24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Terkait Penanganan Wabah Covid-19, Ini Instruksi Walikota Payakumbuh
T

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sikapi Perkembangan Wabah Covid-19 saat ini Walikota Payakumbuh keluarkan 20 butir Instruksi

TENTANGPEMBATASAN DAN PENGETATAN AKTIVITAS WARGA DAN AKSESIBILITAS KELUAR MASUK KOTA PAYAKUMBUH
Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap penyebaran dan dampak Corona Virus Disease (COVID-19) di Kota Payakumbuh.Dengan ini menginstruksikan Kepada:
1.Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh
2.Instansi Vertikal
3.Majelis Ulama Indonesia
4.Dewan Masjid
5.Tokoh Masyarakat dan seluruh warga Kota Payakumbuh.
Untuk:
KESATU: Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh mengkoordinir distribusi dan pemanfaatan sumber daya manusiaTHLPemkoPayakumbuh, Aparat TNI dan Polri serta relawan untuk melakukan pembatasan dan pengetatan aktivitas warga dan aksesibilitas keluar masuk Kota Payakumbuh.
KEDUA: Memberi kewenangan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD)untuk mengatur jadwal kerja di kantor dan bekerja dari rumah bagi ASN di unit kerja masing-masingdenganmenyesuaikan keadaan dan kebutuhan kerja.
KETIGA: Melarangsetiap orang yang masuk ke Kota Payakumbuh dari daerah terjangkit wabah Covid-19.
KEEMPAT: Tim gugus tugas mendirikan posko pemantauan pada titik yang telah ditetapkan, melakukan pendataan dan menindaklanjuti semua kasus.
KELIMA: Izin khusus keperluan keluar masuk darurat dapat diberikan oleh masing-masing pimpinan Forkopimda terhadap bawahan yang bersangkutandandikoordinasikan ke posko penanggulangan Covid-19 di masing-masing daerah.
KEENAM: Dilarangbongkar muat barang langsung ke pasar dan mengarahkan bongkar muat barang serta kebutuhan pokok pada titik-titik di sepanjang jalan lingkar Utara, dan disterilisasi sebelum di distribusikan ke pasar-pasar dengan kendaraan berukuran kecil lainnya.
KETUJUH: Kota Payakumbuh untuk sementara tertutup bagi pendatang dan orang yang datang dari luar Kota Payakumbuh, sehingga Camat, Lurah dan PengurusRT dan RW melakukan pamantauan kepada setiap tamu atau pendatang baru.
KEDELAPAN: Bagi setiap orang/ tamu/ pendatang baru yang lolos masuk ke Kota Payakumbuh maka yang bersangkutan diwajibkanuntuk melapor serta memeriksakan diri ke posko covid-19 di wilayah masing-masing, setelah itu melakukan prosedur isolasi mandiri.
KESEMBILAN: Camat dan Lurah bersama-sama dengan KAN,Ninik mamak, LPM, Karang Taruna, Pengurus RT dan RW agar proaktif dalam mendorong masyarakat untuk tinggal di rumah, melarang pertemuan, dan khusus penduduk yang berusia 60 tahun keatas agar tetap dirumah.
KESEPULUH: Dinas Sosial bersama Camat dan Lurah serta Ormas dan seluruh komponen masyarakat secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri melakukan penanganan dampak sosial dan dampak ekonomi yang ditimbulkan dengan mengintensifkan zakat, infak dan sedekah dari masyarakat serta optimalisasi penggunaan anggaran Dinas Sosial.
KESEBELAS: Satpol PP dan aparat akan melakukan pengetatan dan boleh memerintahkan pembubaran pertemuan dan kembali kerumah masing-masing
KEDUABELAS: Memperpanjang periode belajar di rumah bagisiswa PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA sampai dengan tanggal 15 April 2020.
KETIGABELAS: Memberhentikan sementara pelayanan masyarakat yang diberikan di Mal Pelayanan Publik Kota Payakumbuhdan kebutuhan pelayanan langsung ke dinas terkait.
KEEMPATBELAS: Mematuhi himbauan MUI Sumatera barat terkait antisipasi wabah virus Covid-19 serta menghimbau kepada pengurus mesjid dan masyarakat untuk sementera waktu tidak menyelenggarakan/melaksanakan shalat Jumat dan menggantinya dengan shalat Zuhur di rumah.
KELIMABELAS: Melarangperjalanan dinas keluar daerah bagi ASN Pemerintah Kota Payakumbuh dengan tetap mempertimbangan kemaslahatan masyarakat Kota Payakumbuh dan kepentingan kemanusiaan.
KEENAMBELAS: Meminta kepada pemilik jasa pengiriman untuk mensterilisasi barang hantarannya.
KETUJUHBELAS: Melarang resepsi pernikahan selama masa tanggap darurat bencana wabah corona diterapkansampai keadaan kembali normal.
KEDELAPANBELAS: Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh menyediakan APD bagi Dokter dan Tenaga Medis yang menangani pasien dan suspek corona virus, serta menambah ruang isolasi pasien di Rumah Sakit Adnaan WD dan RSI Ibnu Sina.
KESEMBILANBELAS: Agar semua pihak yang terlibat dalam penanganan wabah virus corona menginstal aplikasi ZOOM Cloud Meetings pada perangkat smartphone masing-masing dalam rangka mengikuti rapat yang dilaksanakan secara online dan meniadakan rapat/ pertemuan yang menghadirkan peserta rapat secara langsung di lokasi pertemuan.
KEDUAPULUH: Toleransi terhadap Instruksi Walikota tentang pembatasan dan pengetatan aktivitas warga dan aksesibilitas keluar masuk Kota Payakumbuh diberikan selama tiga (3) hari semenjak instruksi ini ditetapkan.
File Asli: Instruksi Walikota Payakumbuh

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.
- Advertisement -

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.

Cegah Covid-19, Payakumbuh Siapkan 5 Kelurahan Ikut Lomba KTRG

Kota Payakumbuh siapkan lima kelurahan untuk mengikuti lomba Kampung Tageh Rumah Gadang (KTRG) tingkat nasional 2021. KTRG atau kampung tangguh nusantara, terkait dengan keseriusan kota dan kabupaten dalam penanggulangan dan pencegahan covid-19.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -