22 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Suhu Politik di Sumbar Memanas Jelang Pilkada
S

Kategori -

Suhu politik di Sumatera Barat memanas menjelang pelaksanaan Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada), utamanya untuk pemilihan Gubernur. Hal ini ditambah lagi dengan munculnya hasil survei.

“Hasil survei dari beberapa lembaga sudah bermunculan, pendapat dari beberapa pengamat politik juga disampaikan. Namun disayangkan, sebagian pendapat pengamat ada yang menakuti calon lain yang akan maju, seolah yang punya peluang calon incumbent saja,”kata pengamat politik Unand Padang, Prof. Damsar, di Padang, Rabu.

Menurutnya, biarkan banyak calon yang maju. Dengan demikian akan memberikan banyak pilihan bagi masyarakat yang sesuai dengan seleranya.

“Tapi kalau ada pengamat yang menyatakan untuk mengalahkan incumbent harus head to head saja itu salah, berarti pengamat sudah meragukan kemampuan calon lain yang sebenarnya mereka punya kekuatan untuk menang. Jangan ditakut-takuti mereka yang ingin maju itu,” katanya.

Ia menjelaskan, hasil survei cuma diambil dari data sampel yang diacak di beberapa daerah dan beberapa calon pemilih saja, tapi untuk menguji kekuatan yang sebenarnya adalah pada hari ‘H’ nanti.

“Saya memperhatikan calon-calon baru yang bermunculan sekarang adalah orang-orang hebat. Kalau tidak, tidak mungkin mereka berani menyatakan siap untuk maju. Baik itu Epyardi Asda, Shadiq, Fauzi Bahar, Hendra, mau pun MK,”ungkapnya.

Dia menghimbau kepada seluruh pihak agar memberi kesempatan kepada calon baru yang ingin maju. Dengan demikian Sumbar tidak akan di cap sebagai daerah yang kekeringan dengan figur pemimpin.

“Sumbar ini adalah pencetak para pemikir, jadi tidak mungkin lah akalau pada pikada yang akan maju cuma dua orang saja,” ujarnya.

Pilkada sekarang peluang menang bagi setiap calon itu terbuka lebar, tambah Damsar karena berdasarkan aturan berapapun perolehan suaranya asal tertinggi sudah menang, dan tidak ada putaran ke dua. Tidak seperti dulu yang harus peroleh suara 30 persen lebih baru bisa menang.

“Selain itu, perlunya calon baru maju, adalah untuk mengukur kekuatan mereka yang sebenarnya. Calon baru bisa mengetahui kekuatan sebenarnya adalah calon yang ikut sebagai peserta, kalau tidak ikut, mereka tidak akan pernah mengetahui kekuatan sebenarnya,”jelasnya.

Seperti dilakukan Irwan Prayitno (IP) dan kalah oleh Pasangan Gamawan Fauzi-Marlis Rahman 2005-2010, pilkada sebelumnya, hal itu menjadi pelajaran berharga sekali bagi IP.

Pada pilkada periode 2010-2015, pengalaman itu dijadikan pedoman, dia menutupi kelemahan yang ada dan akhirnya dia berhasil. “Hal serupa bisa jadi juga akan dialami sebagian calon-calon baru yang akan maju sekarang. Kalau kalah sekarang, itu dijadikan pelajaran untuk maju berikutnya,” ujar Damsar.

Damsar sangat tidak sepakat dengan komentar yang menyatakan “calon ini, calon itu, si ini dan si anu” berpeluang tinggi. Hasil survei cuma diambil dari data sampel yang diacak di beberapa daerah dan beberapa calon pemilih saja, tapi untuk menguji kekuatan yang sebenarnya adalah pada hari ‘H’ nanti.

“Saya memperhatikan calon-calon baru yang bermunculan sekarang adalah orang-orang hebat. Kalau tidak, tidak mungkin mereka berani menyatakan siap untuk maju. Baik itu Epyardi Asda, Shadiq, Fauzi Bahar, Hendra, mau pun MK,” ujarnya.

 

Sumber: Aktualita
Dilaporkan oleh: Derizon Yazid
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -