26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Walikota Hadiri Khatam, Santri dan Ortu Senang
W

Kategori -
- Advertisement -

Tiga Taman Pendidikan Qur’an (TPQ)  di Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Kecamatan Payakumbuh Timur, bersatu menggelar acara Khatam Qur’an di Masjid Muslimin, Sabtu dan Minggu (29/30/3). Kehadiran Walikota Riza Falepi dalam acara tersebut, membuat 38 santri, orang tua dan warga setempat senang dan beberbesar hati.

Kami sangat senang daan Pak Walikota Riza Falepi, meski dalam situasi libur panjang, tapi masih sempat  menghadairi acara khatam ini. Barubek latiah (terbayar letih) kami semua panitia, santri,  orang tua, dan masyarakat dalam menyiapkan alek khatam ini,” sebut Edwar tokoh masyarakat setempat.

Event religius itu berlangsung cukup meriah, melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Sepanjang Sabtu siang dilaksanakan pawai Taqruf melewati jalan utama di Kecamatan  Payakumbuh Timur  dan Payakumbuh Selatan. Pawai ini selain diikuti seluruh murid TPQ/TPSQ dan orang tua murid, dengan menggunakan tiga buah kendaraan odong-odong,  juga di iringi puluhan kendaraan dan sepeda motor lainnya.

Selain dihadiri Walikota, juga hadir  Sekcam Payakumbuh Timur Kefrinaldi, Lurah Padang Tangah Payobadar Yohanes Remena,  dan tampak juga sejumlah tokoh masyarakat Catur Virgo yang juga Caleg DPR RI, Edwar DF, Nasrul, Septin Melinda, para Ninik mamak, Bundo Kanduang serta generasi muda lainnya.

Ketua Panitia Muhardisen, melaporkan TPQ yang ambil bagian dalam kegiatan itu,  masing-masing  TPQ/TPSQ yaitu TPQ Masjid Muslimin, TPQ Mushalla Al Ikhlas Perumahan BTI dan TPQ Mushalla Al Hikmah Perumahan PTI Padang Tangah. Ditambahkannya untuk semaraknya kegiatan ini panitia menyediakan berbagai hadiah buah peserta Khatam dalam lomba membaca Al-quran selain itu juga dimeriahan dengan lomba memanjat batang pinang dan diiringi dengan Orkes Gambus.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi diawal sambutannya mengucapkan selamat pada santriwan /ti, orang tua dan panitia serta memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya perayaan khatam Al-qur’an tersebut sedemian rupa.

Khatam Alquran ini telah ikut membantu  program Pemko, yaitu mewajibkan anak-anak bisa  membaca Al-quran dan setelah Khatam ini jangan berhenti membaca Al-quran tetapi justru jadikan sebagai awal untuk lebih mendalami isi kandungan Al-quran.

Lebih jauh Walikota meminta agar selalu membaca Al-quran tiap hari agar menjadi anak yang sholeh dan sholeha. Kita berharap dalam tujuan pendidikan kita seluruh anak-anak kita di Payakumbuh menjadi anak yang berkarakter Agama yang kuat yang berakhlak mulia, ujar Walikota.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img