29 C
Padang
Jumat, Maret 5, 2021
Beritasumbar.com

Wako Ajak Seluruh Unsur Edukasi dan SosialisasiTerkait Masalah Covid-19 Ditengah Masyarakat
W

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Walikota H. Riza Falepi, mengaku prihatin, menyaksikan warga kota yang mulai lengah dengan protokol kesehatan, di tengah pandemi Covid-19. Selaku Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 di Payakumbuh, walikota mengajak seluruh unsur gugus tugas, jangan pernah berhenti melakukan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat terkait Covid-19.
Ditemui awak media ini di Payakumbuh, Selasa (4/8), walikota menyebut data Covid-19 di Sumatera Barat cenderung memburuk dan membentuk cluster baru di tempat kerja pemerintahan. Walikota tidak menginginkan, di antara warga kota yang terserang Covid-19. Apalagi sampai meninggal dunia.
“Jangan ada tangis warga akibat terpapar Covid-19 di Payakumbuh,” tegas walikota.
Dikatakan, berdasarkan data gugus tugas provinsi, kasus tertinggi terjadi 31 Juli 2020, dengan 41 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Mayoritas, adalah pegawai pemerintah dan tenaga kesehatan. Senin kemarin, masih tercatat 15 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Total positif di Sumbar sudah mencatat 972 orang, sembuh 770 orang, meninggal 34 orang dan masih menjalani isolasi mandiri 168 orang.
Terkait dengan kasus dimaksud, Gubernur Irwan Prayitno dan Walikota Riza Falepi, sama-sama mengeluarkan surat edaran, agar semua ASN, karyawan BUMN/BUMD dan anggota TNI/Polri, setiap melakukan perjalanan keluar Sumatera Barat, wajib menjalani test SWAB.
Test SWAB secara gratis itu, wajib dilakukan, dalam rangka melindungi diri sendiri, keluarga, rekan sekerja dan masyarakat. Bagi yang melakukan perjalanan udara, SWAB dapat dilakukan di Bandara Internasional Minangkabau. Sedangkan, bagi yang berpergian melalui jalan darat dan laut, SWAB dilakukan di rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan pemerintah.
Berdasarkan data Covid-19 Sumatera Barat, bukti nyata, wabah virus corona deasase belum berakhir. Lakukanlah aktifitas kehidupan di era new normal secara disiplin. Terapkan protokol kesehatan, berupa menjaga jarak, pakai masker, selalu mencuci tangan pakai sabun serta hindari kerumunan.
Walikota Riza meminta Sekdako Rida Ananda untuk perintahkan seluruh pimpinan perangkat daerah, ikut berperan melakukan edukasi terkait Covid-19. Tempat-tempat pelayanan publik, harus diawasi secara ketat dalam penerapan protokol kesehatan.
“Begitu juga di tempat keramaian lainnya, seperti pusat perbelanjaan di Pasar Ibuah, pasar bertingkat, pasar modern, supermarket dan di objek wisata, juga harus diperketat pemakaian protokol kesehatan Covid-19 ini”, simpul walikota dua periode ini. (Relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Pimpin Apel Gabungan Perdana

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri memimpin apel gabungan perdana di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Selasa, (2/3/2021).
- Advertisement -

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...
- Advertisement -

Warga Transmigrasi Padang Tarok SP 1 Dapat Pelatihan Keterampilan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Untuk peningkatan nilai ekonomis produksi lahan perkebunan warga transmigrasi Padang Tarok SP 1 Kecamatan Kamang Baru kabupaten Sijunjung, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sumbar melakukan pelatihan keterampilan bagi warga transmigrasi. Adapun pelatihan yang diselelenggarakan Dinas Trans Sumbar ini kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian.

Aktivis LIMAPIA Kecam Oknum Penyalahgunaan Jabatan di Sumbar

Indonesia pada tahun 2020 terjadi bencana yang sangat mempengaruhi siklus pertumbuhan baik di ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat sampai kepada hal pendidikan sebagai generasi penerus negara untuk bersaing dengan bangsa lainnya, tentunya hal ini tidak menjadi keinginan bersama. Oleh karena itu pemerintah pusat sampai kepada lembaga-lembaga lain bekerjasama mempercepat penanganan untuk keluar kasus corona ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...
- Advertisement -