23 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tingkatkan Literasi Edukasi Keuangan, 12 Pasutri Petani Ikuti PLEK IPDMIP
T

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Sebanyak 12 pasangan suami istri (pasutri) petani mengikuti Pelatihan Literasi Edukasi Keuangan (PLEK) di Ruang Pertemuan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) IV Nagari, Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, Senin, (6/9).

Pasutri yang  mengikuti pelatihan ini merupakan Ketua Kelompok Tani (Poktan) Binaan BPP Kecamatan IV Nagari dan Koto VII mereka akan mengikuti pelatihan selama dua hari dan berakhir Selasa (7/9).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Ronaldi mengatakan pelatihan mengelola keuangan merupakan salah satu bagian dari program Integrated Particitopary Development and  Management of Irrigation Program (IPDMIP) yang dilaksanakan  BPSDMP Kementerian Pertanian.

“Banyak ilmu yang diberikan dalam pelatihan, para narasumber memberikan pengetahuan kepada petani, khusus dalam mengelola keuangan poktan,” katanya.

Semenjak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pertanian merupakan sektor yang sangat penting dan strategis.

Hal ini sudah teruji, kondisi Covid-19 masyarakat yang bergerak di sektor pertanian, masih bisa tersenyum sedangkan masyarakat yang selama ini hidup di sektor perdagangan dan yang hidup diperkotaan, sangat merasakan dampak dari Covid-19.  Sektor pertanian masih tetap bertahan dan menyelamatkan ekonomi nasional.

“Kondisi Covid-19 saat ini sektor usaha lain mengalami penurunan tapi sektor pertanian masih bertahan, oleh karena itu petani juga harus mengetahui bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik,” katanya.

Camat IV Nagari, Nasrul mengapresiasi pelatihan tersebut. Pihaknya berharap ilmu yang diperoleh selama pelatihan ini dibagikan kepada anggota poktan atau petani.

“Materi yang diserap selama pelatihan ini agar dikembangkan kepada anggota poktan atau petani lainnya, ” harapnya.

Kepala Bidang PSP, Arwilson menyebutkan PLEK IPDMIP di BPP IV Nagari berlangsung selama dua hari.

“Di BPP Kecamatan Sijunjung juga digelar pelatihan serupa yang diikuti 17 pasutri binaan BPP Sijunjung Lubuk Tarok dan BPP Tanjung Gadang,” ucapnya.

Para peserta pelatihan akan diberikan beberapa materi diantaranya pengenalan produk dan layanan keuangan formal, pembiayaan keuangan usaha tani, asuransi usaha tani padi, konsolidasi pembiayaan usaha tani, perencanaan dan pengelolaan keuangan rumah tangga, pendapatan dan keuntungan, arus kas rumah tangga dan metodologi PLEK.

Ronaldi menambahkan pelatihan yang sama juga digelar  di BPP Kecamatan Sumpur Kudus dan BPP Kecamatan Kamang Baru pada Senin dan Selasa (13-14/9). (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img