30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tim UI Jakarta Uji Kemampuan Calon Dirut PDAM Payakumbuh
T

Kategori -
- Advertisement -

Setelah melewati tes kompetensi dasar (TKD) di Kanreg XII BKN Pekanbaru, sebanyak 12 peserta lelang jabatan Dirut PDAM Payakumbuh, mengikuti tes kompetensi bidang (TKB) dan wawancara, di gedung Pondok Promosi Industri di Medan nan Bapaneh Payakumbuh, selama dua hari, Selasa-Rabu (20-21/1). Tim pengujinya  lima personil, dari Pusat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat  Universitas Indonesia Jakarta, dipimpin Muhamad Dahsyat.

Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis, MM, saat membuka TKB, mengatakan, pelaksanaan lelang jabatan bertujuan untuk mendapatkan calon dirut yang benar-benar profesional, punya dedikasi dan visi/misi yang jelas, dalam mengantarkan PDAM Payakumbuh ke arah lebih baik. Karena itu,  gelar lelang jabatan dilakukan oleh pihak yang berkompeten tentang ini, dan tak ada campur tangan panitia seleksi, tegas sekdako.

Kepada peserta diingatkan, jangan ada keraguan kepada panitia seleksi. Jangan ada kecurigaan kepada pansel, kalau yang dipilih menjadi dirut adalah sosok titipan. “Tak ada  itu,  peserta yang punya nilai terbaik dari hasil TKD, TKB dan wawancaralah yang akan beruntung,” tandasnya. Karena itu, pansel akan memilih tiga peserta yang punya nilai lebih tinggi, untuk seterusnya diberikan kepada walikota. Untuk selanjutnya, sesuai kewenangan, walikota akan menetapkan seorang dirut, tambah Benni.

Pelaksanaan lelang jabatan yang dilakukan tim dari UI tersebut, sangat ketat. Tidak hanya menjawab soal-soal kompetensi bidang yang diberikan, tapi  seluruh peserta juga diuji kemampuannya  melakukan presentasi, dalam memajukan PDAM.   Seluruh peserta tampak tegar dan serius menjalani TKB dari pagi hingga malam. Sedangkan, tes wawancara akan berlangsung Rabu pagi hingga siang.

Keterangan Muhamad Dahsyat,  Pusat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat  Universitas Indonesia Jakarta, benar-benar indenpenden dalam pelaksanaan tugas. Mereka tak akan bisa diintervensi dalam menentukan  peserta terbaik. Karena itu, lembaga ini sering diberi kepercayaan oleh perusahaan BUMN/BUMD dan swastawan nasional dalam melakukan rekruitmen calon pegawai perusahaan dimaksud, sebutnya.

Ke-12 peserta yang memastikan ambil bagian dalam lelang jabatan itu, masing-masing Orion Ali, ST, M.Si, PNS di Payakumbuh, Safrizal Sumajid, (Jakarta), Tri Venindra, SE (Payakumbuh), Herry Iswahyudi, ST (karyawan BUMN Bukittinggi), Yuliana Fitria, ST (Jakarta), Henry Waluyo, SKM, M.Kes (PNS Payakumbuh), H. Yohandrizon Syamsu, SP (Payakumbuh), Hendra Yani Anwar (Payakumbuh), Irwandy, ST (Limapuluh Kota), Yuniri Yunirwan, SE, M.Si (PNS Payakumbuh), Syaiful Anwar, SE, M.Si (dosen,  Payakumbuh) dan Afrizon, SE (Sawahlunto).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img