23 C
Padang
Minggu, September 19, 2021
Beritasumbar.com

“Trinda Farhan Menyelami Visi Mulia Agam Madani Aristo Munandar”
&

Kategori -

Oleh Syaddam Anelka Abdillah

Siapa yang tak kenal dengan Nama yang satu ini, Seorang Bupati yang ramah, mudah senyum dan dekat dengan seluruh kalangan Masyarakat Kab Agam. itu semua karakter yang masih melekat di memori kita kalau disebutkan nama beliau.

Banyak hal besar yang telah diperbuatnya serta prestasi demi prestasi yang dipersembahkan semasa menjabat, sebagai orang nomor satu di Kabupaten Agam pada saat itu, salahsatu hal hebat yang dilakukanya yaitu melahirkan sebuah Visi besar dan Mulia untuk kampungnya tercinta. Visi tersebut sangat akrab ditelinga orang Agam yaitu Menuju Agam Mandiri, Berprestasi dan Madani.

Kata Madani ini bukanlah bahasa yang sembarangan, karena pada dasarnya Madani merupakan harapan besar menjadikan Kabupaten Agam layaknya Madinah sebagai Puncak peradaban dan akhlak terbaik Umat Islam. Ini menunjukkan betapa dalam dan Visionernya Bapak Aristo Munandar menanamkan Pondasi dengan harapan Kabupaten Agam bisa seperti Madinah Almunawarah, dimana setiap sudut kampung yang didengarkan bahasa-bahasa kebaikan serta akhlak yang baik, tolong menolong, surau-surau hidup serta banyak lahirnya Ulama dan Hafidz Qur’an, jika ini terwujud maka akan Allah turunkan keberkahan dari langit dan bumi untuk Kabupaten Agam.

Namun sangat disayangkan setelah Visi mulia ini digagas oleh bapak Aristo Munandar tidak adalagi yang mampu memahami isi dari visi tersebut, kemudian beberapa periode berjalan dimasa Cucunya Buya Hamkalah yaitu Trinda Farhan Satria yang mendalami dan Paham bahwa Visi ini sangat mulia. Sehingga berangkat dari itu beliau mengambil langkah untuk menjalankan harapan dari Aristo Munandar dengan gerakan Nagari Madani, memulai Harapan Agam Madani dari Nagari-nagari di Kabupaten Agam.

Hal ini merupakan angin segar dan harapan besar dari Pondasi awal yang digagas oleh Aristo Munandar dan direalisasikan oleh Trinda Farhan Satria dengan tujuan yang sama yaitu Menuju Agam yang Madani. Pada dasarnya Visi Orang hebat hanya bisa dipahami dan dijalankan oleh orang hebat juga, Visi orang yang taat hanya bisa dipahami dan dijalankan oleh orang yang serupa.

Bagi seorang pemimpin yang dikenal taat dan dekat dengan Allah swt, tidak ada harapan yang paling tinggi disematkan dalam hatinya kecuali bisa bermanfaat bagi orang banyak walaupun sudah tidak di Dunia ini lagi, jika Pondasi Agam Madani ini berhasil direalisasikan oleh Trinda Farhan Satria dan dimaksimalkan jika terpilih menjadi Bupati Agam untuk periode kedepan, maka Aristo Munandar telah menabung Amal Jariah untuk kehidupan abadinya kelak.

Setiap aturan kebaikan yang terlahir dari pondasi Agam Madani yang digagas oleh beliau akan terus melahirkan amal pahala kebaikan yang tak putus-putus kepada sang penggagas ide, amal ini yang dikatakan dalam Hadits Rasulullah saw dengan sebutan Amal Jariyah.

