27 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Udara Sawahlunto Turun ke Level Tidak Sehat
U

Kategori -

Sawahlunto, 13/10 – Indeks Standar Pencemaran Udara Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, kembali turun ke level tidak sehat akibat kabut asap sejak dua hari terakhir.

“Karena itu aktivitas di luar ruangan seperti berolahraga masih tetap tidak disarankan serta diimbau selalu menggunakan masker,” kata kata Kepala Bidang Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Sawahlunto Iwan Kartiwan, Selasa.

Menurutnya, mulai menipisnya konsentrasi kabut asap diketahui dari hasil pengukuran kualitas udara yang dilakukan pihaknya sepanjang Senin (12/10), yakni 320 pada satuan PPM atau sebanding dengan angka 185 pada indeks standar pencemaran udara (ISPU).

Konsentrasi kandungan pencemaran udara tersebut masih melebihi ambang baku mutu dan berada pada kategori tidak sehat berdasarkan kepada keputusan kepala Bapedal nomor 107 tahun 1997 tentang perhitungan dan pelaporan serta informasi indeks standar pencemaran udara.

“Dalam aturan tersebut dijelaskan tentang pengaruh ISPU untuk setiap parameter pencemar, yang mana pada angka indeks 101 sampai 199 dikategorikan tidak sehat,” kata dia.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktifitas pembakaran yang dapat memicu turunnya kualitas udara akibat peningkatan konsentrasi kabut asap.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Sawahlunto meliburkan siswa Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar sehubungan dengan semakin memburuknya kualitas udara akibat kabut asap yang mengepung kota itu.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto Marwan di Sawahlunto, Rabu(7/10), keputusan itu diberlakukan mulai Rabu (7/10) hingga Sabtu (10/10) dan apabila kabut asap sudah mulai turun ke level yang lebih rendah maka secara bertahap akan kembali bersekolah sesuai tingkatan kelasnya.

“Hal itu merupakan tindak lanjut atas hasil pemantauan kualitas udara ‘ambient’ oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto yang menyatakan bahwa indeks standar polusi udara (ISPU) di kota ini telah mencapai kategori berbahaya berdasarkan Keputusan Kepala Bapedal Nomor 107 tahun 1997,” ujarnya.

Sementara murid Sekolah Menegah Pertama dan Atas tetap bersekolah seperti biasa namun tidak diperbolehkan melaksanakan aktivitas belajar dan mengajar di luar ruang kelas serta wajb menggunakan masker. (Ant/Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.
- Advertisement -

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Panitia ASN Berkurban 1442 H Kota Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan

Sukses dalam pelaksanaan ASN Berkurban tahun lalu serta lebih terkoordinirnya untuk pelaksanaan ibadah kurban tahun 2021, panitia ASN berkurban 1442 H melaksanakan rapat persiapan di ruangan Sekretaris Daerah, Selasa (19/01).
- Advertisement -

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Panitia ASN Berkurban 1442 H Kota Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan

Sukses dalam pelaksanaan ASN Berkurban tahun lalu serta lebih terkoordinirnya untuk pelaksanaan ibadah kurban tahun 2021, panitia ASN berkurban 1442 H melaksanakan rapat persiapan di ruangan Sekretaris Daerah, Selasa (19/01).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -