30 C
Padang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tingkatkan Kompetensi Guru MDTA/TPQ, Kemenag Padang Panjang Gelar Pembinaan Moderasi Beragama
T

Kategori -
- Advertisement -

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,-_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga membuka secara resmi dan langsung bertindak sebagai Narasumber dalam acara Pembinaan Moderasi beragama Peningkatan Kompetensi Guru MDTA/TPQ se Padang Panjang, Kamis (23/02/2023).

Kasi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren H. Syaiful Arifin dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta terdiri dari 60 orang, dengan menghadirkan 3 orang Narasumber.

“Kegiatan dilaksanakan diruang pertemuan SMAN 1 Kota Padang Panjang, dengan peserta terdiri dari 60 orang Guru MDTA/TPQ, dengan menghadirkan 3 orang Narasumber,” ujar Kasi Pendi Pontren.

“Selain Kakankemenag, 2 Narasumber lainnya Zul Akhyar dan Lismawati (Penyuluh Agama Islam Senior) yang juga Tokoh Pokja Moderasi Beragama Kanwil Provinsi Sumatera Barat,” sambungnya.

Sementara itu Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga dalam pemaparannya menyampaikan bahwa beruntunglah seluruh Guru MDTA/TPQ, karena selalu dekat dengan Al-Qur’an.

Sembari mengutip Hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam, “sebaik-baik kamu adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya,” jelas Kakankemenag.

“Apalagi di Minangkabau setiap suku, ada suraunya sesuai dengan falsafah Adat Basandi Syara’ dan Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK),” ulas Buya ALIZAR.

“Setidaknya 3 hal yang diajarkan di Surau, Mengaji Agama, Bersilat (bela diri) dan Belajar Petatah dan Petitih Adat,” sambungnya.

“inilah yang akan digarap oleh Guru MDTA/TPQ dijaman Now (sekarang), khususnya di Kota Padang Panjang Serambi Mekkah,” tambahnya.

Pesan terakhir Kakankemenag kepada peserta pembinaan Moderasi Beragama, jadikanlah agama sebagai Inspirasi bukan untuk aspirasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dua orang Narasumber lainnya dimoderatori oleh Fryta Nery Putri Zam (Riri/Adi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img