25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Tingkatkan Produksi Pertanian, Banda Caciang Didam
T

Kategori -

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Trisno Widodo, masuk saluran irigasi banda caciang  (irigasi tersier), Selasa (20/1). Keduanya sama-sama memegang sendok semen, meletakkan batu pertama, tanda dimulainya Pencanangan Perbaikan Irigasi Nasional di  Payakumbuh. Di kota ini, pencanangan perbaikan jaringan irigasi itu mengambil tempat di hamparan sawah di Kelurahan Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara.

Tidak hanya Walikota dan Dandim, Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan  Kehutanan  (Distabunhut), Iqbal Bermawi, M.Si dan Camat Payakumbuh Utara Novriwandi, M.Si,  juga ikut masuk saluran irigasi, meletakkan batu pembangunan irigasi tersier  tersebut. Sementara itu, ratusan petani, anggota TNI jajaran Kodim serta staf Distabunhut ikut bergoro membersihkan saluran irigasi. Keterlibatan anggota TNI disambut hangat walikota dan petani dalam memajukan produksi pertanian di Payakumbuh.

Kegiatan pencanangan perbaikan irigasi, bagian dari komitmen Presiden Jokowi untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Di Payakumbuh, sebut Walikota Riza Falepi saat memberi sambutan, usaha peningkatan produksi hasil pertanian sejak dua tahun terakhir gencar dilakukan. Hasilnya, sejumlah kelompok tani di beberapa kecamatan sukses mengkatrol produksi dari sebelumnya 6,2 ton menjadi 9,8 ton/hektar. “Kita menargetkan, dalam setahun ini, seluruh keltan mampu berproduksi 10 ton/hektar,” tegas walikota.

Karena itu, untuk mencapai peningkatan produksi tersebut, seluruh jaringan irigasi banda caciang (tersier belum didam) di Payakumbuh,   ditingkatkan mutunya dalam bentuk pengedaman. Walikota Riza menegaskan, agar kegiatan pengedaman irigasi banda caciang ini  benar-benar berjalan sesuai harapan petani. “Alhamdulillah, pekerjaan kegiatan ini kita dibantu anggota TNI jajaran Kodim 0306/50 Kota,” ucap Riza dengan senang hati.

Di bagian lain, walikota memotivasi seluruh PPL dan jajaran Distabunhut untuk lebih gencar turun ke lapangan, menjalin komunikasi dengan petani.  Setiap keluhan petani, sikapi dengan cepat, dengan solusi yang tepat. Lakukan tindakan preventif untuk mengantisipasi setiap hama yang bakal menghadang, katanya.

Laporan Kepala Distabunhut Iqbal Bermawi,  luas sawah di Payakumbuh tercatat 2.776 hektar dengan produksi rata-rata 6 ton/hektar. Dari 2.776 hektar sawah itu, 90% di antaranya sudah dialiri irigasi primer dan sekunder. Hanya saja, kata Iqbal, sawah-sawah di Payakumbuh belum sampai 50% irigasi tersiernya yang sudah didam. Dampaknya, air tak maksimal mangaliri sawah petani. Dengan kegiatan pencanangan perbaikan irigasi itu, mudah-mudahan akan berdampak positif terhadap produksi padi di Payakumbuh.

Kegiatan pencanangan perbaikan irigasi itu dibiayai dana pusat Kementerian Pertanian sebesar Rp440 juta. Dana tersedia mampu menyelesaikan irigasi tersier seluas 400 hektar. Pemerintah pusat menjanjikan, pada APBN-P 2015, Payakumbuh akan mendapat suntikan dana lagi untuk perbaikan irigasi tersier seluas 800 hektar.

Terkait dengan kegiatan ketahanan pangan, Dandim Trisno Widodo, juga melaporkan, pihaknya tengah melakukan demplot jagung di Kelurahan Talawi seluas 1 hektar. Targetnya, tanaman jagung hybrida percontohan itu akan mampu berproduksi 10 ton per hektar. “Kita optimis target dimaksud tercapai, karena pola tanamnya diiringi dengan sentuhan tekhnologi pertanian,” sebut dandim.

Dari 9.650 meter panjang irigasi tersier baru mampu mengaliri  2.751 hektar sawah. Sisanya, 25 hektar lagi masih sawah tadah hujan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -