhir ini sering turun ke lahan pertanian, sangat kaget melihat mentimun lokal yang cukup besar dan panjang itu. Hitung-hitungannya, 2 sampai 3 buah  mentimun per 1 Kg.  Bandingkan, dengan mentimun biasa, 4 sampai 5 buah per Kg.  “Benih mentimun ini saya namakan Mentimun Latina, agar mudah disebut dan diingat,” kata Walikota sambil memegang mentimun itu.

Panen perdana mentimun ini, juga disaksikan petugas Balai Penelitian Sertifikasi Benih Provinsi Sumatera Barat, Oktavihandra dan Zulchandra.  Kedua petugas Balai Penelitian  Sertifikasi Benih ini, berjanji akan merekomendasikan benih ini, untuk didaftarkan di Kementerian Pertanian sebagai komiditi unggul lokal. Dalam acara panen ini juga hadir Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Wal Asri serta sejumlah PPL.

Adalah Sarman, anggota   Keltan Tunas Baru, yang menggagas  pemurnian varietas mentimun lokal itu,  di atas lahan seluas 0,5 hektar. Didampingi Ketua Keltan, Syahrul Yondri, petani yang juga pengelola Sub. Terminal Agribisnis (STA)  ini, mengatakan,  cukup lama  baginya menciptakan benih mentimun super ini.  Sejak 2008 lalu, Sarman sudah memulai menseleksi benih yang akan dimurnikan.

“Alhamdulillah, setelah pemurnian sukses,  benih tersebut langsung ditanam, dengan sentuhan tekhnologi pertanian. Hanya memakan waktu 32 hari, hasilnya sangat luar biasa dan dan sudah bisa dipanen.  Walikota Riza pun l;angsung angkat topi kepada Keltan Tunas Baru.

Alasan Sarman sangat sederhana, dalam menciptakan varietas mentimun lokal itu. Menurutnya,  dalam tiga tahun terakhir permintaan pasar terhadap sayur  mentimun sangat tinggi. Sedangkan persediaan benih yang berkualitas amat terbatas dan harganya pun cukup tinggi.

Menurut Sarman, Keltan Tunas Baru, siap mensuplay benih mentimun super ini kepada petani Payakumbuh dan daerah tetangga. “Kita tidak hanya mengais rezki dari sini, tapi juga beribadah. Karena itu, harga varietas ini pun dilepas tidak terlalu  mahal. Kami ingin petani mentimun lebih meningkat kesejahteraannya ke depan,” tegas Sarman.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img