32 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Vaksinasi Rabies Terkendala, Pemerintah Nagari Diminta Lahirkan Peraturan
V

Limapuluh Kota – Bahaya rabies hampir semua masyarakat sudah mengetahuinya. Namun kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan masih minim. Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencegah rabies dengan melakukan vaksinasi hewan peliharaan.

Rabies disebabkan oleh virus lyssaviruses, Virus ini ditularkan ke manusia melalui hewan yang sebelumnya telah terjangkit penyakit ini. Penyakit Rabies merupakan penyakit Zoonosa yang sangat berbahaya. Sebab bisa berujung pada kematian.

“Kita mendirikan posko di masing-masing jorong yang ada di nagari untuk melakukan vaksinasi. Sehingga warga bisa lebih dekat dan gampang membawa hewan peliharaan, anjing, kucing atau monyet untuk divaksinasi,”sebut Dokter Hewan, Novi kepada Wartawan,
Selasa(6/12/2016).

Empat orang petugas vaksinasi mendata jenis hewan, nama pemilik dan memberikan vaksinasi disetiap jorong di masing-masing nagari. Sayangnya tidak semua pemilik membawa anjingnya ke posko vaksinasi yang telah diumumkan seblumnya.

Kesadaran pemilik dalam upaya kesehatan hewan peliharaan masih minim. Sehingga dihimbau agar Pemerintah Nagari mampu mengajak masyarakat lebih peduli. Mengingat akan bahaya dan keganasan penyakit rabies.

“Dalam data yang ada pada kita, kasus gigitan anjing masih diatas 100 kasus lebih. Meski sudah turun dibandingkan tahun sebelumnya, namun targetnya tidak ada lagi kasus gigitan anjing dan rabies di LimapuluhKota,”ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Priyadi Budiman, menambahkan.

Masih lemahnya kesadaran masyarakat, saat ini dibuktikan dengan masih minimnya nagari yang sudah memiliki aturan khusus yang dibakukan dalam Peraturan Nagari (Perna) terkait pencegahan dan pemberantasan rabies.

“Seingat saya sudah ada nagari yang memiliki peraturan terkait pencegahan dan pemberantasan anjing gila. Baru ada dua nagari kalau tidak salah, yaitu nagari Simalanggang Kecamatan Payakumbuh dan Nagari Pandamgadang Kecamatan Gunuangomeh,”sebut Priyadi Budiman.

Padahal sejak tahun 2013, Pemkab limapuluh kota melalui Perda Nomor 10 tahun 2013 tentang penanggulangan dan Pemberantasan Rabies sudah dilahirkan sebagai payung hukumnya.

“Kita sangat berharap kepedulian dan kerjasama masyarakat dalam upaya penanggulangan rabies. Sebab terdata hingga saat ini, sebanyak 10 ribu lebih anjing di Limapuluh Kota, belum lagi kucing dan sejumlah monyet peliharaan,”tambah Kadisnak Keswan ini.

Biaya pengobatan rabies cukup mahal, kata Priyadi. Jika keluarga miskin atau keluarga mendekati miskin yang digigitnya, akan menjadi beban luar biasa bagi ekonomi keluarga.

“Coba bayangkan jika yang digigit adalah orang miskin, jika tidak peserta BPJS kesehatan tentu akan membutuhkan biaya tidak sedikit untuk pengobatannya,”pungkas Kadisnak Keswan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hampir Dipastikan Peternak Ayam Petelur Kabupaten Tanah Datar Gagal Bayar Kredit Bank

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Situasi harga pakan yang tinggi dan anjloknya harga jual telur, membuat para peternak di Kabupaten Tanah Datar hampir dipastikan gagal dalam pembayaran cicilan kredit Bank.
- Advertisement -

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Kemenkominfo RI Sentuh Warga Solsel melalui Literasi Digital dan Literasi Dakwah

Solok Selatan,BeritaSumbar.com, — Direktri Radio Citra Solok, Erna Yuliarti menjabarkan sifat yang harus diperhatikan dalam berinternet. Katanya, informasi yang akan diunggah akan sulit bisa dihapus.
- Advertisement -

DWP Kemenag Kota Padang Panjang Gelar Kajian Jum’at Berkah

Padang Panjang, beritasumbar.com - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang menggelar Kajian Jumat berkah, pada Jumat, (10/9) dan Kakankemenag setempat...

Wujudkan Manusia Beriman-Akhlak, Pemkab Limapuluh Kota Targetkan Setiap Nagari Miliki Rumah Tahfidz

Limapuluh Kota, beritasumbar.com  - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menargetkan setiap nagari atau desa adat di daerah tersebut memiliki rumah tahfidz, guna mewujudkan manusia...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.

Wujudkan Manusia Beriman-Akhlak, Pemkab Limapuluh Kota Targetkan Setiap Nagari Miliki Rumah Tahfidz

Limapuluh Kota, beritasumbar.com  - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menargetkan setiap nagari atau desa adat di daerah tersebut memiliki rumah tahfidz, guna mewujudkan manusia...

Tinjau Lahan Pembangunan Rest Area Ulu Aia, Ini Kata Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. lakukan kunjungan kerja peninjauan Rest area Ulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Gubernur menyampaikan pemerintah provinsi akan melakukan penataan kawasan kelok sembilan dan akan memberikan jaminan kepada pedagang agar tetap memperoleh pendapatan.

Peningkatan Hasil Produksi di Sektor Pertanian, Bupati Safaruddin Serahkan Alsintan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian tahap I sebanyak 53 dari 116 alat-alat pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari hibah Kementerian Pertanian RI diserahkan kepada kelompok tani penerima manfaat yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).

Kunjungi Kelok 9, Gubernur : Rest Area Ulu Aia Segera Direalisasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, melakukan kunjungan ke areal yang akan dijadikan rest area di Ulu Aia, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota, Senin (13/9/21).

Wujudkan Keluarga Samawa, 30 Pasang Catin Ikuti Bimwin

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Hotel Muhammadiyah A. Muin Saidi Kota Padang Panjang, Senin (13/09/2021)

Sonsong Porprov 2022 , KONI 50 Kota Akan Gelar Rakor

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Meski pun Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) Sumatera Barat akan ditabuh tahun 2022 mendatang, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sudah memasang ancang-ancang untuk bisa tampil sukses pada ajang olahraga dua tahunan yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman 2022 mendatang.
- Advertisement -