Sebanyak 1704 peserta hari ini, Rabu (5/11) mulai melaksanakan ujian CPNS Pemko Padang berdasarkan shift untuk memperebutkan 30 kursi di 14 formasi. Pelaksanaan yang dilakukan di Ruangan Computer Assisted Cat (CAT) Balai Kota Padang ini, dilihat langsung oleh Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah, Wakil Walikota Emzalmi, Asisten III Corri Saidanbersama Ketua DPRD Padang, Erisman dan Muspida kota ini.

Sebelum peserta memulai ujian, Walikota Mahyeldi menyampaikan selamat ujian kepada seluruh peserta. Meski dari 1704 peserta yang bersaing, hanya 30 orang yang diterima, diharapkan tidak menyebabkan pesimis bagi masing-masing peserta. Lalu, terkait penerimaan CPNS Pemko tahun 2014 ini, merupakan bagian dalam pengelolaan negara dan pengelolaan daerah secara transparansi yang harus ditingkatkan. Kemudian juga sama-sama diketahui, dalam penerimaan CPNS Kota Padang, menggunakan sistem CAT. Sistim ini sangat bagus, karena tidak ada bersentuhan dengan calon dan hasilnya pun bisa diketahui langsung seluruh peserta.

“Jadi, upaya-upaya yang kita lakukan terhadap ujian CPNS yang bekerja sama dengan BKN RI, nanti akan menghadirkan PNS yang berkualitas. Sehingga, di masa-masa yang akan datang, isu-isu negatif seperti adanya peserta titipan atau hal-hal yang kurang positif dalam penerimaan CPNS tidak ada lagi. Untuk itu, kita semua berharap, mudah-mudahan insya allah sistem ujian melalui CAT ini, juga mampu diikuti oleh pihak-pihak lainnya dalam penerimaan CPNS,” imbuhnya.

Kemudian, melihat ujian CPNS dengan sistem CAT, menurut Mahyeldi juga tak kalah perlunya jika dilakukan bagi setiap partai politik dalam melihat calon -calon legislatif ke depannya. Sebab, sistem ini dinilai tepat dan disinalir akan menghadirkan kepengurusan partai politik atau calon anggota dewan nanti yang memiliki kualifikasi.

“Sehingga, setiap pihak yang lulus dalam tes ini akan menjadi pengelola-pengelola negara yang berkualitas dan semakin baik lagi,” tuturnya.

Setelah itu, Kepala BKD Kota Padang, Asnel ketika ditemui menerangkan, ujian CPNS kali ini memiliki ambang batasnya dengan salah satu peserta jika tidak melewati salah satu ujian maka peserta otomatis ia akan gagal. Sedangkan, Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini menjadi sarat mutlak menjadi CPNS. Dimana, pelamar harus mempersiapkan dan menguasai tiga materi pokok yakni, wawasan kebangsaan, intelegensi umum dan skala kematangan (karakteristik pribadi).

“Jadi, berdasarkan surat keputusan BKN RI, BKD Kota Padang hanya menerima 30 orang. Ujian dimulai dari Rabu (5/11) sampai Selasa (11/11) mulai dari 07.30 WIB sampai selesai dan satu hari hanya 5 shift dengan maksimal 50 peserta,” terang Asnel.

Lalu, Asnel juga meyakinkan tidak ada sedikitpun kecurangan, karena ujian ini menggunakan sistem CAT yang sama diketahui dari awal pelaksanaan hingga sampai pengumuman hasil bisa dilihat langsung oleh peserta. Kemudian perihal kehadiran peserta di ujian awal ini, Asnel mengatakan hari ini kehadiran peserta pada shif pertama menemukan satu peserta yang tidak hadir, kemudian shift kedua dua orang dinyatakan tidak hadir tanpa keterangan. (david humas)

loading...