Namun jika pemimpin yang terpilih kedepan bukan orang yang paham dengan Visi Agam Madani tersebut, maka pondasi hanya tinggal pondasi, rumah baru yang akan didirikan bisa jadi bukan dipondasi yang lama, selamat tinggal cita mulia Menuju Agam Madani.(RD)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tinjau Pasar Bawah yang Terbakar, Marfendi Minta Masyarakat Agar Berprasangka Positif

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah sebelumnya Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi bersama Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meninjau Pasar Bawah pasca kebakaran pada Sabtu (11/9/2021) dini...
- Advertisement -

Matangkan Persiapan MTQ, Panitia Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga pimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Persiapan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Rabu (15/09/2021)

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.
- Advertisement -

Partai Gerindra Gelar Vaksinasi Massal, Reki: Dosis untuk 5.000 Orang

Bukittinggi, beritasumbar.com - Menindaklanjuti intruksi DPD Gerindra Provinsi dan pemerintah, DPC Gerindra Bukittinggi gelar vaksinasi massal. Vaksinasi tersebut dipusatkan di kantor Gerindra jl by...

Saat PLEK, Poktan Diminta Catat Biaya-Usaha Tani

Sijunjung, beritasumbar.com - Tenaga Ahli (TA) keuangan pedesaan IPDMIP Regional  II, Sri Sumaryani meminta peserta Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan (PLEK) membiasakan diri mencatat biaya...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.

Cara Bijak Memaksimalkan Marketplace Online Dibahas di Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Pandemi membuat masyarakat membeli seluruh kebutuhannya melalui online di marketplace. Barang yang paling banyak dicari di e-commerce ialah, pakaian dan produk kecantikan, elektronik, serta travel dan akomodasi.

Warga Agam Diminta Pahami Rekam Jejak Era Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Psikolog dan Dosen Universitas Presiden, Grace Amin membeberkan bahwa rekam jejak digital di internet berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Asal Klik di Internet, Ini Penjelasan Pakar Informatika Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Guru Informatika SMAN 1 Lubuk Basung, Wery Milasari, meminta masyarakat untuk tidak asal-asalan dalam membuka situs internet.

Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi Pada Kelompok Lansia MELATI di Nagari Sungai Buluh Selatan

Tingkat kematian kelompok lansia yang terinfeksi COVID-19 memang merupakan yang tertinggi dibandingkan kelompok usia lainnya. Populasi lanjut usia, terutama yang berusia di atas 70 tahun, merupakan kelompok yang paling rentan terhadap penyakit COVID-19. Daya tahan tubuh yang melemah dan adanya penyakit kronis bisa meningkatkan risiko lansia terkena COVID-19 serta mengalami gejala yang lebih parah dan bisa berakibat fatal.

Dikukuhkan Sebagai Nagari Konstitusi, Zul Arfin: Jalan Lobi ke Pusat Terbuka Luas

Agam, beritasumbar.com -- Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, dikukuhkan sebagai nagari konsitusi, Sabtu (28/8/2021). Penetapan nagari Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi, melalui surat...

Mahasiswa KKN Unand Lakukan Pemasangan Lampu PJU Energu Surya di Lokasi Objek Wisata Panorama Balai Balai

Agam,BeritaSumbar.com,- Sebagai Karya Pengabdian Masyarakat , Mahasiswa KKN Unand Melakukan Pemasangan Lampu PJU Energi Surya Pada Objek Wisata “Panorama Balai Balai” di Jorong Salimpariak Nagari Padang Lua

Pengabdian TIM KUKERTA UNRI Nagari Kapau Lakukan Pendampingan Belajar Dengan Media Gameboard

Agam,BeritaSumbar.com,- Tim KUKERTA UNRI melakukan kegiatan pembelajaran dengan Media Gameboard pada jumat (6/8/2021) di Jorong Padang Canting, Kabupaten Agam , Sumatera Barat. Kegiatan ini menyasar siswa Sekolah Dasar ( SD ) yang berada dilingkungan sekitar.

Mahasiswa KKN Unand Sosialisasikan Pentingnya Hak Merek Bagi UMKM

Agam,BeritaSumbar.com,- Melek akan Pentingnya Hak Merek, Mahasiswa KKN Universitas Andalas Nagari Padang Lua Melakukan Sosialisasi Terkait dengan Pentingnya Hak Atas Merek Bagi Pelaku UMKM di Banuhampu

Fakultas Pertanian Unand Bangun Kawasan Konservasi Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum Becc.) merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 1 meter.
- Advertisement -