24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Teluk Painan Dibangun 3 Mercusuar
T

Kategori -
- Advertisement -

Pesisir Selatan lengkapi kawasan pelabuhan dengan rambu-rambu laut, hal ini dilakukan untuk mengurangi kecelakaan di laut, kegiatan ini telah selesai  dibangun tiga mercusuar di Teluk Carocok. Pembangunan mercusuar itu terkait semakin ramainya kapal yang merapat kekawasan itu dan secara khusus bertujuan untuk memberikan petunjuk bagi kapal nelayan yang ingin masuk ke Teluk Painan.

Iqbal Rama Dipayana Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Pessel Kamis (6/11) menyebutkan, Teluk Painan sekarang ini sudah menjadi ramai dan menjadi tujuan kapal-kapal berlabuh. Bahkan ketika antrean panjang terjadi di Teluk Bayur sejumlah kapal justru memilih merapat ke Pelabuhan Panasahan Teluk Painan.

“Jadi untuk membantu lancarnya lalu lintas di laut, pemerintahan Daerah Pesisir Selatan mendirikan mercusuar pada tiga titik di Teluk Painan. Saat ini lampu suar telah berfungsi,” katanya.

Dikatakannya, kapal angkut jurusan Pessel – Kepulauan Mentawai saat ini juga telah aktif setiap seminggu sekali, jadi kawasan itu sudah semakin ramai oleh lalu lalang kapal yang keluar masuk. “Khusus kapal penumpang dan kapal barang, tidak ada persoalan saat masuk ke Teluk Painan, persoalan muncul ketika kapal nelayan yang belum terlalu paham akan aturan lalu lintas di pelabuhan,” katanya.

Selanjutnya Yoski Wandri (Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pessel) menyebutkan, Pessel saat ini ,memiliki sekitar 2000 unit kapal tonda. Sebagian dari kapal itu merapat di Teluk Painan, sebagiannya merapat di Mandeh dan PPI Kambang.

“Pengemudi atau nahkoda Kapal – kapal tersebut perlu diberikan pembekalan yang memadai untuk keluar masuk kawasan pelabuhan supaya tidak terjadi kecelakaan di laut. Lalu dengan adanya rambu rambu laut yang dipasang telah membantu nelayan untuk memahami aturan di laut,” katanya. (rfk/humas pessel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img