28 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Trik Aman Belanja Online Dikupas di Pasaman Barat
T

Kategori -
- Advertisement -

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Untuk menjaga masyarakat agar tidak menjadi korban penipuan di era digital, Kementerian Kominfo RI menghadirkan webinar di Pasaman Barat, (4/9).

Pemateri webinar, Dosen STP Bandung, Agung Ilham, menyebut belanja online sudah menjadi tren masyarakat perkotaan sampai ke kabupaten karena dirasakan sangat mudah, aman dan banyak promosinya.

“Tapi tetap saja akan ada peluang bagi para pelaku kejahatan untuk melakukan penipuan online,” katanya.

Agung menjelaskan walaupun menggunakan digital ada kelemahannnya seperti akan lebih boros dan rentan akan penipuan.

Rizky Ikhsan, selaku praktisi hukum menyebut pinjaman online (pinjol) atau nama lainnya Fintech, sedang marak di Indonesia.

“Harus ada perlindungan konsumen dan edukasi masalah fintech karena banyak yang terjebak dengan pinjol yang tidak terdaftar di OJK,” katanya.

Pembahasan di webinar ini tidak saja memaparkan tentang belanja online itu sendiri tapi juga membahas tentang etika komunikasi digital, dimana pelaku usaha online maupun konsumen tetap harus menjaga etika dalam bertransaksi.

Guru SMAN 2 Kinali, Tutut Astari, berharap belanja online jangan sampai merugikan salah satu pihak, contohnya adalah apabila barang yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan.

“Etika dalam dunia digital harus menghargai privasi orang lain, bahasa yang santun dan harus mengendalikan emosi,” kata Tutut.

Ketua Umum Badko HMI Sumbar, Wendi Juli Putra menyebutkan media sosial sebagai penguat demokrasi dimana salah satunya fungsi media sosial adalah sebagai sarana promosi, bukan hanya media untuk berpolitik dan menyalurkan aspirasi.

“Maka apabila ada usaha online, maka media sosial salah satu wadah yang cukup efektif dalam mempromosikan produk yang dijual,” katanya.

Sebaiknya, kata Wendi, apabila akan berbelanja online, sebaiknya bertransaksi di toko online yang dipercaya, gunakan pembayaran elektronik yang sesuai dan selalu waspada.

“cek dan recek penjual produk agar tidak menjadi korban penipuan,” katanya.

Key Opinion Leader oleh Bemby Noor seorang Influencer, Composer dan Producer di akhir webinar memberikan sharing session dengan menceritakan pengalamannya dalam belanja online.

“Lebih baik pilih toko online yang sudah dipercaya untuk menjadi pelanggan tetap,” pungkasnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img