28.1 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Wako Ingin Rendang Go Internasional.
W

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com ,- Pemko Payakumbuh serius menjadikan rendang sebagai icon Kota Payakumbuh kedepan. Rendang dinilai memiliki daya saing yang kuat untuk menjadi brand image nya kota Payakumbuh bahkan Indonesia kedepan.
Hal itu diungkapkan oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi saat mendampingi Deputi Pengembangan Wilayah II, Kementerian Perindustrian RI, Busharmaidi bertemu dengan puluhan pengusaha Industri Kecil Menengah (IKM) se Kota Payakumbuh. Pertemuan berlangsung di Bakinco Resto, Kelurahan Koto Tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat pada, Selasa (10/4).
Dikatakan Walikota Riza Falepi,  dirinnya bersama Wawako, Erwin Yunaz senantiasa berfikir dan mencari kiat bagaimana kemakmuran dan kesejahteraan  warga Payakumbuh bisa terus ditingkatkan.
“Challege (tantangan-red) saya adalah bagaimana kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat kota terus tumbuh dan berkelanjutan. Bisa ngak kemakmuran Payakumbuh melesat jauh melebihi daerah lain di Indonesia,” ujar Wako Riza diawal sambutannya.
Dikatakan Riza, untuk bisa maju, suatu daerah harus memiliki icon dan brand image tersendiri yang memiliki daya saing di level nasional dan internasional.
“Saya fikir kita harus memulainya dengan membangun daya saing, membangun daya saing itu harus fokus. Jangan terlalu banyak produk, nah saya lihat rendang bisa kita jadikan produk Payakumbuh yang memiliki daya saing kuat sampai ke level internasional,” jelas Wako Riza.
Ditambahkan, setiap negara maju memiliki icon produk yang diasosiasikan kepada negara tersebut. Ketika berbicara sebuah negara ada asosiasi tertentu yang langsung disematkan publik.
“Misalnya Jepang diasosiasikan dengan Toyota, Jerman dengan Mercedes, Amerika dengan Apple dan Italia dengan Hugo Bross dan Prada, kalau Indonesia saat ini asosiasi diluar negeri adalah Indomie. Kalau bisa itu kita rubah dengan produk kita yaitu rendang. Jadi kalau bicara tentang Indonesia orang terasosiasi dengan rendang, dimana rendangnya, ya di Payakumbuh,” ujar Wako Riza memotivasi peserta.
Dijelaskan, untuk mewujudkan keinginan itu, Pemko Payakumbuh menggelontorkan dana tidak sedikit bekerja keras membangun Sentra Rendang. Dengan berdirinya sentra rendang, seluruh pengusaha rendang bisa berkumpul di sana, sehingga kualitas dan mutu produk bisa dijaga.
“Rendang Payakumbuh mesti go internasioal. Bila kita bisa memperbesar produksi dan memperluas marketing, tidak sedikit pendapatan yang bisa diperoleh oleh para pengusaha. Bila satu kaleng rendang saja dihargai lima ribu rupiah, bayangkan bila produksinya bisa mencapai sepuluh juta kaleng,” urai Riza.
Walikota optimis rendang bisa menjadi seperti produk susu nestle nya negara Swiss yang keuntungan bersih pertahunnya mencapai setara 700 trilyun rupiah dan berkontribusi kepada pajak negara sebesar 300 trilyun rupiah.
“Negara Swiss itu kecil, kurang lebih sebesar Sumatera Barat, dari produk susu Nestle saja mereka bisa dapat perolehan pajak hingga 300 trilyun pertahun, kita ingin produk rendang kita juga seperti itu. Kita sudah bangun pabrik pengalengan rendang, kita segera bangun sentra rendang, pangsa pasarnya cukup luas, yaitu jamaah haji dan umrah diseluruh dunia, jadi mimpi memiliki PAD satu trilyun itu tidaklah muluk-muluk,” ujar Riza optimis.
Riza meminta keseriusan dan dukungan seluruh pihak, khususnya para pengusaha rendang di Kota Payakumbuh untuk mewujudkan mimpi besar tersebut.
“Mari bersama mewujudkan rendang sebagai icon baru Kota Payakumbuh. Kedepan Ikon Payakumbuh Kota Batiah kita rubah mejadi Payakumbuh Kota Rendang, dan semoga menjadi asosiasi negara Indonesia di luar negeri,” pungkas Riza.(*/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.
- Advertisement -

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)

Efendri Eka Saputra Sukses Memasyarakatkan Jaksa

Sijunjung,BeritaSumbar.com,-Meskipun baru menjabat 3 bulan sebagai Kepala Kejari Sijunjung, nama Efendri Eka Putra tidak asing lagi di telinga masyarakat Sijunjung.
- Advertisement -

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

13 Pelaku Usaha Di Kota Payakumbuh Terima Sertifikat Halal

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Penyerahan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI yang diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Ramza Husmen kepada 13 pelaku usaha pangan di Kota Payakumbuh disaksikan oleh Kadis Nakerin Kota Payakumbuh diwakili Sekretaris Dinas Andiko Jumarel dan Ketua MUI Kota Payakumbuh Mismardi di Mushala Baiturahman Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, Jumat (18/6).

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).

Pulang Kampung, Gonjong Limo Bandung Salurkan Bansos Di Kecamatan Luhak Dan Payakumbuh Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gonjong Limo (G5) merupakan salah satu Perkumpulan perantau asal Luak Limopuluah di berbagai kota di Luar Sumbar. Salah satunya di Kota Bandung Jawa Barat. Gonjong Limo yang ada di Bandung ini selain wadah berkumpul dan menjalin silaturahmi sesama perantau asal Luak Limo puluah juga menggalang dana sosial untuk warga tidak mampu. Penggalangan dana melalu bidang Rumah Zakat Gonjong Limo.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...
- Advertisement -