26 C
Padang
Senin, Maret 1, 2021
Beritasumbar.com

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi
T

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Riza Falepi menyebut PKS sudah mengusulkan beberapa kadernya menjadi calon wali kota, diantaranya Irsyad Syafar, Hamdi Agus, Tri Venindra, dan Chairul Anwar.

Menurut Riza, tokoh seperti Irsyad Syafar yang merupakan wakil ketua DPRD Provinsi Sumbar, Hamdi Agus sebagai Ketua DPRD Kota Payakumbuh, dan Tri Venindra adalah mantan anggota DPRD Kota Payakumbuh.

“Ketiga-tiganya memang sudah tidak asing lagi bagi orang Payakumbuh,” ungkapnya.

Riza juga menyampaikan, Chairul Anwar adalah pendatang baru, saat ini disodorkan oleh PKS untik dinilai masyarakat kelayakannya. Banyak yang bertanya kepada Riza mengapa mengusulkan Chairul Anwar, Riza menjawab karena kapasitasnya, dengan sudah di DPR RI 4 periode, itu cukup untuk memimpin kota yang membutuhkan kapasitas dalam melanjutkan pembangunan setelah masa kepemimpinan Riza berakhir.

“Beliau sebenarnya belum tentu bersedia, cuma beberapa kader PKS Mendesak beliau sehingga akhirnya beliau menjawab akan mencoba untuk sosialisasi, nanti keputusan akhirnya PKS juga menentukan, sesuai hasil survey dan penerimaan warga Payakumbuh,” kata Riza

Riza menambahkan, PKS melihat survey elektabilitas dan akseptabilitas di depan masyarakat Payakumbuh, jadi belum ada keputusan final dari PKS.

Dari beberapa calon eksternal atau di luar kader, Riza membeberkan beberapa nama, walaupun belum diputuskan PKS, karena saat ini sudah mulai mengerucut ke beberapa nama diusulkan oleh Kader PKS.

“Bisik-bisiknya diantaranya Almaisyar, Joni Hendri, dan Erwin Yunaz, mungkin juga beberapa calon lain yang namanya sudah mengapung, tergantung komunikasi politik selanjutnya. Perlu dicatat, PKS adalah partai yang rasional dalam memilih calon kepala daerah. Artinya disamping faktor kebaikan yang dimiliki calon, tetap faktor elektabilitas dan hasil survey menjadi pertimbangan utama,” kata Riza.

“Silahkan, calon internal maupun ekseternal berkompetisi, yang terbaik mari diputuskan bersama,” tandasnya.

Kenapa Riza menyampaikan hal ini? Sementara Pilkada belum diputuskan apakah 2022 atau 2024. Riza menjawab pertanyaan beberapa tokoh, siapa yang diusung PKS kepada dirinya. Siapa menurutnya yang memiliki kapasitas melanjutkan pembangunan oleh Riza yang selama ini sudah merubah berbagai hal di Payakumbuh.

“Saya juga sebagai pengurus DPP diamanahkan untuk ikut terlibat menseleksi calon Kepala Daerah se Indonesia, khusus Payakumbuh, mungkin suara saya lebih didengar DPP,” katanya kepada media sembari tersenyum lebar.

Sementara itu, untuk kandidat wakil wali kota dari PKS, Riza menyampaikan saat ini kader internal yang diusung diantaranya Mustafa yang saat ini menjabat anggota DPRD Payakumbuh dan beberapa kader lainnya.

“Silahkan dinilai kader berpotensi menjadi calon wali kota dan wakil wali kota, yang penting sekarang ini keputusan PKS belum final,” pungkasnya. (Balai Wartawan)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...
- Advertisement -

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).
- Advertisement -

Pemko Bukittinggi Programkan Subuh Berjamaah Setiap Jumat

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi, memprogramkan setiap hari Jumat hingga tahun 2024 nanti, waji menyelenggarakan subuh berjemaah. Hal itu disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman...

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).
- Advertisement -