25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Suhu Politik di Sumbar Memanas Jelang Pilkada
S

Kategori -

Suhu politik di Sumatera Barat memanas menjelang pelaksanaan Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada), utamanya untuk pemilihan Gubernur. Hal ini ditambah lagi dengan munculnya hasil survei.

“Hasil survei dari beberapa lembaga sudah bermunculan, pendapat dari beberapa pengamat politik juga disampaikan. Namun disayangkan, sebagian pendapat pengamat ada yang menakuti calon lain yang akan maju, seolah yang punya peluang calon incumbent saja,”kata pengamat politik Unand Padang, Prof. Damsar, di Padang, Rabu.

Menurutnya, biarkan banyak calon yang maju. Dengan demikian akan memberikan banyak pilihan bagi masyarakat yang sesuai dengan seleranya.

“Tapi kalau ada pengamat yang menyatakan untuk mengalahkan incumbent harus head to head saja itu salah, berarti pengamat sudah meragukan kemampuan calon lain yang sebenarnya mereka punya kekuatan untuk menang. Jangan ditakut-takuti mereka yang ingin maju itu,” katanya.

Ia menjelaskan, hasil survei cuma diambil dari data sampel yang diacak di beberapa daerah dan beberapa calon pemilih saja, tapi untuk menguji kekuatan yang sebenarnya adalah pada hari ‘H’ nanti.

“Saya memperhatikan calon-calon baru yang bermunculan sekarang adalah orang-orang hebat. Kalau tidak, tidak mungkin mereka berani menyatakan siap untuk maju. Baik itu Epyardi Asda, Shadiq, Fauzi Bahar, Hendra, mau pun MK,”ungkapnya.

Dia menghimbau kepada seluruh pihak agar memberi kesempatan kepada calon baru yang ingin maju. Dengan demikian Sumbar tidak akan di cap sebagai daerah yang kekeringan dengan figur pemimpin.

“Sumbar ini adalah pencetak para pemikir, jadi tidak mungkin lah akalau pada pikada yang akan maju cuma dua orang saja,” ujarnya.

Pilkada sekarang peluang menang bagi setiap calon itu terbuka lebar, tambah Damsar karena berdasarkan aturan berapapun perolehan suaranya asal tertinggi sudah menang, dan tidak ada putaran ke dua. Tidak seperti dulu yang harus peroleh suara 30 persen lebih baru bisa menang.

“Selain itu, perlunya calon baru maju, adalah untuk mengukur kekuatan mereka yang sebenarnya. Calon baru bisa mengetahui kekuatan sebenarnya adalah calon yang ikut sebagai peserta, kalau tidak ikut, mereka tidak akan pernah mengetahui kekuatan sebenarnya,”jelasnya.

Seperti dilakukan Irwan Prayitno (IP) dan kalah oleh Pasangan Gamawan Fauzi-Marlis Rahman 2005-2010, pilkada sebelumnya, hal itu menjadi pelajaran berharga sekali bagi IP.

Pada pilkada periode 2010-2015, pengalaman itu dijadikan pedoman, dia menutupi kelemahan yang ada dan akhirnya dia berhasil. “Hal serupa bisa jadi juga akan dialami sebagian calon-calon baru yang akan maju sekarang. Kalau kalah sekarang, itu dijadikan pelajaran untuk maju berikutnya,” ujar Damsar.

Damsar sangat tidak sepakat dengan komentar yang menyatakan “calon ini, calon itu, si ini dan si anu” berpeluang tinggi. Hasil survei cuma diambil dari data sampel yang diacak di beberapa daerah dan beberapa calon pemilih saja, tapi untuk menguji kekuatan yang sebenarnya adalah pada hari ‘H’ nanti.

“Saya memperhatikan calon-calon baru yang bermunculan sekarang adalah orang-orang hebat. Kalau tidak, tidak mungkin mereka berani menyatakan siap untuk maju. Baik itu Epyardi Asda, Shadiq, Fauzi Bahar, Hendra, mau pun MK,” ujarnya.

 

Sumber: Aktualita
Dilaporkan oleh: Derizon Yazid
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -