25 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Wali Kota Riza : Apakah Masih Efektif Jualan Saat Lebaran?
W

Payakumbuh,Beritasumbar.com,– Wali Kota Riza Falepi memberlakukan penutupan pasar saat lebaran (hari raya idul fitri) dan beberapa hari ke depan setelahnya yaitu 23 hingga 29 Mei 2020. Banyak muncul pertanyaan kenapa pasar tidak ditutup sebelum itu, dan adanya kelonggaran pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan.
Riza Falepi balik mengajukan pertanyaan, Riza mempertanyakan apakah masih efektif berjualan saat lebaran?
“Kalau sebelum lebaran kita maklum dan silahkan berjualan,” kata Riza Falepi kepada media via telepon seluler, Kamis (21/5).

baca juga: Konsumsi Daun Kelor (Moringa oleifera Lam) Untuk Meningkatkan 
Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19

Tujuan Riza menutup pasar tentu jelas, beberapa hari sebelum lebaran, masyarakat begitu ramai berbelanja kebutuhan lebaran dan sudah menjadi tradisi ini dikhawatirkan akan meninggalkan Virus Corona di pasar. Perlu disterilkan sesaat untuk memutus rantai penyebaran virus.
“Kita sangat sayangkan malah ditanggapi dengan bahasa yang seolah- olah pemerintah ini seenaknya bertindak. Lagian sumber virus corona di Payakumbuh awalnya juga dari pasar. Lebih dibutuhkan kerja Ikatan Pedagang Pasar Payakumbuh (IP3) hari ini bersama gugus tugas membangun sistem penjagaan yang lebih baik, termasuk menjaga pasar kita steril, membangun disiplin pedagang, bukan sebaliknya pasar malah jadi pusat penyebaran virus,” ungkap Wako Riza tegas.
Ditambah lagi dari pantauan media saat ini, juga banyaknya warga kabupaten atau daerah tetangga yang berbelanja. Sedangkan dengan tracking kasus disana yang dinilai Riza agak minim, tentu dikhawatirkan banyak orang tanpa gejala (OTG) berkeliaran di pasar Payakumbuh.
“Saya ingatkan kepada seluruh pihak, tolong sayangi nyawa kita jangan sampai hilang akibat Covid-19 daripada sekedar mencari untung dagang saja yang tentu nggak sebanding. Segala sesuatu kita putuskan untuk kebaikan bersama dan membutuhkan kecepatan, harap maklum,” kata Riza Falepi.(humas)

Baca juga: Pedagang Ricuh Dipasar Karena PSBB, Ini Kata Wako Riza Falepi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.
- Advertisement -

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.
- Advertisement -