28.1 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Vaksinasi Rabies Terkendala, Pemerintah Nagari Diminta Lahirkan Peraturan
V

Limapuluh Kota – Bahaya rabies hampir semua masyarakat sudah mengetahuinya. Namun kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan masih minim. Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencegah rabies dengan melakukan vaksinasi hewan peliharaan.

Rabies disebabkan oleh virus lyssaviruses, Virus ini ditularkan ke manusia melalui hewan yang sebelumnya telah terjangkit penyakit ini. Penyakit Rabies merupakan penyakit Zoonosa yang sangat berbahaya. Sebab bisa berujung pada kematian.

“Kita mendirikan posko di masing-masing jorong yang ada di nagari untuk melakukan vaksinasi. Sehingga warga bisa lebih dekat dan gampang membawa hewan peliharaan, anjing, kucing atau monyet untuk divaksinasi,”sebut Dokter Hewan, Novi kepada Wartawan,
Selasa(6/12/2016).

Empat orang petugas vaksinasi mendata jenis hewan, nama pemilik dan memberikan vaksinasi disetiap jorong di masing-masing nagari. Sayangnya tidak semua pemilik membawa anjingnya ke posko vaksinasi yang telah diumumkan seblumnya.

Kesadaran pemilik dalam upaya kesehatan hewan peliharaan masih minim. Sehingga dihimbau agar Pemerintah Nagari mampu mengajak masyarakat lebih peduli. Mengingat akan bahaya dan keganasan penyakit rabies.

“Dalam data yang ada pada kita, kasus gigitan anjing masih diatas 100 kasus lebih. Meski sudah turun dibandingkan tahun sebelumnya, namun targetnya tidak ada lagi kasus gigitan anjing dan rabies di LimapuluhKota,”ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Priyadi Budiman, menambahkan.

Masih lemahnya kesadaran masyarakat, saat ini dibuktikan dengan masih minimnya nagari yang sudah memiliki aturan khusus yang dibakukan dalam Peraturan Nagari (Perna) terkait pencegahan dan pemberantasan rabies.

“Seingat saya sudah ada nagari yang memiliki peraturan terkait pencegahan dan pemberantasan anjing gila. Baru ada dua nagari kalau tidak salah, yaitu nagari Simalanggang Kecamatan Payakumbuh dan Nagari Pandamgadang Kecamatan Gunuangomeh,”sebut Priyadi Budiman.

Padahal sejak tahun 2013, Pemkab limapuluh kota melalui Perda Nomor 10 tahun 2013 tentang penanggulangan dan Pemberantasan Rabies sudah dilahirkan sebagai payung hukumnya.

“Kita sangat berharap kepedulian dan kerjasama masyarakat dalam upaya penanggulangan rabies. Sebab terdata hingga saat ini, sebanyak 10 ribu lebih anjing di Limapuluh Kota, belum lagi kucing dan sejumlah monyet peliharaan,”tambah Kadisnak Keswan ini.

Biaya pengobatan rabies cukup mahal, kata Priyadi. Jika keluarga miskin atau keluarga mendekati miskin yang digigitnya, akan menjadi beban luar biasa bagi ekonomi keluarga.

“Coba bayangkan jika yang digigit adalah orang miskin, jika tidak peserta BPJS kesehatan tentu akan membutuhkan biaya tidak sedikit untuk pengobatannya,”pungkas Kadisnak Keswan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.
- Advertisement -

Kakankemenag Raih Penghargaan Inovasi SELALU SAMAWA dari Walikota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang hadiri Launching Inovasi dan Pemanfaatan Data Kependudukan program Disdukcapil Kota Padang Panjang yang dibuka langsung oleh Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran sekaligus menerima Piagam Penghargaan Inovasi SELALU SAMAWA bersama seluruh jajaran Forkopimda di di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Kamis (17/06/2021)

Tebing Sunga Tergerus, Tiga Rumah Dan Satu Masjid Terancam Roboh Di Sijunjung

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Kantor Walinagari, Tiga Rumah Penduduk dan masjid Baitul Makmur Nagari Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, terancam roboh karena bangunan ini berdiri dipinggir sungai, tergerus oleh aliran Batang Palangki, kata Walinagari Mundam Sakti Dayusmar, diruang kerjanya dihadapan komisi ll DPRD, sekretarus Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, Jumat (18/6) Untuk itu kami perlu melaporkan kondisi ini kepada Komisi ll DPRD serta Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, sebelum terjadi musibah bagi warga Mundam Sakti.
- Advertisement -

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)

13 Pelaku Usaha Di Kota Payakumbuh Terima Sertifikat Halal

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Penyerahan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI yang diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Ramza Husmen kepada 13 pelaku usaha pangan di Kota Payakumbuh disaksikan oleh Kadis Nakerin Kota Payakumbuh diwakili Sekretaris Dinas Andiko Jumarel dan Ketua MUI Kota Payakumbuh Mismardi di Mushala Baiturahman Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, Jumat (18/6).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Dengan Tekan Angka Putus Sekolah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Limapuluh Kota lakukan pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) secara Top Down dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari. Dari 79 nagari dalam sebaran 13 kecamatan yang ada sudah 10 kecamatan yang layak anak. Pengembangan tersebut dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan di 79 Nagari. Sudah ada 52 nagari berkomitmen untuk menciptakan Nagari Layak anak.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Safaruddin: Harus Gerak Cepat

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com, - Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah yang mendapatkan penghargaan Kampung Adat Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (20/5/2021) lalu, kembali mendapatkan undangan resmi dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk mengikuti acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021

Diskominfo Lima Puluh Kota Ikuti Webinar Penanganan Stunting

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Diskominfo Lima Puluh Kota mengikuti webinar akselerasi program penanganan stunting di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan dukungan perguruan tinggi khususnya dimasa covid-19 secara virtual di Aula Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota, Kamis, (27/05/2021).

Badan Keuangan Lima Puluh Kota Sosialisasikan E-Persuratan

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Dalam rangka mendukung kebutuhan pengolahan data yang dilakukan secara cermat, cepat dan teratur untuk mendapatkan hasil informasi yang akurat relevan dan tepat waktu terutama pada instansi Pemerintah.
- Advertisement -