25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tuntut Realisasi Pembangunan Jalan, Ratusan Masyarakat Jorong Kubang Balambak Dan Sungai Data Datangi kantor Bupati
T

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Ratusan masyarakat dari Jorong Kubang Balambak Nagari Koto Tinggi Kec. Mungka dan Jorong Sungai Data Nagari Harau Kecamatan Harau Limapuluh Kota Datangi kantor Bupati Limapuluh Kota. Mereka datang dengan menumpang Belasan mobil pick up dan puluhan sepeda motor.

Masyarakat 2 jorong yang beda kecamatan ini berangkat bersama dari Hulu Aia pada pagi Senin 24/9. Sekitar jam 10.45 wib mereka sampai di bukik Limau. Sebelum memasuki kantor bupati, rombongan melakukan orasi di halaman kantor bupati. Dalam orasinya mereka meminta untuk bisa bertemu Bupati Limapuluh Kota dan Ketua DPRD Setempat. Sayang kedua petinggi Limapuluh kota sedang tidak berada di tempat.
Dalam orasinya masyarakat Koto Tinggi Kubang Balambak meminta melalui kepala daerah dan wakil rakyat di DPRD segera merealisasikan dana APBD yang sudah dianggarakan 1 Milyar di tahun 2018 ini.
“Tapi anggarannya sudah dianggarkan kenapa masih belum juga dikerjakan jalan kami. Untuk itu kami hadir disini untuk menagih janji bapak-ibu semua, karena kami butuh bukti bukan janji,” ujarnya.

“Sudah 73 tahun Indonesia merdeka tapi jalan ke kampung kami masih saja jalan tanah, untuk itu kami perlu penjelasan kepala daerah ini. Jika keinginan kami tidak terealisasi tahun ini maka kami masyarakat Kubang Balambak, Koto Tinggi dan Sungai Data tidak akan ikut pemilu pada tahun 2019 karena kami kecewa dengan pemerintah,”ancamnya.
Pihaknya juga meminta agar Pemkab segera memberikan perhatian kepada Sungai Data dan Koto Tinggi Kubang Balambak yang jaraknya begitu dekat dengan pusat pemerintahan.

Pihak kepolisian dari Polres Limapuluh Kota yang mengawal dari berangkatnya massa sampai di kantor bupati mencoba menawarkan untuk duduk bersama di aula kantor Bupati. Massa menerima dan lansung masuk dengan tertib menuju lantai 2 gedung BA 1 C tersebut.
Diaula mereka ditunggu oleh Asisten 2 Fitma Indrayani, Kadis PU Yunere Yunirman, Kepala Badan Keuangan, Irwandi.
Baca juga: DCT Anggota DPR RI Dari Sumatera Barat 1 Dan 2
Kepada massa dua jorong ini Yunere menyampaikan untuk pembangunan jalan tersebut, 980 juta tertuang untuk pembangunan Kubang Balambak, namun sayangnya sepanjang 3,3 kilo sampai dari titik awal pembangunan kondisinya sangat parah.
“Jadi untuk tahun ini, kita kerjakan dulu ruas jalan yang begitu parah yang panjangnya mencapai 3,3 Km, untuk kelanjutannya pembangunan fisik yang mencapai 980 juta kita lakukan tender pada tahun 2019,” ungkapnya.
Sedagkan secara anggaran, Kepala Badan Keuangan, Irwandi menyebutkan kepala dinas PU sudah menyurati tim anggaran daerah. “Konsep yang disampaikan sudah pada tahap penyususunan rancanangan APBD,” ungkapnya.

Dikatakannya, pihaknya sudah merencanakan pembangunan jalan ini sejak tahun 2016 lalu. “Tentunya dengan kemampuan keuangan kita, target kita 2021 ruas jalan Kubang Balambak ini selesai dibangun,” ungkapnya.
Hingga berita ini diturunkan, ratusan masa tersebut masih bertahan dikantor bupati, mereka menuntut agar bisa bertemu langsung dengan Bupati Limapuluh Kota, beserta pimpinan DPRD lainnya.(red)
baca juga: Dari Kantor Bupati Warga Kubang Balambak Dan Sungai Data Datangi Gedung DPRD Limapuluh Kota

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img