25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Tiga Daerah Mentawai Dijadikan Kawasan Wisata Bahari
T

Kategori -

Tiga daerah yakni Peipei dan Malilimok di Siberut Selatan dan Dusun jati di Sipora Utara akan dijadikan lokasi wisata bahari. Proyek ini akan dijalankan melalui Program Coremap- CTI (Coral Triangle Initiative) pada 2015 melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mentawai Edi Sukarni mengatakan, dibutuhkan keputusan dari Menteri Kelautan dan Perikanan untuk menetapkan daerah konservasi bunga laut yang terletak di Selat Siberut dengan Tuapeijat.

“Didaerah itu ada 27 pulau yang dijadikan lokasi surfing, jadi kalau sekarang mereka masuk tidak membayar maka kalau itu ditetapkan menjadi wilayah konservasi maka akan membayar termasuk para turis yang mau surfing,” kata Edi di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, Tuapeijat, Selasa, 28 Oktober lalu.

P2015 – 2019 akan difokuskan di tiga daerah, di Dusun Jati, Desa Tuapeijat, Sipora Utara, Malilimok Desa Katurei serta Peipei, Desa Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya.

Program pertama pada 2015, masyarakat akan dibina agar bisa mengelola wisata yang baik. “Ini sama dengan revolusi mental, seperti kata presiden kita yang baru ini, jadi pola pikir masyarakat harus diubah, mereka harus bisa melayani para wisatawan, itu temasuk di Jati, Peipei, dan Malilimok,” katanya.

Lalu 2016 akan diberikan bantuan kepada warga Jati yang mau ikut bagian dalam wisata. “Nanti kita akan bantu sekitar 2 sampai 3 rumah warga untuk membuat satu kamar penginapan lengkap dengan wc dan air bersih, begitu juga di Peipei,” katanya.

Untuk di Jati itu dikhususkan pada wisatawan lokal yang berasal dari Padang, sementara di Peipei wisatawan internasional. “Nanti pemilik rumah akan dilatih membuat kuliner, sehingga apabila para turis datang mereka bisa makan di rumah itu dan hidup bersama warga setempat,” katanya.

Jadi turis menyatu dengan masyarakat, tidak selamanya para turis itu berselancar. Mereka bisa terlibat langsung dalam kehidupan warga setempat, bisa jadi mereka pergi memancing, menjaring ikan, atau ikut seni dan budaya.

Selain itu, lanjut Edi, di Peipei akan dibangun puskemas wisata, DKP menyediakan bangunannya termasuk rumah medis. Jadi kalau terjadi kecelakaan atau malaria pada wisatawan mereka bisa langsung berobat di puskemas tersebut.

“Target kita bisa jadi 5 sampai 10 rumah warga, tapi kalau berhasil bisa jadi 50 rumah warga yang penting harus menjaga kebersihan, sehingga wisatawan nyaman berada di lokasi kita. Untuk tenaga medis wisata itu bupati yang menentukan,” katanya.

Sedangkan untuk daerah Malilimok akan dibuat sanggar seni dan kantor konservasi kelautan. Fungsi sanggar seni tersebut menyuguhkan pertunjukan seni tradisional kepada turis. “Bisa jadi kita buat patung-patung sikerei di daerah itu,” ujarnya.

Selain itu, untuk tiga daerah tersebut akan dibuat pelabuhan, tempat berlabuhnya kapal pesiar. Kapal-kapal pesiar menurut Edi tidak boleh lagi lego jangkar di tengah laut, mereka harus berlabuh di tiga daerah itu.

“Yang dilakukan masyarakat adalah memfasilitasi para wisatawan itu perahu boat untuk mengantarkan ke lokasi-lokasi surfing ataupun diving, itu harus warga lokal, sehingga ini akan membantu ekonomi mereka,” ujar Edi.

Selain pelabuhan itu, DKP juga membantu muoring buoy sebanyak 18 unit, ini membantu kapal untuk tidak lego jangkar di laut sebab bisa merusak terumbu karang. “Jadi tidak boleh lego jangkar tidak sembarangan, kalau kedapatan bisa ditahan,” katanya menambahkan.

Kalau soal dana, pihaknya telah mengusulkan pada pemerintah pusat ada sebanyak Rp72 miliar, kalaupun tidak disetujui seluruhnya, ia berharap ada kisaran Rp50 miliar sampai Rp60 miliar dananya. “Jadi kalau Dinas Pariwisata saja mengelola wisata sendiri itu tidak sanggup, jadi kita harus mengeroyoknya termasuk dinas-dinas lain,” ujarnya.

Ia mencontohkan Dinas PU membangun jalan, Dinas Kesehatan untuk medis, Disperindakop untuk souvenir serta Kantor Lingkungan Hidup untuk kebersihan, jadi seluruh instansi terlibat dalam kegiatan ini, agar Mentawai bisa lebih maju lagi. (rus/o/pualigoubat)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.
- Advertisement -

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
- Advertisement -

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -